9 Alat dan Perlengkapan Olahraga Bola Voli Paling Dibutuhkan

Olahraga permainan bola voli adalah sebuah jenis olahraga yang tentunya dapat dimainkan dengan peralatan dan perlengkapan tertentu. Bahkan untuk setiap pemain bola voli sendiri diperkenankan untuk memakai aksesoris atau pelengkap selama penggunaannya tak menimbulkan cedera. Selain mengetahui cara bermain bola voli yang benar, di bawah ini merupakan daftar dari peralatan dan perlengkapan olahraga bola voli yang bisa disimak dan wajib diketahui.

  1. Lapangan Voli

Satu hal yang menjadi hal wajib ketika bermain voli adalah adanya lapangan bola voli supaya keseruannya bisa terasa maksimal dan terlebih ketika memang dalam konteks pertandingan bola voli. Untuk ukuran lapangan yang dianggap resmi dan paling umum digunakan dalam olimpiade adalah 9 x 18 m. 3 meter adalah sebagai batas jarak pemain belakang dengan garis tengah, sementara 5 cm adalah jarak jaring/net dengan garis depan.

  1. Jaring/Net

Bila bicara tentang perlengkapan dalam permainan bola voli pada dasarnya seperti perlengkapan bulu tangkis di mana peralatan yang paling wajib ada salah satunya adalah net alias jaring. Ukuran tinggi untuk net yang digunakan oleh pria dan wanita rupanya berbeda.

Ukuran untuk tinggi net yang dipakai oleh pemain wanita adalah 2,24 meter, sedangkan biasanya tinggi net yang digunakan oleh pemain pria adalah 2,43 meter. Sementara secara umum, panjang jaring atau net biasanya adalah 9,5 meter, dengan lebar 1 meter dan juga 10 cm untuk mata net.

  1. Bola

Apalah arti permainan olahraga bola voli bila tak ada bolanya bukan? Tentu bola menjadi salah satu peralatan wajib ada baik untuk permainan iseng maupun pertandingan. Bola untuk voli mempunyai ketentuan tersendiri seperti bahan, ukuran dan juga beratnya.

Umumnya, bola voli yang bisa dan memang seharusnya digunakan untuk bermain adalah bola yang terbuat dari bahan kulit. Paling penting di sini adalah bola terbuat dari bahan yang memang biasa dipakai dalam pembuatan bola voli. Keliling bola yang diperlukan adalah 65-70 cm berikut dengan ketentuan berat bola, yakni 250-280 gram.

Bukan hanya dari segi bahan dan ukuran kelilingnya saja yang perlu diperhatikan, melainkan juga tekanan dalam dari bola pun sudah diatur. Untuk tekanan dalam diperkirakan seharusnya 0.30 sampai dengan 0.325 kg/cm2. Dengan bahan yang tak selalu dari kulit, maka harganya pun akan bervariasi sehingga yang paling baik dan berkualitas biasanya ada pada kisaran harga 600 ribuan.

  1. Kaos dan Celana Pendek

Alangkah baiknya kalau pemain mengenakan kaos dan celana pendek yang tak sembarangan; kuncinya adalah nyaman dan jelas merupakan jenis pakaian olahraga karena ini wajib dikenakan oleh seluruh pemain. Bahkan kaos dan celana pendek yang digunakan wajib untuk memiliki motif dan berwarna sama seperti seluruh pemain seregu.

Pemain libero menjadi pengecualian di sini untuk hal seragam olahraga bola voli karena khusus pemain libero memang diwajibkan mengenakan pakaian yang berbeda. Kaos untuk permainan bola voli juga wajib memiliki nomor, yakni antara 1-20 seperti yang memang telah terdaftar sebagai peraturan permainan bola voli dan harus dipatuhi setiap pemainnya.

  1. Sepatu

Pada pertandingan resmi, seluruh pemain memiliki kewajiban untuk mengenakan sepatu khusus untuk bola voli. Bila dalam pertandingan sepak bola, pemain sepak bola mengenakan sepatu khusus sepak bola, sepatu khusus untuk voli pun tersedia. Merk-merk ternama seperti Asics, Nike dan Mizuno pun bisa dipilih ketika ingin mencari sepatu voli terbaik.

Alas kaki untuk permainan ini tentu tak boleh sembarangan karena telah ada aturannya juga. Bahkan diketahui bahwa sepatu untuk pertandingan bola voli justru jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan sepatu pada umumnya yang kita sering jumpai dan kenakan. Dengan sepatu ini, pemain bakal mampu melakukan jumping secara optimal.

  1. Pelindung Ruas Jari

Saat melakukan blocking, perlengkapan ini jelas menjadi sangat berguna sebab pada umumnya bola spike yang berasal dari lawan bakal tak sengaja mengenai ujung jari kita. Pelindung ini bisa dikenakan supaya mampu meminimalisir cedera pada ruas jari kita. Jari kelingking dan jari manis adalah bagian paling sering terkena benturan, jadi harus mendapatkan perlindungan maksimal.

  1. Elbowpad

Istilah lainnya adalah deker siku di mana fungsi dan kelebihan utama dari perlengkapan ini adalah untuk memberikan perlindungan optimal bagi siku pemain. Sewaktu pemain melakukan dig untuk penyelamatan, maka tubuh akan sampai jatuh bangun. Dengan alasan itulah, deker siku ini sangat diperlukan supaya mampu melindungi siku sewaktu berbenturan dengan lantai dan mampu meminimalisir cedera.

  1. Kneepad

Istilah lainnya adalah deker lutut yang fungsi utamanya sama seperti deker siku yang sudah disebutkan sebelumnya. Peran penting dari sebuah kneepad adalah sebagai penjaga sendi lutut supaya ketika menopang tubuh sewaktu melakukan lompatan bisa lebih kuat.

Pemain bola voli rata-rata akan merasa khawatir terhadap cedera lutut, terutama ketika melompat. Karena masa pemulihan cedera lutut tergolong sangat lama, berikut juga risiko cedera kambuhan, maka sebaiknya para pemain memilih melindungi lututnya dengan kneepad dan siku mereka dengan elbowpad.

Itulah informasi tentang peralatan sekaligus perlengkapan olahraga bola voli yang dapat membantu Anda dalam mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum bermain. Wajib untuk mewaspadai barang tiruan karena pada dasarnya bila pemain bola voli menginginkan performa yang maksimal, kualitas perlengkapan pun perlu diperhatikan.