Fuzhou China Open 2019 : Satwik/Chirag, Ganda Putra India Kembali Dipertemukan Dengan Kevin/Marcus

Fuzhou China Open 2019 : Satwik/Chirag, Ganda Putra India Kembali Dipertemukan Dengan Kevin/Marcus

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, ganda putra India, kembali dipertemukan dengan andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di semifinal Fuzhou China Open 2019 hari ini, Sabtu 09 November 2019.

Satwik/Chirag mengakui bahwa keduanya, sama halnya dengan pasangan ganda putra lainnya saat dipertemukan dengan Kevin/Marcus, mengantisipasi pergerakan Kevin. Pergerakan Minions, julukan Kevin/Marcus di depan net yang seringkali menyusahkan keduanya.

“Kami harus tampil lebih sabar dan tidak terbawa oleh kelakar Kevin di lapangan.” Ujar Shetty seperti dikutip dari bwfbadminton.com.

“Saat Kevin mendapatkan bola kami seketika merasa tertekan, tapi kami pun mampu melakukannya saat ini. Kevin akan menghasilkan dua – tiga poin ketika bola ditangannya, namun dia pun akan membuang tiga poin percuma setelahnya. Jadi kami tidak perlu khawatir mengenai hal itu. Jika kami mampu mengendalikan emosi tersebut, maka kami mampu mengalahkannya.”

Antisipasi Kevin pada bola dan intersepsi flamboyannya seringkali membuat lawan kurang percaya diri. Shetty yang kebagian tugas mengawal Kevin di depan net berjuang ekstra keras untuk menyakinkan dirinya sendiri.

“Kepercayaan dirinya (Kevin Sanjaya) jelas mempengaruhi lawan-lawannya. Terkadang jiak saya tampil menekan, jarang pasangan lawan yang mampu mengembalikan bola yang saya arahkan ke mereka. Namun Kevin hanya dengan mengayunkan raketnya dan bola itu kembali ke lapangan kami.”

“Ketika Ia mendapatkan poin kami seketika berpikir jika Ia akan kembali mendapatkan poin lagi. Dia mungkin melakukan kesalahan, namun kami sering merasa ragu.”

Keduanya telah beberapa kali bertemu dan berakhir dengan kemenangan di pihak Minions. Namun beberapa pertemuan terakhir Satwik/Shetty memberikan perlawanan yang ketat. Skor keduanya sempat kejar-kejaran seperti 27-25 atau 26-24. Bahkan di final French Open lalu, Satwik/Shetty sempat unggul di poin 17 sebelum akhirnya kalah.

Pasangan India ini sebelumnya menggagalkan kesempatan pasangan tuan rumah, Li Jun Hui/Liu Yu Chen untuk melaju ke semifinal. Wakil tuan rumah dikalahkan hanya dengan dua set dan berakhir dengan skor 21 – 19, 21 – 15.

“Mereka (Li/Liu) memang tinggi dan kami pun juga seperti itu. Jadi kami paham pola bermain dengan pasangan yang tinggi. Kami nyaman saat bertanding melawan mereka. Kami lebih percaya diri dan bermain dengan sepenuhnya. Pertahanan kami cukup baik, sebelumnya kami biasanya selalu panik.”

Namun kali ini, Satwik/Shetty lagi – lagi harus mengubur mimpinya untuk balas dendam ke Kevin/Marcus.

Satwik/Shetty kembali kalah untuk kedelapan kalinya dari Minions setelah kalah dua set langsung dengan skor 21 – 16, 22 – 20 dalam waktu 40 menit. Satwik/Shetty tampil cukup mengesankan. Keduanya terlihat percaya diri. Beberapa kali bahkan merepotkan Kevin/Marcus.

Apalagi Kevin dan Marcus sempat melakukan kesalahan sendiri yang akhirnya membuang poin percuma. Namun Kevin/Marcus tampaknya masih menjadi lawan yang tangguh untuk pasangan menjanjikan asal India ini.