4 Peraturan Servis Badminton Ganda Putra yang Wajib Diketahui

Dalam permainan badminton, servis adalah pukulan yang dilakukan ke dalam area lawan sebagai penanda dimulainya permainan. Pada setiap nomor badminton, aturan servis berbeda-beda. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas peraturan servis badminton ganda putra:

1. Posisi servis

Pada ganda putra, posisi servis harus berseberangan dengan area yang dituju. Servis harus dilakukan dari sisi kanan atau sisi kiri lapangan. Untuk awal set pertama, posisi servis adalah di kanan lapangan. Sedangkan untuk set selanjutnya, posisi servis ditentukan berdasarkan poin yang didapatkan.

Jika poin yang didapatkan pada set sebelumnya berjumlah genap, maka servis dilakukan dari sisi kanan lapangan. Sedangkan jika poin sebelumnya berjumlah ganjil, maka servis dilakukan dari sisi kiri lapangan.

2. Giliran servis

Pada awal permainan, giliran servis dilakukan dengan mengambil undian. Pemenang undianlah yang berhak melakukan servis pertama kali. Namun pada set berikutnya, pemain yang melakukan servis berasal dari tim yang memenangkan set sebelumnya.

3. Cara servis

Servis hanya boleh dilakukan jika semua pemain telah dalam kondisi siap. Servis juga hanya dapat dilakukan jika pemain yang melakukan servis dan penerima servis berada di sisi lapangan yang berseberangan. Pemain yang melakukan servis juga tidak boleh berada di atas garis ketika melakukan servis. Pemain yang melakukan servis harus tetap dalam kondisi menjalankan servis dan hanya dapat bergerak jika raket lawan telah menyentuk bola kok.

4. Pelanggaran servis

Selain aturan, ada pula pelanggaran dalam servis yang wajib diketahui. Berikut ini adalah beberapa pelanggaran dalam servis:

  1. Pemain bergerak sebelum raket lawan menyentuh bola kok
  2. Bola kok jatuh di luar bidang atau area lawan
  3. Bola kok terpukul, namun jatuh di daerah sendiri
  4. Bola kok menyangkut di net
  5. Bola kok terkena pukulan teman satu tim sendiri sebelum menyeberang ke daerah lawan
  6. Baik pemain yang melakukan maupun menerima servis menginjak garis ketika melakukan atau menerima servis
  7. Raket menyentuh net ketika memukul bola kok
  8. Posisi kok lebih tinggi dari pinggang pemain ketika melakukan servis
  9. Pemain yang melakukan servis mengulur waktu terlalu lama
  10. Bola kok dipukul balik oleh teman satu tim

Itulah beberapa aturan servis dalam badminton yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahui aturan tersebut, tentu permainan pun akan lebih mudah dimainkan.