Sponsors Link

4 Cara Bermain Tenis Meja Untuk Pemula yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Tenis meja merupakan olahraga atau permainan yang membutuhkan kecermatan dan kejelian. Tidak hanya itu, kelincahan tangan dan kaki juga dibutuhkan. Di samping itu, strategi yang baik untuk dapat mengecoh dan mengalahkan lawan juga tak kalah pentingnya. Dalam bermain tenis meja, tentu membutuhkan teknik-teknik tertentu, apalagi jika Anda merupakan seorang pemula.

ads

Cara bermain tenis meja ganda maupun perorangan tidak semudah kelihatannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti teknik atau cara bermain dan juga peraturan tenis meja. Kebanyakan orang awam atau pemula ketika pertama kali bermain akan mengalami kesulitan untuk mengikuti teknik dan peraturan-peraturannya. Berikut ini adalah beberapa cara bermain tenis meja yang bisa jadi acuan bagi para pemula.

  1. Cara Memegang Bet

Cara bermain tenis meja bagi pemula yaitu memegang bet. Bet adalah salah satu perlengkapan tenis meja berupa papan pemukul yang sebagian besar terbuat dari kayu. Ketika memegang bet, setidaknya terdapat tiga cara umum, yaitu:

  • Shakehand Grip. Sesuai dengan namanya, cara memegang bet dengan shakehand grip yaitu seperti berjabat tangan. Cara ini paling sering digunakan oleh banyak atlet tenis meja dunia karena dianggap lebih efektif dan memberikan peluang untuk menghasilkan pukulan dan servis yang baik.
  • Penhold Grip. Teknik memegang bet dengan penhol grip yaitu seperti memegang pena atau alat tulis. Caranya adalah memegang pada satu permukaan bet atau tangkai bet saja. Memegang bet dengan cara ini juga dianggap efektif untuk melakukan pukulan Meskipun demikian, cara ini tidak begitu efektif untuk melakukan pukulan backhand. Pada umumnya, atlet menggunakan teknik ini ketika melakukan pertahanan saja. Kelebihan dari teknik penhold grip yaitu efektif untuk melakukan pukulan backhand dengan cepat dan juga pukulan forehand.
  • Seemiller Grip. Teknik memegang bet yang terakhir yaitu seemiller grip atau yang biasa disebut juga American grip. Teknik ini merupakan versi lain dari shakehand grip dilihat dari caranya yang mirip. Perbedaan dari kedua cara ini adalah cara memutar bet dan sudut yang dihasilkan. Kelebihan dari teknik ini yaitu mempermudah atlet untuk melakukan blok. Sedangkan kelemahannya adalah sulit melakukan pukulan backhand dari jarak yang jauh dari meja dan juga melakukan pukulan sudut.
  1. Cara Mengatur Kaki dan Posisi Tubuh

Cara bermain tenis meja bagi pemula yang kedua yaitu cara mengatur kaki dan sikap tubuh. Hal ini sangat penting mengingat banyak pemain pemula sering melakukan kesalahan. Mengatur kaki dan posisi tubuh merupakan salah dua hal yang penting untuk diperhatikan dalam tenis meja karena kaki akan terus bergerak mengikuti pergerakan pukulan. Oleh karena itu, kaki harus bergerak dengan gesit dan leluasa.

Ketika melakukan servis dan pukulan, posisi kaki dan badan harus benar. Posisikan tubuh menghadap ke pihak lawan dengan posisi kaki dari sisi kiri atau kanan. Semuanya disesuaikan dengan posisi pihak lawan. Metode pergerakan kaki yang biasanya sering digunakan adalah two-step, yaitu yang biasanya digunakan untuk melakukan pukulan menyerang. Berikut adalah cara melakukannya.

  • Pertama-tama, tekukkan sedikit lutut dengan berat bada bertumpu sepenenuhnya pada kedua kaki.
  • Ketika ingin melakukan gerakan ke arah kiri, maka gerakan kaki ke arah kiri dengan cara digeser pelan. Sementara itu, kaki kanan juga mengikuti gerakan kaki kiri.
  • Saat hendak melakukan pukulan forehand, kaki kanan ditarik sedikit ke belakang seperti kembali ke posisi awal.
  • Ketika selesai melakukan pukulan ke pihak lawan, tetap perhatikan dengan jeli arah bola baru kemudian kembali lagi ke posisi tubuh semula. Jika ingin melakukan pergerakan ke arah kiri, maka gunakan kaki kanan untuk mendorong.
    Sponsors Link

  1. Cara Melakukan Pukulan

Setidaknya terdapat beberapa teknik pukulan tenis meja yang umumnya digunakan oleh atlet tenis meja, yaitu sebagai berikut:

  1. Push – merupakan teknik melakukan pukulan dengan cara seperti mendorong dengan posisi bet terbuka. Teknik ini umumnya digunakan ketika ingin mengembalikan pukulan chop dan push itu sendiri dari pihak lawan. Pada dasarnya, teknik pukulan ini dibagi menjadi dua, yaitu forehand push dan backhand push.
  2. Drive – adalah teknik melakukan pukulan dengan menggerakan bet dari arah bawah menyerong ke atas dengan posisi bet tertutup. Pada umumnya, teknik ini digunakan untuk mengontrol dan melakukan pukulan serangan terhadap pihak lawan. Teknik drive ada dua macam, yaitu forehand drive dan backhand drive.
  3. Chop – Sesuai dengan namanya, teknik chop yaitu teknik memukul bola yang gerakannya mirip seperti menebang pohon. Umumnya, teknik chop digunakan untuk mengembalikan pukulan yang diberikan oleh pihak lawan. Sama seperti push dan drive, teknik pukulan chop juga terbagi menjadi dua, yaitu forehand chop dan backhand chop.
  4. Block/Blok – yaitu teknik memukul bola dengan posisi bet tertutup. Biasanya, teknik blok digunakan untuk mengembalikan bola top sprin dan bola drive dari pihak lawan.
  5. Service/Servis – adalah teknik memukul bola yang digunakan pada saat memulai memulai permainan. Cara melakukannya yaitu memantulkan bola pingpong sekali ke meja terlebih dahulu, selanjutnya bola pingpong harus melewati net kemudian memantul sekali di meja lawan main.
  6. Spin – merupakan teknik pukulan yang dilakukan untuk menghasilkan gerakan bola memutar. Caranya yaitu dengan agak memiringkan bet sedikit. Teknik ini biasanya dilakukan sebagai teknik balasan atau
  7. Lop – yaitu teknik memukul dengan cara melambungkan bola pingpong, lalu dipukul dengan keras dan kuat ke pihak lawan. Tujuannya agar bola tidak bisa dikembalikan lagi oleh pihak lawan.
  8. Smash – adalah teknik memukul bola dengan melakukan pukulan yang keras dan juga tajam. Teknik ini dilakukan agar lawan tidak mampu mengembalikan bola.
    Sponsors Link

  1. Cara Melakukan Servis

Cara bermain tenis meja bagi pemula yang terakhir yaitu cara melakukan servis. Servis adalah teknik yang dilakukan ketika pertama kali akan memulai pertandingan. Teknik servis yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  • Ketika melakukan servis, pertama-tama bola harus dilambungkan dulu ke atas dengan tinggi kurang lebih 16cm dari permukaan meja.
  • Setelah bola dilambungkan, bola harus jatuh sekali di area meja sendiri, kemudian dipukul melewati net ke arah meja lawan.
  • Ketika melakukan servis, harus dimulai dari belakang garis batas meja.
  • Ketika melambungkan bola ke atas, tangan yang bebas tidak boleh menyentuh net dan bola.

Itulah tadi 4 cara bermain atau teknik dasar tenis meja bagi pemula, mulai dari tahapan memukul bola hingga melakukan servis. Jika Anda merasa tertarik, Anda bisa mulai berlatih melakukan cara-cara ini ketika bermain. Perlu diingat bahwa teknik-teknik tersebut tidak bisa dikuasai hanya dalam semalam atau beberapa kali latihan saja. Perlu banyak latihan untuk bisa menguasai semua teknik tersebut. Namun jika rajin dan rutin berlatih, bukan tidak mungkin Anda akan menguasai semua tekniknya dengan cepat.

Sponsors Link
Post Date: Friday 31st, August 2018 / 09:20 Oleh :
Kategori : Tenis Meja