17 Cara Bermain Bola Voli yang Benar dan Baik

Bola voli adalah sebuah pilihan olahraga yang tepat bila Anda mengharapkan untuk bisa bermain bersama dengan sebuah tim yang kompak dan menyenangkan. Olahraga tim satu ini sangat seru karena selain membangun kekompakan tim, sebenarnya bermain bola voli pun membuat komunikasi antar pemainnya menjadi lebih baik.

Untuk seseorang yang ingin menjadi seorang atlet bola voli, segalanya memerlukan proses dan waktu yang cukup panjang untuk bisa berhasil bermain dengan benar dan baik. Seperti halnya cara bersepeda, cara bermain bowling, maupun cara bermain anggar, berikut ini adalah serangkaian langkah, tips atau cara bermain bola voli yang benar untuk bisa diperhatikan dan coba untuk dilatih supaya performa Anda bisa maksimal.

  1. Memilih Pemain

Dalam setiap permainan bola voli, selalu paling tidak harus ada 6 orang pemain supaya permainan berjalan kompetitif. Hanya saja, bila Anda bermain dengan teman-teman sendiri, tentunya jumlah pemain harus disamakan pada kedua tim. Intinya, Anda perlu mempunyai 1-3 baris pemain di mana baris pertama adalah yang terdekat dengan net.

Barisan paling belakang seharusnya posisinya juga terdekat dengan batas belakang lapangan bola voli. Service bola dilakukan oleh pemain pada pojok kanan belakang dan supaya ada server baru bisa mengeksekusi service bola voli dalam permainan yang berlangsung, kita perlu merotasi pemain berkeliling lapangan. Rotasi pemain perlu dilakukan dengan cara berlawanan arah jarum jam.

  1. Usaha dan Niat

Tak hanya berlaku pada permainan bola voli saja, namun sebetulnya segala hal yang ada di dunia ini membutuhkan kerja keras dan niat yang kuat. Bila ingin benar-benar menjadi pemain profesional, tentunya bila ada halangan sedikit pun jangan sampai niat, semangat dan kerja keras menjadi turun atau berkurang.

  1. Disiplin

Kunci dari permainan seorang pemain bola voli yang baik tak hanya terletak pada kerja keras, semangat tinggi dan niat yang besar. Kedisiplinan adalah kunci yang memampukan seseorang untuk maju dalam bidang apapun, termasuk olahraga bola voli. Disiplin dalam latihan merupakan sebuah rahasia yang perlu diketahui setiap pemain pemula bola voli.

  1. Serve Bola Bukan dari Depan Garis

Mungkin masih ada beberapa orang yang salah dalam hal ini karena sebetulnya service yang benar adalah dari belakang garis punggung lapangan. Bila dari depan garis, perlu diketahui bahwa skornya tidaklah dihitung nantinya. Supaya nilai serve bisa utuh, maka lambungan bola harus melalui atau menyentuh net dan pendaratannya pada area dalam lapangan.

  1. Pemain pada Tim Penerima Bola Harus Mengembalikan Bola

Bola pada teknisnya bisa dipukula menggunakan bagian tubuh manapun selama bola jatuhnya bukan ke lantai. Bola tidak boleh melintas melebihi garis lapangan, namun pemain boleh. Bila bola keluar lapangan, bisa dikejar namun perlu untuk sukses supaya bola tak pada akhirnya menyentuh permukaan lantai.

  1. Terus Bermain hingga Fault

Pada permainan bola voli yang benar, pemain harus terus melanjutkan memukul bola secara bolak-balik melewati net hingga kesalahan atau fault terjadi dan kesalahan yang dimaksud di sini antara lain adalah:

  • Bola menyentuh lantai. Apabila bola sudah mengenai lantai sisi lapangan, tim yang serve, hal service berpindah pada tim lawan. Apabila bola mengenai lantai sisi lapangan tim penerima serve, tim pelaku serve bisa melakukan serve kembali. Skor atau angkat bisa diberikan kepada tim yang tak membiarkan bola mengenai lantai.
  • Bola ada kalanya out of bounds atau istilah lainnya melambung hingga keluar lapangan, bila demikian tim pemukul bola harus kehilangan satu poin.
  • Tim pemukul bola bisa memukul bola 4 kali tanpa melakukan lemparan kepada tim lawan. Sebuah tim juga boleh memantulkan bola 3 kali berturut-turut.
  • Seorang pemain dengan kakinya ada di bawah net akan membuat tim lawan justru memperoleh angka.
  • Pemain yang sampai menyentuh net akan membuat tim lawan memperoleh angka.
  1. Tim Pemenang Angka Terakhir Melakukan Serve

Sebuah tim memiliki hak untuk melakukan serve bola bila memenangkan angka terakhir dan apabila melakukan rotasi, hal tersebut bisa dilakukan pada waktu yang tepat seperti ini. Pemain barisan belakang bisa mundur sedikit apabila tim kitalah yang memegang bola dengan tujuan untuk menghadapi serangan. Namun jika kita tak memegang bola, dianjurkan untuk melangkah maju supaya bisa melakukan persiapan dalam menghadapi serangan dari tim lawan.

  1. Bermain Sampai Batas

Dalam permainan bola voli, berapa angka yang ingin diraih bisa diputuskan oleh pemain untuk tiap setnya, misal kita memulai set baru sewaktu angka sudah mencapai 15 poin pada sebuah tim. Namun penting untuk diketahui bahwa dalam peraturan baru ditegaskan bahwa harus 25 angkalah yang dicapai untuk satu set permainan dan sementara itu set ketiga perlu meraih 15 angka.

Pertandingan standar satu kalinya adalah lamanya 3 set dan tiap pemain perlu secara bergantian untuk menjadi pengisi kedua posisi lapangan tiap memulai set. Kemenangan permainan bola voli haruslah dengan 2 poin jadi tak boleh 25-26, melainkan 25-27 sehingga berlangsungnya permainan tertutup berjalan lebih lama.

  1. Kuda-kuda

Perlu diketahui bahwa dalam melakukan serve, pemain harus mengambil sikap kuda-kuda. Ini artinya, kaki sejajar sedikit lebih lebar dari bahu dengan penumpuan berat badan seimbang di kedua kaki sambil menekukkan lutut. Kedua lengan harus dalam posisi yang bebas dan ada di depan mata.

  1. Service

Saat melakukan serve, tentu juga harus tepat dan pukulan dasar ini sebaiknya melambungkan bola lewat net ke area lawan dan memulai rally di mana serve bisa dilakukan pada area garis serve di manapun selama pada wilayah tersebut. Biasanya angka langsung didapat ketika melakukan serve. Dan untuk hal ini kita sebut dengan istilah “Ace,” ada 2 macam cara melakukan serve, yakni gaya tangan bawah atau underhand dan overhand.

  1. Memantulkan Bola

Permainan bola voli dimainkan dengan teknik memantulkan bola yang tujuannya adalah mengembalikan serve dari lawan. Kita bisa melakukan passing bola ke setter yang ada dalam tim. Cara memantulkan bola adalah mengepalkan tinju di tangan kiri lalu telapak tangan kanan bisa membungkus tinju. 2 jempol pemain harus rata tepat di atas tangan dan kuku jempol mengarah ke atas.

Siku bisa diputar hingga bagian rata dari batang lengan mengarah ke atas dan kedua tangan bisa dihadapkan ke depan dengan mengarah ke agak bawah; pastikan kedua siku dalam kondisi terkunci. Pemain perlu bergerak supaya bola bisa tepat di depan kita. Kaki dibuka juga selebar bahu dan kedatangan bola disongsong ketika sudah setinggi pinggang. Bola bisa dibiarkan memantul pada batang lengan kita dan doronglah bola untuk mengembalikannya kepada pihak lawan dengan bantuan bahu yang diangkat.

  1. Setting

Dalam melakukan setting yang benar, kedua tangan bisa ditahan di udara dan jendela segitiga bisa dibuat dengan lengan sambil membuka kedua kaki selebar bahu sambil agak menekuk lutut. Ujung-ujung jarilah yang digunakan sebagai pemukul bola sewaktu bola melambung sejajar dengan mata kita, barulah badan condong ke depan bersama dengan kedua kaki kita untuk memukulnya.

  1. Menyerang

Dalam permainan bola voli, serangan dilakukan dengan melakukan spike atau smash di mana hal ini bisa dilakukan dengan mendekati bola sambil mengangkat tangan dominan kita di mana tangan pun perlu dilengkungkan membentuk bola serta melakukan penekukan siku. Telapak tangan adalah yang digunakan untuk memukul bola sambil melompat.

  1. Menahan

Pertama, offensive block atau pertahanan menyerang memiliki tujuan agar bola terjaga bisa tetap ada di area lawan. Sementara itu cara menahan lainnya adalah defensive block atau pertahanan bertahan yang juga disebut dengan pertahanan lembut yang tujuannya supaya daya luncur bola bisa dihentikan dan pengiriman baliknya lebih gampang.

  1. Menyelam

Istilah menyelam juga ada dalam permainan bola voli, atau yang kita kenal juga dengan istilah dig. Hal ini adalah proses menghalau bola sebelum bola sampai ke lantai. Kita perlu mendarat pada bagian dada di mana tangan keduanya terjulur ke arah depan. Demi meminimalisir potensi cedera, pemain perlu lebih berpengalaman dalam berguling.

  1. Penggunaan Libero

Saat keahlian permainan voli sudah tinggi, penggunaan libero bisa dilakukan di mana pemain ini memperoleh serangan atau serve dengan refleks tingkat tinggi. Dalam menjadi pengganti blocker tengah sewaktu rotasi pada bagian barisan belakang, pemain libero memang harus memiliki kehebatan dalam bertahan.

  1. Penerapan Formasi Berbeda

Seperti halnya formasi sepak bola, formasi dalam bola voli pun juga ada dan bisa digunakan. Formasi 4-2, 6-2, dan 5-1 adalah yang paling umum digunakan. Pemilihan formasi bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan strategi yang telah direncanakan.

Itulah sedikit informasi cara bermain bola voli yang benar untuk bisa dipraktikkan bila Anda tertarik dengan permainan olahraga beregu satu ini. Namun ketika bermain, perhatikan pula adanya peraturan permainan bola voli yang wajib dipatuhi oleh setiap pemain.