Sponsors Link

9 Rekor MotoGP yang Belum Terpecahkan – The Doctor Vs. Baby Alien

Sponsors Link

Bicara tentang MotoGP, tentu kita akrab dengan nama seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez di mana beberapa tahun terakhir Marquez dilaporkan begitu sering mematahkan berbagai rekor pembalap senior. Perbandingan prestasi antara pembalap satu dan lainnya pun menjadi topik hangat dan banyak juga penggemar MotoGP bertanya-tanya tentang apa saja rekor MotoGP yang belum terpecahkan.

ads

Marquez kini lebih sering disebut-sebut, apalagi setelah titel juara dunia MotoGP yang diraihnya pada tahun 2016 membuatnya dibanding-bandingkan kembali dengan Rossi oleh publik. Tentunya dengan prestasi tersebut, Marquez membuktikan bahwa ia bukanlah pembalap sembarangan karena di usia muda ia sudah berhasil memperoleh 3 buah gelar juara dunia MotoGP.

Karier di dunia balap motor masih sangatlah panjang bagi Marquez melihat usianya yang masih muda, sementara Rossi kini telah dekat dengan masa pensiun. Seperti kita ketahui, The Doctor adalah yang paling banyak mencetak rekor sementara Baby Alien adalah pemecah banyak rekor dengan kualitas balap luar biasa. Lalu, apa saja rekor yang baru maupun lama yang belum bisa terpecahkan?

  1. Pembalap Paling Muda dengan 3 Gelar MotoGP

Marquez adalah bintang yang akan lebih sering disebut namanya, terutama pada ulasan kita kali ini mengingat Marquez membuat rekor anyar yang membuatnya mampu mengalahkan The Doctor dalam peraihan 3 gelar kelas utama di musim 2013, 2014, dan 2016 lalu. Awalnya, tentu Rossi-lah yang memegang rekor ini, hanya saja berhasil dipecahkan Marquez dengan rekor baru yang belum terpecahkan hingga sekarang.

3 gelar pertama yang Valentino Rossi raih adalah pada musim 2001, 2002, dan 2003 secara berurutan, sementara memang milik Marquez tidaklah berurutan. Sayangnya sang Baby Alien gagal di tahun 2015 karena penampilan buruknya, yakni termasuk juga 5 kali crash out. Karena itulah, posisi ketiga yang ia raih pada musim tersebut saat finis mengikuti Jorge Lorenzo dan The Doctor. Keunggulan Marquez atas Rossi menjadikan rekor ini rekor baru yang tentunya belum terpecahkan pada musim 2017 ini.

  1. Juara Dunia MotoGP Paling Muda

Usia Rossi ketika memperoleh gelar juara dunia pertama memang masih sangatlah muda di kelas utama alias 500cc. The Doctor mampu merebut gelar tersebut di tahun 2001, tepatnya pada 14 Oktober di MotoGP Australia atau di musim kedua pada kelas utamanya. Yang artinya, trofi pertama berada di tangannya ketika usianya barulah 22 tahun 240 hari.

Akhirnya, ada rekor baru yang bisa dibuat oleh Marquez, yakni pada usianya yang baru 20 tahun 266 hari mampu meraih gelar juara dunia ketika pada musim pertamanya di MotoGP 2013 saat sesudah finis ketiga sewaktu mengikuti balapan terakhir di MotoGP Spanyol di Valencia.

Dari tahun 2013 tersebut, belum ada lagi pembalap muda yang bisa mematahkan rekor yang dibuat oleh Marquez yang sudah memecahkan rekor dari seorang Valentino Rossi. Marquez yang dijuluki Baby Alien ini pun telah resmi menjadi pembalap paling muda yang menjuarai gelar pada kelas utama.

  1. Juara dan Kemenangan Berkelanjutan dengan Pabrikan Berbeda

Rossi mengoleksi gelar kelas primer alias 500cc-nya pada MotoGP bersama Yamaha dan Honda yang tentunya merupakan dua pabrikan yang berbeda. Bersama Yamaha, sudah 4 kali Rossi menjadi juara dunia di tahun 2004-2005 serta 2008-2009, sedangkan bersama Honda Rossi telah mengoleksi 3 gelar berturut-turut di tahun 2001-2003.

Bahkan Rossi pun diketahui sempat pada tahun 2011-2012 membela Ducati, hanya saja tak bisa meraih gelar juara dunia selama 2 tahun bersama pabrikan Italia tersebut. Kalau dibilang Marquez adalah salah satu pembalap muda yang berpotensi besar mengalahkan rekor dari Rossi, namun untuk satu ini rupanya belumlah dapat terpecahkan karena gelar yang seluruhnya diraih Marquez adalah bersama dengan Honda.

Sponsors Link

  1. Kemenangan Paling Banyak 1 Musim

Dalam semusim, Rossi berhasil meraih 11 kemenangan alias gelar juara dunia pada kelas premier di musim 2001 serta 2002, yakni 500cc dan MotoGP. Kemenangan tersebut adalah yang disebut paling banyak dalam 1 musim selama 16 tahun kariernya pada kelas utama.

Untuk rekor kemenangan dari Rossi, akhirnya telah dipecahkan oleh Marquez yang mampu memenangkan 13 seri balapan yang ia torehkan sewaktu menyegel juara dunia MotoGP pada tahun 2014. Ini menjadi rekor pada kompetisi balap motor utama yang baru dan hingga kini belum ada yang mampu memecahkan rekor fantastis dari Marquez ini.

  1. Koleksi Titel Juara Dunia Kelas Utama

Untuk paling banyaknya koleksi titel juara dunia pada kelas utama, Giacomo Agostini-lah yang memang unggul ketimbang Rossi dengan koleksi 7 gelar pada kelas utama pada tahun 2001-2005, 2008 dan 2009. Sedangkan untuk Agostini, ada 8 gelar yang ia kantongi, yakni di tahun 1966-1972 dan 1975.

Rekor Agostini ini masih bisa dikejar dan dipecahkan oleh Rossi sebab kontrak The Doctor bersama Yamaha pun akan habis baru di tahun 2018 akhir. Namun sayangnya, mengingat usia Rossi yang tak lagi muda menjadikan perjalanan untuk pemecahan rekor tersebut terasa begitu lebih sulit, sementara untuk Marquez justru lebih cerah karena usia yang masih muda.

ads
  1. Rekor dengan Yamaha

Tercatat sudah bahwa Rossi-lah yang menjadi penguasa dari 4 rekor Yamaha di MotoGP dengan gelar paling banyak di mana kemenangannya pun paling banyak. Rossi yang membela Yamaha menjadi rekor karena di musim 2004-2010 serta 2013 dalam 11 musim sempat 4 gelar ia kantongi di tahun 2004-2005 dan 2008-2009 di Tim Garpu Tala di mana secara total telah ada 55 kemenangan yang ia raih.

Pada rentang waktu tersebut, ada total 11 kemenangan di musim 2005 yang terjadi dalam semusim saja dan 5 kemenangan berturut-turut di tahun 2005 dan 2008. Rekor ini belum dapat dipecahkan oleh siapapun, namun Marquez tetaplah pembalap yang memiliki peluang paling besar, khususnya apabila Marquez bersedia untuk mengambil langkah seperti Rossi. Ini karena Rossi sendiri bergabung dengan Yamaha sesudah berhasil dengan 3 buah titel saat masih bersama dengan Honda.

  1. Gelar Juara Dunia pada 2 Era

Rossi adalah pembalap yang memiliki kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan berkembangnya zaman dengan pengetahuan motor yang luas berikut juga kemampuan balap luar biasa. Pada 2001 saat masih bersama Honda dan merebut gelar 500cc, Rossi masih merasakan konfigurasi mesin motor NSR500 yang merupakan dua tak.

Pada 2002 saat kelas 500cc kemudian berubah menjadi MotoGP dengan motor empat yang merupakan tanda perkembangan teknologi pun rupanya Rossi pun mampu menguasainya dengan amat baik. Sementara itu, untuk Marquez baru mengalami 1 era, yakni empat tak dan pencapaian Rossi ini tak akan bisa dipecahkan oleh siapapun apabila di MotoGP tak ada lagi perubahan.

  1. Peraihan Gelar Juara Dunia Menggunakan 4 Motor Berbeda

The Doctor kita tahu mampu menjuarai berbagai ajang balap motor menggunakan motor yang berbeda-beda di mana tentunya pabrikan motor tersebut berbeda juga. Honda NSR500 dengan mesin 500cc pernah ia gunakan dan meraih gelar juara pada 2001. Pada 2002 saat ada perubahan 500cc menjadi MotoGP pun ia mampu menjuarainya menggunakan motor RC211V 990cc.

Pada 2004-2005, di Yamaha pun ia bisa mendapatkan gelar juara dengan motor YZR-M1 990cc dan YZR-M1 800cc di gelar juara 2008-2009. Bila bicara tentang Marquez mampu menandingi atau tidak, kemenangan dan gelarnya hanya diraih menggunakan 1 motor, yaitu 1000cc dari RC213V dan gelar Rossi ini tak akan berubah dan terpecahkan bila MotoGP tak lagi mengadakan perubahan akan kapasitas mesin motor di kemudian hari.

  1. Peraihan Titel Juara Dunia Paling Banyak

Pada kategori satu ini, 15 gelar adalah yang paling banyak diperoleh dan bintangnya adalah Giacomo Agostini diikuti dengan 13 gelar yang diperoleh pembalap asal Italia, Angel Nieto. Sementara Rossi berada pada urutan ketiga bersama dengan Carlo Ubbiali dan Mike Hailwood pada 2016 lalu.

Tentu saja untuk rekor ini, Marquez memiliki kans cukup besar karena ia sendiri masih berusia sangat muda dan sudah ada 5 gelar yang ia raih hingga saat ini. Ketika ia mampu meningkatkan performa balapnya, maka Marquez pun memiliki potensi tinggi untuk menjadi pengoleksi gelar juara paling banyak sebab jalannya pun masih panjang di dunia balap ini.

Itulah sederet rekor MotoGP yang belum terpecahkan The Doctor vs. Baby Alien. Rossi yang kini berusia 38 tahun akan segera pensiun, sementara Marquez yang kini 24 tahun tentu masih punya banyak kesempatan untuk memecahkan sekaligus membuat rekor baru yang akan lebih sulit ditandingi oleh pembalap-pembalap generasi berikutnya.

Sponsors Link
,
Post Date: Friday 17th, November 2017 / 05:56 Oleh :
Kategori : Moto GP