6 Cara Memilih Kacamata Renang yang Baik

Kaca mata renang merupakan salah satu perlengkapan renang yang termasuk wajib dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan perenang. Fungsi dari kacamata renang yang paling utama adalah sebagai penjaga keamanan mata kita ketika sudah masuk ke dalam kolam renang. Ingat bahwa setiap kolam renang airnya pasti mengandung klorin dan oleh karena itulah mata kita memerlukan kacamata.

Dalam pemilihan kacamata renang hendaknya tidaklah sembarangan dan untuk dapat memperoleh yang paling tepat, ada beberapa cara memilih kacamata renang di bawah ini yang bisa coba Anda pertimbangkan. Harga boleh beragam, namun pastikan Anda tak hanya mempertimbangkan hal tersebut dan utamakanlah kenyamanan sekaligus kualitas dari kacamata tersebut.

Baca juga:

  1. Lensa Pas dan Nyaman di Mata

Pastikan bahwa lensa pada kacamata renang yang Anda pilih adalah yang paling nyaman bagi mata. Ada lensa kacamata renang yang terang maupun gelap dan ketika memilih pun lensa dalam tidak boleh sampai tersentuh atau terkena oleh jari tangan kita. Ketika kacamata renang tersebut anti-fog, bisa berisiko tergores atau rusak ketika kita menyentuhnya.

Cukup mendorongnya ke area mata dan menekannya sedikit agar menempel kita akan tahu apakah lensa tersebut cocok bagi kita atau tidak. Apabila tak mudah lepas dan pas-pas saja tanpa tali, artinya memang ukuran pas untuk kita dan tak mudah kemasukan air. Lensa dengan pelindung karet empuh akan lebih aman bagi mata.

  1. Tali yang Pas

Saat memilih kacamata renang, pastikan untuk memeriksa bagian tali juga lebih dulu. Pilihlah tali yang memang gampang disesuaikan tapi juga bukan yang mudah lepas. Tidak mudah memang dalam hal ini, karena akan mudah terlalu longgar atau terlalu kencang. Pilih yang paling nyaman bagi Anda supaya tak repot juga ketika memakainya.

Baca juga:

  1. Pilih yang Tak Meninggalkan Bekas

Ketika berenang, tentu Anda akan menikmati waktu menyenangkan di dalam air. Sayangnya, pada banyak kasus perenang akan mengalami paparan terik sinar matahari secara langsung dan kemudian akhirnya malah menyebabkan adanya bekas pada area mata.

Pilihlah kacamata yang memang memiliki frame besar di mana tujuan utamanya adalah supaya tak ada bekas yang tertinggal pada area mata. Hal ini terlebih disarankan bagi yang punya kulit sensitif supaya lebih nyaman dan tak berakibat buruk bagi kulit. Pilih dengan pertimbangan yang matang supaya tak menyesal.

  1. Air Tak Gampang Masuk

Guna dari penggunaan kacamata renang adalah supaya mata terlindung dari kemasukan air. Tapi tetap saja ada produk kacamata yang bila dipakai, air akan mudah masuk dan mengganggu penglihatan ketika sedang renang. Karet pinggiran yang kuat adalah inti dari kacamata renang yang baik dan aman.

Dalam melakukan teknik renang gaya bebas, teknik renang gaya dada dan juga teknik renang gaya kupu-kupu, tentunya kacamata yang aman adalah yang paling dibutuhkan karena wajah kita harus masuk ke dalam air selama berenang. Ketika kacamata renang gampang kemasukan air, hal tersebut bakal membuat penglihatan sama sekali terganggu.

Baca juga:

  1. Bukan Kacamata Berkabut

Ketika memilih kacamata renang, pastikan juga untuk tak memilih kacamata yang gampang berkabut. Dengan kata lain, produk kacamata yang anti-fog adalah yang terbaik dan jauh lebih dianjurkan. Kacamata renang bisa dengan mudah berkabut karena tergantung juga pada kondisi cuaca dan air.

Kacamata renang anti-fog atau anti kabut adalah yang paling banyak dicari dan oleh karena itu, Anda akan mampu menemukannya dengan mudah karena dijual di pasaran. Banyak sekali kacamata renang dengan kelebihan satu ini sehingga Anda bisa mencarinya dengan lebih mudah.

  1. Pilih Merk dan Harga

Untuk kualitas terbaik dan kenyamanan yang luar biasa, tentu biasanya hanya bisa didapatkan pada kacamata renang dengan merk yang bagus. Kacamata renang bermerk apik tentunya memiliki harga yang termasuk tinggi. Oleh karena itu, jangan lupa sebelum membeli Anda bisa melakukan perbandingan merk dan harga lebih dulu supaya mampu mendapatkan produk kacamata yang paling baik dan sesuai dengan kebutuhan renang Anda.

Lihat referensi harganya lebih dulu dan jangan sampai hanya tergiur oleh merk yang terkenal. Perhatikan juga spesifikasi dari kacamata renang secara lengkap karena tak semua yang berharga mahal itu juga bisa memenuhi kebutuhan renang Anda. Ada kacamata renang khusus anak dan dewasa di mana kategori dewasa pun masih dibagi lagi menjadi pria dan wanita, jadi pilihlah merk dan harga pada kategori yang diinginkan.

Baca juga:

Itulah sedikit tips atau cara memilih kacamata renang yang paling baik dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan dalam kegiatan berenang. Tak mudah untuk mendapatkan yang terbaik dan benar-benar cocok, tapi setidaknya dengan panduan tersebut Anda akan menjadi lebih punya bayangan seperti apa kacamata renang yang baik. Semoga Anda bisa memperoleh kacamata renang terbaik yang bisa sangat nyaman dipakai ketika berenang.