11 Alat dan Perlengkapan Bulu Tangkis untuk Bermain

Olahraga bulu tangkis atau yang sering kita sebut dengan istilah badminton memang merupakan jenis olahraga asyik, seru dan tergolong murah. Permainan bulu tangkis bisa dilakukan mulai dari anak-anak hingga orang tua, baik itu dalam permainan tunggal atau ganda. Bulu tangkis pun sudah kerap dipertandingkan di mana juga membuktikan bahwa Indonesia memiliki segudang pemain profesional yang luar biasa.

Ketika bermain bulu tangkis, ada sejumlah perlengkapan bulu tangkis yang sangat wajib untuk memaksimalkan permainannya. Berikut ini adalah daftar segala perlengkapan untuk permainan bulu tangkis berikut juga keterangan fungsinya supaya lebih jelas. Dengan informasi ini, kiranya permainan bulu tangkis akan menjadi lebih optimal.

Baca juga:

  1. Lapangan

Karena bulu tangkis adalah suatu olahraga atau permainan yang membutuhkan ruang cukup luas, maka lapangan akan sangat penting dan dibutuhkan. Banyak orang bermain sekadarnya asalkan ruangan yang digunakan sudah cukup, namun bermain di lapangan khusus bulu tangkis tentu akan terasa berbeda. Ada syarat tertentu juga untuk lapangan bulu tangkis dalam hal bentuk dan ukuran.

Lapangan dalam olahraga bulu tangkis pada umumnya memiliki ukuran standar, yakni lebar 6,10 meter dan panjang 13,40 meter dengan bentuk persegi panjang. Bermain bulu tangkis di tempat atau lapangan yang tepat akan lebih baik dan juga mengaplikasikan pula teknik dasar permainan bulu tangkis.

  1. Net

Banyak orang hanya memanfaatkan halaman atau ruangan yang cukup luas untuk bermain bulu tangkis, namun jika ingin merasakan permainan bulu tangkis secara profesional, maka permainan sebaiknya menggunakan net sebagai penghalang antar satu pemain dengan pemain lainnya. Net tentunya harus berada di tengah-tengah lapangan bulu tangkis sebagai pembatas.

Fungsi utama dari net merupakan pembatas area permainan di mana bentuknya adalah seperti jaring. Net bulu tangkis pada umumnya memiliki tinggi kurang lebih 155 cm. Dengan adanya net tentu untuk pelambungan kok tidak bisa sembarangan dan harus lebih tinggi dari net supaya tidak tersangkut atau bermasalah selama bermain.

  1. Kok/Shuttlecock

Bulu tangkis tentu tak lepas dari perlengkapan satu ini karena justru kok atau shuttlecock-lah yang menjadi khas dari olahraga ini. Kok pada umumnya terbuat dari bahan berupa bulu angsa dengan pembuatan di pabrik. Berat kok menurut standar yang sudah dibuat oleh IBF adalah sekitar 5,67 gram. Ada sebuah gabus tempat tertancapnya bulu-bulu angsa secara rapi dan gabus tersebut pun terlapis oleh kulit putih.

Bulu angsa yang ditancapkan di sana ada sekitar 14-16 buah yang kemudian diikat dengan dua buah tali melingkar. Untuk panjang kok secara umum adalah 8,8 cm dan pengukuran dilakukan dari ujung kepala kok sampai dengan ujung daun bulu. Sementara 6,5 cm adalah panjang batang daun kok dan 2,3 cm adalah panjang kepala kok.

Baca juga:

  1. Raket

Raket bulu tangkis tentu juga merupakan perlengkapan vital dalam permainan olahraga ini karena berperan sebagai pemukul shuttlecock. Pada zaman sekarang ini, raket untuk bulu tangkis sungguh sangat beragam karena jenisnya termasuk sangat banyak dengan bahan yang sangat bervariasi.

Ada raket bulu tangkis yang terbuat dari aluminium, tapi ada pula yang terbuat dari grafit dan karbon. Harga untuk raket pun juga beragam tergantung dari bahan yang digunakan untuk membuatnya, ada yang sangat terjangkau, tapi juga ada yang terlampau mahal. Untuk menemukan yang paling nyaman dan berkualitas, tentunya Anda bisa mencoba mencari beberapa tips memilih raket badminton dan agar dapat bermain dengan baik, cara memegang raket bulu tangkis pun perlu dilatih.

  1. Senar

Ada raket tentunya juga ada senar di mana senar ini adalah yang ada pada raket. Fungsi utama senar pada raket adalah sebagai pemantul kok. Senar yang tidak mudah putus adalah senar yang dipasang dengan sempurna dan baik. Raket dengan senar yang kuat adalah yang berkualitas.

Senar tak gampang putus jika tarikan 21 hingga 24 ukuran kekencangan raket. Dengan kekencangan senar pada raket dan pembuatan yang sempurna, maka biasanya pukulan kok oleh pemain pun akan dijamin kencang dan juga cepat. Selalu sedia senar cadangan bila gemar bermain bulu tangkis.

  1. Dekker/Alat Pelindung

Alat satu ini memang merupakan alat tambahan yang tidaklah harus atau wajib ada dalam permainan bulu tangkis. Hanya saja, tetap saja bagi beberapa orang dekker ini sangatlah penting sebab fungsi utamanya adalah sebagai pelindung dari cedera. Seperti kita tahu, bulu tangkis pun penuh dengan gerakan berlari, melompat dan menjatuhkan diri untuk mengembalikan kok.

Dekker sendiri tersedia dan dijual di luar secara bervariasi, ada yang bentuknya seperti gelang supaya mampu melindungi bagian sendi tangan. Namun ada pula yang dalam bentuk pelindung lutut sehingga kerap dikenakan di bagian lutut. Alat pelindung ini lebih sering dipakai oleh para atlet.

Baca juga:

  1. Sepatu

Beberapa orang yang suka bermain bulu tangkis hanya sekadar hobi tak akan menjadi masalah memakai sepatu apapun atau bahkan hanya mengenakan sandal atau malah tidak mengenakan alas kaki sama sekali. Namun demi menghindari cedera, pakailah sepatu khusus untuk bulu tangkis dengan sol yang kuat dan terbukti tak licin.

  1. Kaos Kaki

Selain sepatu, pemain pun sebenarnya membutuhkan kaos kaki yang juga nyaman dipakai ketika bermain bulu tangkis. Ada banyak produk kaos kaki dengan bahan nyaman dan pas digunakan oleh para pemain bulu tangkis sehingga tak sulit untuk mendapatkannya. Asalkan bahannya gampang menyerap keringat, maka kaki akan terhindari dari bau tak sedap.

  1. Baju dan Celana

Untuk permainan bulu tangkis rumahan, tentunya baju dan celana tak perlu harus memakai yang khusus, namun bagi para atlet yang mengikuti pertandingan baju dan celana perlu khusus. Biasanya dalam hal ini pun pemain akan mengenakan baju serta celana yang terbuat dari bahan mudah menyerap keringat sehingga nyaman dikenakan selama pertandingan.

  1. Handuk

Dalam bulu tangkis, saking serunya permainan, memang para pemainnya akan lebih cepat berkeringat karena gerakan-gerakannya yang teramat dinamis. Oleh karena itu, penting juga untuk sedia handuk bersih untuk membersihkan keringat. Untuk para atlet pun ada baiknya membawa handuk lebih dari satu.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi penting tentang alat dan perlengkapan bulu tangkis yang paling dibutuhkan oleh para pemain bulu tangkis, terutama yang sudah profesional. Dengan memenuhi perlengkapan tersebut tentunya akan memaksimalkan permainan bulu tangkis Anda.