Inilah Teknik Berenang Jarak Jauh yang Perlu Dilatih!

Hasil gambar untuk teknik berenang jarak jauh

Berenang jarak jauh biasanya dilakukan pada jarak 5, 10, atau 25 km. Untuk dapat mencapai jarak tersebut, diperlukan teknik berenang khusus. Berikut ini adalah teknik berenang jarak jauh yang perlu diketahui:

1. Fokus di 100 meter pertama

Hal yang paling penting ketika melakukan renang jarak jauh adalah fokus pada 100 meter pertama. 100 meter pertama sangat menentukan keunggulan kamu dalam menempuh jarak selanjutnya. Namun jangan mulai dengan terburu-buru karena hanya akan menghabiskan energi saja.

Mulailah dengan kecepatan sedang dan terus tingkatkan setelah 100 meter berikutnya. Ulangi terus hingga jarak terdekat di garis finihs. Tambah kecepatan renang ketika sudah mendekati akhir.

2. Jangan angkat kepala terlalu sering

Usahakan untuk berenang dengan menutup mata atau tidak mengangkat kepala selama mungkin. Angkat kepala untuk bernafas setelah 12 hingga 20 kayuhan. Dengan begini, kamu akan lebih berkonsentrasi untuk terus mengayuh. Kamu juga akan mempersingkat gerakan sehingga dapat berenang dengan lebih cepat.

Untuk dapat melakukan hal ini tidaklah mudah, diperlukan latihan yang intensif untuk dapat terbiasa berenang di dalam air selama mungkin tanpa mengangkat kepala terlalu sering.

3. Hentakan kaki mantap

Bagi perenang pemula, hentakan kaki akan menambah sekitar lima persen dorongan ke depan. Namun berbeda halnya jika dilakukan di saat perlombaan renang jarak jauh. Selain kurang bermanfaat, gerakan hentakan kaki justru dapat membuang energi.

Gunakan gerakan kaki yang mantap ketika sudah mendekati garis finish. Hentakan kaki yang mantap akan meningkatkan gaya dorong ke depan sehingga kecepatan menjadi maksimal.

4. Berputar seperti kayak

Ketika sudah mendekati garis batas, maka putarlah badan seperti kayak. Pelankan kecepatan berenang dan pendekkan ayunan tangan kiri jika kamu berbelok ke arah kiri dan panjangkan ayunan dengan tangan kanan. Begitu pula sebaliknya.

5. Atur nafas

Poin penting dari renang jarak jauh adalah mengatur nafas dengan baik. Ambil nafas sesingkat mungkin dan tahan selama mungkin. Lakukan latihan pernafasan sebelum mengikuti lomba yang sesungguhnya. Latihan pernafasan sangat penting karena disinilah pengolahan energi yang sesungguhnya.

Itulah beberapa teknik penting dalam renang jarak jauh. Menurut Toby Huseman, seorang pelatih renang, renang jarak jauh sangat memerlukan stroke yang tepat dan efisien sehingga jarak yang diinginkan dapat dicapai dalam waktu yang tepat. Namun hal ini baru bisa didapatkan jika perenang telah melatih dirinya dengan baik. Maka. lakukan latihan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.