Inilah Macam-Macam Senam Ketangkasan Dengan Menggunakan Bantuan Alat!

Senam ketangkasan adalah senam yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat maupun tanpa alat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang senam ketangkasan yang menggunakan alat. Berikut ini adalah macam-macam senam ketangkasan yang menggunakan alat:

Lompat Jongkok

Lompat jongkok adalah senam ketangkasan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan kuda-kudaan. Lompat jongkok bertujuan untuk melatih kelenturan, ketangkasan, dan kelihaian tubuh dalam melewati rintangan.

Cara melakukan lompat jongkok adalah dengan berdiri tegak lurus dan fokus ke arah yang dituju. Kemudian mulai berlari dengan cepat. Condongkan badan ke depan. Ketika telah menginjak papan tolakan, tolak kedua kaki dengan kuat sambil diikuti dengan naiknya kedua tangan.

Letakkan kedua tangan pada pangkal kuda-kudaan untuk menahan beban tubuh. Ikuti dengan gerakan menekuk kedua lutut hingga berada dekat dengan dada. Begitu posisi sudah berada di ujung kuda-kudaan, luruskan tungkai kaki untuk bersiap mendarat. Lakukan pendaratan dengan menggunakan ujung kedua kaki serta tangan lurus terbuka ke atas.

Lompat Kangkang

Sama halnya seperti lompat jongkok, lompat kangkang dialkukan dengan menggunakan bantuan alat sebagai rintangan. Gerakan ini juga melatih ketangkasan dan kelenturan tubuh.

Lompat kangkang dilakukan dengan berdiri tegak lurus menghadap ke arah kuda-kudaan. Kemudian berlarilah dengan cepat dengan badan agak dicondongkan ke depan. Ketika kaki telah menginjak papan tolakan, melompatlah dengan menolak kedua kaki sekuat mungkin.

Letakkan kedua tangan di papan kuda-kudaan dan tolak tubuh sekuat mungkin dengan menumpukan seluruh berat badan pada kedua tangan. Posisi badan ketika melayang di atas kuda-kudaan akan lurus dan kaki harus terbuka ke samping seperti mengangkang.

Saat sudah berada di ujung kuda-kudaan, rapatkan kedua kaki kaki dan tekuk lutut hingga mendekati dada dan tarik kedua tangan lurus ke belakang untuk bersiap-siap melakukan pendaratan. Lakukan pendaratan dengan ujung kaki yang mengeper dan kedua tangan lurus terbuka ke atas.

Itulah macam-macam senam ketangkasan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan alat. Kamu tidak harus memiliki papan kuda-kudaan sebagai alat, kamu juga dapat menggunakan bantuan tubuh teman sebagai alat bantu.