Mengenal Gerak Teknik Dasar Lompat Harimau dengan Bantuan Teman

Lompat harimau adalah salah satu bentuk senam lantai yang dilaksanakan dengan menggunakan bantuan alat. Lompat harimau menjadi senam ketangkasan yang menunjukkan kelincahan dan kegesitan para peserta dalam melompati rintangan.

Selain menggunakan alat-alat bantu seperti peti lompat, ternyata lompat harimau juga dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan teman. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai cara melakukan lompatan harimau dengan menggunakan bantuan teman:

Posisi awal

Posisi awal dalam lompat harimau adalah dengan berdiri tegak lurus. Letakkan kedua tangan di samping badan dengan kondisi santai. Luruskan pandangan ke depan dan fokus pada titik tujuan. Rapatkan kedua kaki dengan lurus dan bersiaplah untuk melakukan lari sebelum melompati teman.

Posisi teman

Bantuan teman saat akan melakukan lompatan harimau ini sangatlah penting. Teman harus melakukan posisi seperti merangkak dengan arah lompatan dilakukan dari samping badan teman tersebut. Letakkan kedua telapak tangan dan kedua lutut di lantai untuk menahan berat badan. Posisikan kepala menghadap ke bawah. Sebaiknya pilih teman yang badannya tidak terlalu besar agar lebih mudah melakukan lompatan.

Posisi lompat

Ketika aba-aba diberikan, segera lari dengan kecepatan yang sesuai dengan jarak antara ancang-ancang dan teman yang membungkuk. Tambah kecepatan ketika hampir mendekati badan teman.

Letakkan kedua tangan lurus ke depan, lakukan tolakan dengan menggunakan kedua kaki agar badan terangkat. Lompat lah dengan posisi tangan terus lurus ke depan. Setelah melewati badan teman, tetap pertahankan posisi tangan dan kemudian tahan badan dengan menggunakan kedua telapak tangan yang telah menyentuh matras.

Posisi mendarat

Posisi mendarat pada lompat harimau adalah dengan melakukan guling beberapa kali. Kamu dapat menggunakan bantuan tangan atau kaki ketika melakukan gerakan gulung ke depan. Bergulinglah sekitar 2 hingga 3 kali, kemudian lakukan posisi mendarat yang terakhir.

Luruskan kedua tangan ke depan dengan posisi jongkok. Fokuskan pandangan ke depan. Akhiri lompatan dengan sikap jongkok tersebut.

Itulah cara tepat melakukan lompat harimau dengan menggunakan bantuan teman. Carilah teman yang bertubuh besar namun tidak terlalu tinggi agar lebih mudah untuk melompatinya. Lakukan latihan berkali-kali untuk mendapatkan gerakan lompat harimau yang sempurna.