9 Cara Memilih Bet Tenis Meja yang Baik

Tenis meja alias permainan ping pong adalah sebuah jenis olahraga juga yang cukup menarik dan menyenangkan. Selain tenis lapangan, ada pula tenis meja yang bisa dimainkan baik untuk kesehatan atau mengisi waktu luang. Jika Anda salah satu penggemar baru akan tenis meja, pasti cukup bingung dalam memilih bet yang tepat, itulah mengapa cara memilih bet tenis meja yang benar bisa disimak sebagai berikut.

Baca juga:

  1. Memilih Berdasarkan Grip yang Cocok

Sama halnya dengan cara memilih raket tenis lapangan, memilih bet tenis meja harus sesuai dengan kenyamanan masing-masing pemainnya. Jika Anda mengenali cara bermain Anda sendiri, maka akan lebih mudah dalam memilih bet yang paling sesuai karena tipe bet yang berbeda juga turut memengaruhi cara bermain.

Ada 2 jenis pegangan pada bet tenis meja, yakni yang disebut dengan penhold grip dan juga shakehand grip. Yang paling umum adalah shakehand grip di mana cara memegangnya adalah sama seperti ketika Anda menjabat tangan orang lain. Namun untuk mendapatkan kontrol lebih penuh, penhold grip-lah yang biasa digunakan.

Supaya bisa memilih yang tepat, Anda perlu mencoba melakukan serving dan returning bola beberapa kali sebelum Anda memastikan bahwa pegangan itu cocok bagi Anda. Masing-masing tentunya punya kelebihan dan kekurangan, seperti shakehand grip yang akan memberikan kekuatan dan tekanan lebih ketika mengembalikan bola, sementara penhold grip akan membantu pukulan yang cepat secara natural.

  1. Memilih Bukan Berdasarkan Mahal Tidaknya Bet

Ada beberapa orang yang salah mengerti di mana bet yang harganya mahal dianggap sudah pasti baik dan berkualitas sebelum benar-benar mencoba dan melakukan research lebih jauh. Ingat bahwa tak selalu yang mahal itu lebih/paling baik. Harga bersahabat namun nyaman digunakan juga sah-sah saja karena yang paling penting adalah faktor kecocokan dan kenyamanan pemain; mahal belum tentu nyaman. Pastikan juga bahwa ketika memilih bet bukan karena harga, melainkan yang sesuai dengan karakter pemain.

  1. Menilai Berat Bet

Sebelum memutuskan untuk membeli bet, Anda perlu juga menilai berat dari bet yang hendak dipilih. Bet yang nyaman digunakan tentu yang beratnya seimbang dan biasanya yang bakal dipilih adalah bet yang beratnya agak ke depan sedikit. Jangan lupa juga bahwa grip-nya pun berpengaruh cukup banyak terhadap keseimbangan, kalau bagian pegangan cukup besar, maka bet yang lebih berat ke depan akan lebih mudah ditoleransi.

(Baca juga: peraturan permainan sepak bola – teknik dasar tenis lapangan)

  1. Memilih Produk Bet Siap Pakai

Untuk kenyamanan serta untuk kualitas yang lebih baik, Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli bet komersiap yang siap pakai. Paket bet ping pong bisa Anda coba cari di toko alat olahraga. Biasanya yang model seperti ini adalah bet yang dibuat dengan pendekatan cookie cutter di mana dimensinya sama.

Bet komersial tak selalu mahal dan terkadang dijual sepaket isi 2 atau sepasang, bahkan ada pula yang sepaket dengan bolanya sekalian. Apapun yang dipilih, kembali ke selera dan pertimbangan Anda karena sebetulnya teknik adalah yang paling vital dalam tenis meja dan bukan tentang alatnya.

  1. Memilih yang Plastik atau Kayu

Dalam memilih bet tenis meja, penting juga untuk memilih bet yang terbuat dari plastik atau justru yang dari kayu. Sebagai pemula, tak masalah bila Anda ingin mencoba membeli yang murah. Keduanya, yakni plastik dan kayu, adalah bahan yang cocok dalam mendukung latihan para petenis meja pemula.

Tak harus mahal karena sebuah bet yang biasa dan terjangkau malah rata-rata mampu membantu Anda untuk lebih tepat dalam memukul. Ini karena Anda secara tak langsung dipaksa untuk memastikan pemukulan bola secara langsung ketika melakukan serving maupun return dalam permainan.

  1. Memilih Bet Karet untuk Peningkat Kontrol

Anda juga bisa memilih bet karet supaya kontrol dalam permainan bisa lebih ditingkatkan. Sebelum membeli, pastikan yang Anda pilih adalah bet dengan karet yang tertempel setidaknya di satu sisi permukaan bet. Dalam proses menggenggam, biasanya akan lebih nyaman dengan bet karet ini, khususnya permainan menggunakan banyak putaran.

(Baca juga: teknik lempar cakram – formasi sepak bola)

  1. Mempertimbangkan Tebal Tipis Karet pada Permukaan Bet

Setiap pemain tenis meja pastinya punya selera yang berbeda dalam hal ini, maka Anda pun perlu memutuskan sendiri apakah permainan Anda dapat berjalan dengan baik menggunakan bet dengan permukaan karet yang tipis atau tebal. Tebal tipisnya akan memengaruhi perubahan kecepatan ketika mengembalikan bola.

  1. Memilih Karet pada 1 atau 2 Permukaan Bet

Jika memang ingin memilih bet dengan lapisan karet pada permukaannya, pertimbangkan apakah Anda ingin karet hanya di satu sisi permukaan saja atau pada kedua sisi. Berat sebuah bet akan tergantung juga dari adanya karet ini, namun akan ada kontrol lebih baik ketika bergantian memegang bet secara bergantian dari forehand ke backhand.

  1. Bereksperimen dengan Bet yang Berbeda Berat dan Ukuran

Sebelum membeli, saat memilih bet juga penting untuk mencoba dan bereksperimen dengan bet yang ukuran dan beratnya berbeda-beda. Karena bet tenis meja tersedia dalam berbagai ukuran, model dan bentuk, maka Anda perlu memastikan benar mana yang paling cocok dengan karakter dan gaya permainan Anda.

Baca juga:

Itulah sejumlah cara memilih bet tenis meja yang kiranya bisa membantu Anda mendapatkan yang paling sesuai. Ada pula sebagian orang yang mencoba bet dengan menaruhnya di meja dan kemudian menjatuhkan bola di permukaan bet tersebut. Jika bola dapat memantul dan melambung tinggi, maka bet dianggap dapat memukul kuat; cara ini bisa dicoba, tapi tak begitu menjamin.