Mengenal Macam-Macam Senam Lantai yang Sering Dilakukan

Senam lantai adalah salah satu cabang dari senam yang banyak dipopulerkan. Sama seperti namanya, senam lantai memang dilakukan di atas ‘lantai’ atau matras yang ditujukan untuk mengurangi terjadinya cedera. Terdapat beberapa macam senam lantai yang gerakannya sering digunakan seperti di bawah ini:

1. Roll ke depan

Salah satu gerakan senam lantai yang sering dilakukan adalah gerakan roll atau berguling ke depan. Untuk melakukan gerakan ini, dapat dimulai dengan dua posisi yakni berdiri dan jongkok.

Pada posisi berdiri, letakkan kedua tangan lurus di samping badan dengan pandangan tegak lurus ke depan. Kemudian angkat kedua tangan ke arah depan dan bungkukkan badan. Letakkan kedua telapak tangan di atas matras.

Ikuti dengan gerakan bahu ke bawah hingga menyentuh matras dan gulingkan badan ke depan. Lipat kedua lutut ketika berguling ke depan dengan dagu dilipat hingga menempel ke dalam. Rangkul lutut dengan kedua tangan agar gerakan lebih stabil. Gerakan akhir adalah dengan posisi jongkok dan berdiri tegak.

Sedangkan pada posisi jongkok, gerakan dimulai dengan membuka kedua tangan selebar bahu kemudian letakkan di atas matras. Luruskan kaki kemudian tekuk siku sedikit dan mulai gulingkan badan ke depan dengan diikuti gerakan kepala yang dilipat ke dalam. Terakhir, berada dalam posisi jongkok dan kemudian berdiri kembali.

2. Roll ke belakang

Jongkok dengan membelakangi matras dengan kedua kaki dirapatkan dan tumit sedikit diangkat. Lipat kepala hingga dagu menempel pada dada. Posisikan tangan ke atas kemudian arahkan ke belakang untuk bersiap melakukan roll.

Ikuti gerakan badan dengan menjatuhkan bokong terlebih dahulu dan tolak badan ke belakang hingga berguling. Tarik lutut segera dan kembali dalam posisi jongkok kemudian berdiri.

3. Lompatan harimau

Berdiri tegak lurus dengan arah pandangan ke depan. Kemudian mulailah berlari ke arah papan tolakan dan letakkan kedua tangan di atas papan tolakan kemudian susul dengan melentingkan badan ke udara. Luruskan kedua kaki sebelum mendarat kemudian mendaratlah dengan posisi jongkok kemudian berdiri tegak.

4. Lompat kangkang

Lakukan dengan berdiri tegak lurus dengan posisi kedua tangan di samping badan. Fokuskan pandangan ke depan, kemudian mulai berlari menuju ke papan tolakan. Ketika mendekati papan, arahkan tangan lurus ke depan untuk bersiap melompati papan.

Letakkan kedua telapak tangan di papan, lakukan tolakan dengan menggunakan kedua kaki agar badan terangkat ke atas. Tahan badan dengan kedua tangan dan buka kedua kaki selebar mungkin. Ketika kaki sudah melewati papan, angkat tangan dan bersiap untuk berdiri. Tegakkan badan dan letakkan kedua tangan di samping.

Itulah beberapa gerakan senam lantai yang sering digunakan. Gerakan tersebut akan semakin mudah dilakukan jika sering dilatih.