Fuzhou China Open 2019 : Marcus/Kevin Satu-Satunya Wakil Indonesia Di Semifinal

Fuzhou China Open 2019 : Marcus/Kevin Satu-Satunya Wakil Indonesia Di Semifinal

Turnamen HSBC World Tour Super 750, Fuzhou China Open 2019 memasuki babak perempat final hari ini, Jumat 08 November 2019. Ada empat wakil Indonesia di babak perempat final kali ini.

Mereka diantaranya adalah wakil sektor tunggal putra, Jonatan Christie. Wakil sektor ganda putra, pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, serta wakil sektor ganda campuran pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Pasangan Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya menjadi wakil Indonesia pertama yang memulai laganya di hari ini. Marcus/Kevin dipertemukan dengan wakil Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel.

Pertemuan keduanya hari ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya mereka telah bertemu sebanyak empat kali dengan pertemuan terakhir terjadi saat di turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2019 pada bulan Januari lalu.

Bermain selama 30 menit, Marcus/Kevin tidak menemui kendala berarti di lapangan. Minions, julukan akrab Marcus/Kevin melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan lawannya dengan catatan skor 21 – 14, 21 – 19.

Laga Indonesia berikutnya mempertemukan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan pemain muda wakil Malaysia, Aaron Chia/Soo Wooi Yik. Keduanya telah bertemu beberapa kali sebelumnya dengan keunggulan head to head pada pasangan Indonesia.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi di turnamen Danisa Denmark Open 2019 bulan Oktober lalu. Saat itu kemenangan berpihak pada pasangan Ahsan/Hendra. Namun sayangnya kali ini Ahsan/Hendra harus menyerah kalah hanya dalam 25 menit dengan skor 13 – 21, 20 – 22.

Dilansir dari badmintonindonesia.org, Ahsan/Hendra memang tampak berada di bawah tekanan lawan. Apalagi di area depan net. Selain itu Ahsan mengakui jika kualitas lawan memang bagus. Ditambah kondisi Ahsan/Hendra yang menurun.

Beranjak dari Ahsan/Hendra, ada pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva yang menantang wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Walaupun secara peringkat pasangan Jepang lebih unggul namun jika dilihat dari rekor pertemuan keduanya, Praveen/Melati menang di dua pertemuan mereka.

Sayangnya catatan head to head tersebut harus ternodai setelah Praveen/Melati kalah dalam dua set langsung dengan skor 21 – 15, 21 – 18. Harapan terakhir wakil Indonesia untuk menemani Kevin/Marcus di babak semifinal tinggal Jonatan Christie.

Jonatan dipertemukan dengan wakil Denmark, Anders Antonsen. Catatan head to head menunjukkan kemampuan keduanya tidak berbeda jauh dengan keunggulan 2 – 1 untuk Jonatan. Begitupun dengan peringkatnya yang tidak berbeda jauh.

Sayangnya kali ini menjadi milik Anders Antonsen. Wakil Denmark ini mengalahkan Jonatan dalam 46 menit dengan skor 21 – 16, 21 – 11.

Dengan demikian hanya pasangan Kevin/Marcus yang melaju ke babak semifinal esok, Sabtu 09 November 2019. Kevin/Marcus akan melawan pasangan muda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Pasangan India ini sukses melenggang ke semifinal setelah membungkam satu – satunya ganda putra wakil Tiongkok di babak perempat final, Li Jun Hui/Liu Yuchen.