3 Teknik Dasar Menendang Bola dalam Sepak Bola beserta Gambarnya

Pada teknik dasar permainan sepak bola, tentunya teknik dasar menendang bola termasuk di dalamnya dan menjadi hal dasar untuk juga dikuasai oleh setiap pemain. Jika ingin menjadi pemain yang profesional, teknik-teknik dalam menendang bola perlu untuk diketahui supaya dapat dimanfaatkan sewaktu berhadapan dengan lawan.

Salah satu teknik penting yang akan membawa kemenangan pada sebuah tim sepak bola adalah cara menendang bola yang dilakukan oleh pemain-pemainnya, terlepas dari posisi pemain sepak bola itu sendiri. Kerja sama dan kompaknya sebuah tim tidak selalu dapat diandalkan dan tak begitu cukup. Skill dan kekompakan adalah 2 hal yang vita supaya sebuah tim mampu mencetak gol sekaligus mencapai kemenangan.

Teknik dasar menendang bola pada dasarnya juga turut dimasukkan ke dalam latihan fisik sepak bola, dan jika ingin menjadi seorang profesional, maka ada beberapa macam teknik yang harus dikenali. Bukan hanya mengenalinya, pastikan Anda berlatih secara keras untuk bisa menggunakan setiap teknik sesuai kebutuhan.

(Baca juga: formasi sepak bola – teknik lempar lembing – cara memilih bet tenis meja)

  1. Teknik Menendang Bola Menggunakan Kaki Luar

Teknik Menendang Bola Menggunakan Kaki LuarPada teknik satu ini, sudah dapat ditebak bukan? Ya, pemakaian kaki bagian luar atau sisi bagian luar kaki adalah inti dari teknik ini. Biasanya, penggunaan teknik menendang ini adalah dengan tujuan supaya dapa menendang dengan jarak tempuh yang dekat. Setiap pemain sepak bola hendaknya melatih teknik tendangan ini dan berikut sedikit informasi langkah-langkahnya:

  • Ambil posisi awal tubuh di mana Anda perlu berdiri dan hadapkan tubuh ke arah bola atau bisa juga dikatakan posisi tubuh ada tepat di belakang bola yang sudutnya sekitar 30 derajat.
  • Kaki bagian kiri atau kaki yang menjadi penumpu tubuh dapat diposisikan pada sisi bola yang hendak Anda tendang dan pastikan bawah jaraknya hanya sekepalan tangan.
  • Rilekskan kedua tangan karena dengan begitu Anda akan mampu menjaga supaya tubuh tetap seimbang.
  • Sementara untuk kaki kanan atau kaki yang Anda hendak pakai untuk menendang bola, bisa agak diputar ke arah dalam.
  • Tetap fokuskan pandangan pada bola yang akan ditendang.
  • Bersiaplah dan ayunkan kaki yang akan Anda pakai untuk menendang bola dan fokuskan bola untuk ditendang ke arah depan.
  • Sentuhkan atau kenakan sisi luar kaki ke bola yang ada di hadapan Anda.
  • Lanjutkan dengan mencondongkan atau menggeser berat badan ke tubuh bagian depan.

Untuk gerakan yang tepat dari penggunaan sisi dalam dari kaki saat menendang, kaki arahkan kepada bola saat kaki kanan atau kaki penendang mengayun ke arah depan. Posisi pergelangan kaki juga perlu diposisikan di titik tengah, sementara ujung kaki bisa dibuat selangkah ke sisi bagian bawah. Barulah bola kemudian bisa ditendang tepat di sasaran titik pusat tendangan.

(Baca juga: teknik dasar tenis lapangan – cara merawat sarung tangan kiper)

  1. Teknik Menendang Bola Menggunakan Kaki Dalam

Teknik Menendang Bola Menggunakan Kaki DalamSatu lagi cara atau teknik menendang bola pada olahraga sepak bola yang juga sering digunakan para pemainnya, yakni dengan memanfaatkan kaki bagian dalam. Berikut sedikit panduan untuk Anda yang ingin melatih diri menggunakan teknik ini secara benar.

  • Untuk awal, ambil posisi atau sikap tubuh berdiri dan hadapkan tubuh pada arah bola.
  • Kaki kiri kemudian dapat Anda posisikan agar dapat bertumpu di samping bola sambil agak menekuk lutut.
  • Jangan lupa untuk mencondongkan tubuh agak sedikit ke belakang.
  • Supaya seimbang, kedua tangan perlu ditekuk sedikit pada sisi tubuh.
  • Pandangan tetap harus fokus pada bola dan juga sasaran tembak yang telah direncanakan.
  • Bola harus dibidik tepat pada bagian tengah dengan menggunakan kaki sisi dalam.
  • Kemudian, kaki kanan dapat Anda mulai ayunkan dari belakang menuju ke depan sambil bola ditendang dengan sasaran bola ada pada bagian samping.
  • Tumpukan berat badan pada kaki yang digunakan untuk menendang (biasanya kaki kanan) sesudah melakukan tendangan.
  • Dengan mendahulukan kaki tersebut, mendaratlah dengan sempurna dan jika berhasil, maka tentunya Anda sudah betul-betul menguasai teknik tendangan ini.

(Baca juga: peraturan permainan sepak bola – teknik dasar permainan bulu tangkis)

  1. Teknik Menendang Bola Menggunakan Punggung Kaki

Teknik Menendang Bola Menggunakan Punggung KakiBiasanya penggunaan punggung kaki dalam menendang digunakan ketika hendak menendang bola jarak tempuh jauh. Teknik ini pun sangat penting untuk dilatih supaya lebih tepat sasaran, terutama ketika menginginkan supaya bola didapatkan oleh teman setim. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menendang bola secara tepat memakai punggung kaki:

  • Ambil posisi awal berdiri dan pastikan tubuh menghadap bola saat itu.
  • Letakkan kaki kiri atau kaki yang dipakai untuk menumpu tepat di samping bola sambil lutut agak ditekuk.
  • Rilekskan kedua tangan supaya tubuh tetap terjaga keseimbangannya.
  • Mata atau pandangan tetap perlu Anda fokuskan pada bola.
  • Pergelangan kaki yang hendak dipakai untuk menendang bola perlu ditekuk ke bawah.
  • Tekuklah menghadap ke depan lutut kaki kanan atau bagian kaki yang Anda pakai untuk melakukan tendangan saat menendang, lalu ayunkan kaki dari arah belakang menuju bola yang ada di depan Anda.
  • Sentuhkanlah kaki pada bagian belakang bola dan tendanglah.
  • Sesudah menendang, berat badan perlu Anda tumpukan ke arah depan.

Perlu diketahui bahwa pada tendangan sepak bola, bukanlah kekuatan fisik maupun otot yang menjadi penentu akan seberapa kuat tendangan yang dilakukan, melainkan seberapa tepat teknik yang digunakan.

(Baca juga: cara memilih raket tenis – teknik renang gaya punggung)

Tips Melatih Gerakan Tendangan

Supaya teknik tendangan dapat dilakukan secara tepat, maka melatih gerakan adalah yang juga paling penting untuk dilakukan. Berikut ini adalah sejumah tips yang kiranya dapat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan menendang bola secara sempurna terlepas apapun teknik yang digunakan.

  1. Berlatih Menendang dengan Posisi Berdiri

Untuk menguasai teknik dasar tendangan sepak bola, pemain pun perlu melatih diri untuk menendang dalam latihan fisik. Ambil kesempatan dan waktu untuk berlatih menendang bola sambil berdiri secara rutin sampai hasil tendangan stabil.

Pada latihan menendang bola dengan posisi tubuh berdiri ini, tendangan bola yang dilaukan sebaiknya hanya beberapa puluh cm/sentimeter ke atas saja. Dan lakukan latihan tendangan bola dengan putaran sedikit saja.

  • Ambil posisi berdiri dan jatuhkanlah bola ke arah atas kaki dan langsung dengan kaki tersebut Anda tendang bola secara ringan lurus ke atas.
  • Jangan bosan untuk melatih koordinasi gerakan Anda sampai benar-benar stabil dan seimbang.
  • Upayakan supaya bola tak berputar saat Anda melakukan tendangan ke atas.

(Baca juga: tugas wasit sepak bola – teknik renang gaya kupu-kupu)

  1. Berlatih Bola dengan Posisi Duduk

Pada latihan ini, kelihatannya sulit bagi pemula, namun terlepas dari sulit tidaknya, melakukan latihan ini juga sangat penting. Anda bisa menendang bola yang tangan Anda lepaskan secara ringan menggunakan bagian bagian atas salah satu kaki. Lalu lakukan penguncian terhadap pergelangan kaki dan saat kaki sudah menyentuh bola, bola nantinya bersinggungan dengan tali sepatu. Melambungnya bola hanya akan terjadi beberapa puluh sentimeter tanpa putaran.

  • Untuk melakukannya, cobalah lebih dulu dengan kaki domininan, lalu kemudian sebagai selingan bisa Anda gunakan kaki yang tak dominan.
  • Pemain-pemain sepak bola yang sudah termasuk ahli akan mampu melakukan hal tersebut secara baik, baik dengan kaki yang dominan atau tak dominan.

Jika Anda seorang pemula dan baru hendak berlatih, jangan dulu melakukan tendangan jarak jauh di percobaan pertama. Tetap berada dekat dengan gawang lalu jarak latihan dapat ditambah beberapa meter apabila memang merasa telah siap. Supaya teknik-teknik yang sudah dibahas dapat dieksekusi secara tepat, ada baiknya selain berlatih yang rajin, Anda juga bisa mengangkat bola dari tanah dan latihlah gerakan ini sampai benar-benar mahir.

Sekalipun menggunakan bagian luar kaki ketika menendang, pastikan bahwa penggunaan permukaan kaki untuk menendang merupakan tempat di mana bagian tali sepatu karena Anda tidak sebaiknya melakukan tendangan dengan memakai jari kaki. Menendang memakai jari kaki tak dianjurkan karena tak memberi akurasi. Bahkan memanfaatkan jari kaki saat menendang tak memberikan penggunaan tenaga yang tepat.

Selain itu, menendang dengan jari kaki tak dianjurkan dan bahkan sangat dilarang karena memang ada risiko kaki bisa patah. Tak hanya risiko tersebut, tapi pada beberapa kasus juga ada tendangan yang kemudian gagal bahkan bola pun ada juga yang kemudian menjadi kempis akibat tendangan dengan jari kaki.

Saat menendang, kaki pasti perlu diayun dan ketika mengayunkan kaki, pastikan pinggul ikut berayun dan bukannya bagian lutut Anda. Ini karena pinggul dianggap menjadi poros, bukan sebaiknya tapi memang sudah seharusnya. Bahkan untuk tendangan yang baik, penggunaan sepatu khusus untuk sepak bola juga lebih disarankan; traksi dijamin sempurna dan Anda pun tercegah dari terpeleset pasca melakukan tendangan.

Setelah teknik-teknik dasar menendang bola dalam sepak bola dilatih dan dikuasai dengan benar, maka Anda bisa mulai mengenal sekaligus mempelajari teknik tendangan penting lainnya. Tendangan hook, tendangan chip dan tendangan slice adalah contoh tendangan-tendangan mahir yang nantinya bisa juga Anda latih setelah teknik dasar benar-benar bisa dieksekusi secara sempurna.

(Baca juga: teknik lempar cakram cara memegang raket bulu tangkis)

Itulah sedikit informasi mengenai teknik-teknik dasar tendangan berikut juga beberapa tips dalam melatih gerakan tendangan agar tendangan bisa dilakukan dengan baik. Untuk menjadi seorang profesional, pastinya Anda perlu menggunakan waktu sebaik mungkin untuk menguasai semua dasarnya sebelum beralih pada teknik menendang bola yang mahir.