3 Cara Memegang Raket Bulu Tangkis yang Benar

Ketika hendak bermain bulu tangkis, maka satu hal dasar dan awal yang perlu untuk Anda ketahui sekaligus pelajari adalah cara memegang raket bulu tangkis. Dalam setiap jenis olahraga, khususnya yang memakai alat, tentu penting di awal untuk memerhatikan sekaligus melatih sendiri cara memegang alat tersebut sebelum mengoperasikannya. Hal ini pun berlaku untuk bulu tangkis.

Kalau diperhatikan lebih dalam, permainan bulu tangkis secara umum memanfaatkan gerakan bolak-balik di lapangan. Tujuan permainan adalah pemain melakukan pukulan agar kok bisa masuk ke area lawan. Yang perlu diketahui di sini adalah bukan hanya pukulan bertenaga saja yang dibutuhkan, tapi penggunaan teknik memegang raket yang benar pun sangat penting.

Fleksibilitas dari pergelangan tangan seorang pemain bulu tangkis dapat dipengaruhi oleh cara memegang raket yang otomatis juga memengaruhi pukulan Anda. Pergelangan tangan yang berfleksibilitas tinggi akan mampu mengarahkan pukulan akurat dan kuat di saat yang sama. Itulah mengapa, cara memegang raket yang benar perlu dipelajari dan kalau perlu dipraktikkan sampai tepat.

(Baca juga: teknik dasar permainan sepak bola – formasi sepak bola)

  1. Backhand Grip

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis BackhandBagaimana Anda memegang raket bulu tangkis menentukan pemegangan teknik backhand grip di mana tekanan pada ibu jarilah yang menjadi asal dari pukulan ini. Itu artinya, pada cara memegang raket teknik ini, ibu jari Anda perlu digunakan dan ditempatkan di permukaan yang luas – lebih luas dari cengkeraman bulu tangkis.

Selain berfokus pada ibu jari di permukaan luas, Anda perlu merilekskan juga jari telunjuk dan bergeraklah secara lebih dekat ke bagian jari tengah. Dalam menggunakan cara memegang raket ini, biasanya arah pukulan akan menjadi sulit ditebak dan inilah yang menjadi salah satu kelebihan. Ketika kok melayang keras pun, pemain tetap bisa mengontrolnya.

Hanya saja, cara memegang raket seperti ini pun ada juga kelemahannya di samping keuntungan yang didapat. Kelemahannya adalah sulitnya mengembalikan smash kok yang kiranya mengarah ke tangan badan, khususnya kalau arahnya ke pinggang kanan dan juga bahu. Namun tak masalah kalau sudah bisa menguasai cara ini dengan baik.

(Baca juga: latihan fisik sepak bola – tugas wasit sepak bola)

  1. Forehand Grip

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis ForehandDalam memegang raket bulu tangkis dengan teknik forehand, cara ini cukup sederhana karena pemain cukup melakukannya seperti ketika berjabat tangan dengan orang lain saja. Sewaktu memegang bagian pegangan raket, Anda harus perhatikan dan pastikan terbentuk huruf V oleh ibu jari dan telunjuk sebagai celahnya.

Setelah itu, pastikan juga raket digenggam dengan jari manis, jari tengah dan kelingking dengan tujuan supaya bobot raket dapat lebih seimbang. Sementara itu, jari telunjuk dapat Anda tempatkan agak terpisah dari 3 jari tersebut di mana perannya sebagai pengendali pukulan. Intinya, gunakan jari telunjuk sebagai pendorong raket ke arah depan ketika memukul forehand.

Tak hanya itu, letakkan juga ibu jari di antara jari telunjuk beserta tiga jari lainnya tersebut, yakni lebih tepatnya pada permukaan pegangan raket yang lebih luas. Tujuan dari cara memegang seperti ini adalah supaya teknik pegangan ke backhand grip bisa dilakukan dengan cepat saat pertandingan.

Pada cara memegang raket dengan teknik forehand, keuntungan yang bisa didapat adalah bahwa pegangan akan lebih kuat sehingga tak akan gampang lepas. Bahkan kok pun juga lebih mudah dipukul yang mengarah ke sisi kanan tubuh. Kok dapat dipukul secara tepat dan juga cepat dengan minimal risiko kesalahan penempatan posisi daun raket pada kok yang datang.

Selain keuntungan, ada pula kelemahan dari cara memegang yang seperti ini karena posisi tangan dengan teknik memegang ini tak berubah-ubah. Dengan demikian, pemukulan menggunakan forehand memerlukan kekuatan ekstra di bagian sendi bahu dan tangan sehingga memang untuk cara memegang ini perlu dilatih khusus supaya terbiasa. Sayangnya juga, untuk eksekusi kok di depan net juga lemah dengan pegangan ini.

(Baca juga: teknik dasar tenis lapangan – cara memilih raket tenis)

  1. Grip Kombinasi

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis KombinasiSelain dari 2 cara yang sudah diulas, ada pula cara memegang raket yang merupakan teknik grip kombinasi antara forehand dan juga backhand. Caranya cukup mengubah pegangan raket di mana hal ini disesuaikan dengan arah datangnya kok serta tipe pukulan yang akan digunakan.

Teknik kombinasi biasanya dipakai oleh para pemain bulu tangkis karena tak perlu mengubah kembali posisi pegangan raket ketika hendak melakukan pukulan terhadap kok. Hanya saja, kelemahan yang terdapat pada teknik memegang raket ini adalah bahwa pemain akan mengalami kesulitan dalam pukulan kok yang telah melewati tubuh pemain sendiri.

Tips Latihan Memegang Raket Bulu Tangkis

Sebelum berlatih dalam hal teknik pukulan bulu tangkis, cara memegang raket harus lebih dulu dilatih sampai benar dan luwes. Latihan adalah cara terbaik untuk beradaptasi terhadap gerakan-gerakan pergelangan tangan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam latihan supaya proses memegang raket selalu benar ketika bermain.

  • Calon pemain yang masih merupakan peserta latih dapat membiasakan diri untuk memegang raket menggunakan jari-jari tangannya. Ini juga merupakan cara untuk meluweskan pergelangan tangan. Tetap rileks juga tapi tetap menjaga tenaga tetap kuat.
  • Latihlah gerakan raket ke kiri dan kanan di mana tumpuan kekuatan ada pada pergelangan tangan.
  • Latihlah juga gerakan raket ke belakang dan depan dengan tenaga yang bertumpu di bagian pergelangan. Ini akan membantu agar tekukan pergelangan tangan mulai fleksibel.
  • Latihlah gerakan pergelangan tangan baik ke atas maupun ke bawah agar fleksibilitas makin tinggi.
  • Latihan juga dengan kok dengan memukulnya ke arah tembok.

Saat latihan, pasti ada beberapa kesalahan yang terjadi dan bahkan ketika bermain sekalipun. Biasanya ada 2 kesalahan umum yang kemungkinan akan dilakukan oleh para pemula dalam memegang raket, yakni memegang raket dengan cara menggenggamnya di mana jari-jari sejajar dan rapat. Atau, kesalahan lainnya adalah posisi V tangan terletak di area pegangan raket yang luas.

(Baca juga: peraturan permainan sepak bola – posisi pemain sepak bola – teknik lempar cakram)

Intinya, memegang raket bulu tangkis yang benar adalah secara luwes menggunakan ruas jari tangan secara rileks tapi tetap bertenaga ketika melakukan pukulan terhadap kok. Kualitas pukulan kok dapat meningkat dengan pegangan raket yang tepat sambil menggunakan tenaga pergelangan tangan sewaktu melakukan pukulan.

Tak hanya mutu pukulan saja, tapi laju jalannya kok pun akan lebih cepat sehingga dengan ini tenaga yang digunakan efektif dan efisien. Perlu juga diingat bahwa dalam cara memegang raket bulu tangkis, jangan seperti memegang golok. Semoga dengan informasi tersebut bisa membantu Anda melatih diri dengan baik.