5 Tips Berenang Saat Haid yang Perlu Diketahui

Hasil gambar untuk tips berenang saat haid

Berenang saat haid tentu menjadi hal yang membuat kita ragu-ragu. Mulai dari risiko kebocoran hingga mencemari air kolam tentu adalah beberapa hal yang wajib dipertimbangkan. Namun ternyata sebenarnya wanita dapat berenang dengan nyaman seperti biasa saat haid. Berikut ini adalah beberapa tips berenang saat haid yang dapat kamu lakukan:

1. Kondisi yang sehat

Hal paling penting yang perlu kamu perhatikan sebelum berenang saat haid adalah kondisi fisik dan mental kamu sendiri. Masa menstruasi akan menyebabkan rasa nyeri atau gangguan mood yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jika kamu ingin berenang, maka sebaiknya lakukan ketika kondisi mental dan fisik dalam keadaan sehat. Renang memerlukan energi yang cukup besar sehingga diperlukan pula kondisi badan yang fit.

2. Gunakan tampon

Sebenarnya kamu tidak perlu takut terjadi kebocoran ketika berenang saat haid. Tekanan dalam air jauh lebih besar dibandingkan tekanan di dalam tubuh sehingga cairan yang ada dalam tubuh tidak akan mungkin keluar, termasuk darah haid. Kecuali jika kamu batuk atau besrsin.

Namun ketika kamu keluar dari air, terjadi perubahan tekanan secara drastis sehingga darah akan mengalir keluar dengan deras. Maka dari itu, tetap gunakan tampon untuk mencegah darah keluar tanpa disadari. Hindari menggunakan pembalut saat berenang karena pembalut akan mengembang dan menjadi sarang bakteri akibat menyerap air.

3. Gunakan pakaian yang pas

Penggunaan tampon mungkin masih sangat asing di Indonesia sehingga banyak wanita yang terpaksa menggunakan pembalut ketika berenang. Kondisi air dapat menyebabkan posisi pembalut jadi tidak pas atau bahkan lepas. Sebaiknya gunakan pakaian renang yang pas ketika sedang haid. Dengan begitu, posisi pembalut tidak akan berantakan.

4. Pakaian hitam

Jika kamu telah melakukan seluruh tips di atas, namun masih ragu, sebaiknya gunakan pakaian renang serba hitam. Dengan menggunakan pakaian hitam, maka kamu tidak akan perlu khawatir lagi jika terjadi kebocoran. Warna hitam akan menyamarkan noda darah yang bocor sehingga tidak akan terlihat orang lain.

5. Jangan terlalu lama

Ketika sedang haid, sebaiknya tidak terlalu lama berada di dalam air. Kondisi vagina yang kotor akan semakin lembab dan memudahkan bakteri masuk ke dalam jika terlalu lama berendam. Selain itu, kondisi tubuh saat haid sangat mudah lelah sehingga kamu harus menghindari aktivitas yang terlalu melelahkan.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu ketahui saat berenang di masa haid. Bukan tidak boleh, tapi lakukan beberapa pencegahan agar aktivitas renang tetap aman dan nyaman.