Sponsors Link

Peraturan Senam Lantai Singkat yang Wajib Dipahami

Sponsors Link

Ada banyak macam senam yang di kembangkan dan di lakukan di sekitar kikta seperti senam, skj, senam lansia, senam ibul hamil, dll. Nah akan tetapi ada juga senam yang tidak sembarangan orang dapat melakukanya karna ada gerakan – gerakan yang termasuk ekstrim dalam jenis senam artistic / lantai. Senam artisitik dapa di bagi menjadi 2 kategori , yaitu senam artisik yang menggunakan alat seperti meja, palang bertingkat, dan palang tunggal ada juga senam artistic yang tanpa menggunakan alat apapun biasnaya di sebut dengan senam lantai.

ads

Sederhananya senam lantai merupakan salah satu jenis dari senam artistic yang menggunaakan perpaduan berbagai ketrampilan pada tubuh dan lebih menonjolkan keindahan gerak tubuh, kerumitan gerak tubuh, kekuatan, keluesam dang juga kelenturan gerak yang di tunjukan dalam lapangan atau perlombaan senam lantai. Perlombaan senam lantai malah hampir mirip dengan pertunjukan oleh sebab itu senam lantai sering di sebut juga sebagai senam artisitik karna menampilkan keindahan gerakan tubuh yang di hitung setiap poin nya oleh juri yang menilai perlombaan, maka dari itu gerakan dari senam lantai tidak terbtas tergantung dari krativitas si pemain.

Kenapa bisa di sebut senam lantai ?

Bisa di sebut senam lantai karna pada saat melakukanya, semua atlet hanya menggunakan lantai untuk media gerakanya tanpa menggunakan alat bantuan apapun akan tetapi tentunya menggunakan matras yang bertujuan untuk pengaman. Istilah senam lantai hadir di karenakan aktivitas dalam olahraga senam lantai memerlukan ketrampilan dasar olah tubuh yang di lakukan di atas permukaan lantai.

Senam lantai merupakan olahraga yang sudah ada sejak zaman dahulu, maka dari itu sulit untuk di caru siapa sebenarnya penemu senam lantai itu. Akan tetapi ada bberapa tokoh penting dalam senam lanyai yang menyumbangkan pemikiran dan metodologi senam lantai seperti Archange Tuccaru pada tahun(1536-1616) merupakan salah satu pemain acrobat dari italia.

Archange Tuccaro juga telah menulis buku setebal 400 halaan yang berjudulkan “Arial Jumps” yang merupakan buku tentang tata cara suatu akrobatik yang dapat di praktekan untuk kepentingan dan juga di adobsi oleh banyak orang untuk mengolah gerakan tubuhnya. Sementara itu senam lantai yang berkembang pada era modrn saat ini menggunakan gerakan akrobatik sebagai gerakan mayor.

Jika anda menyukai perlombaan atau malah menjalani olahraga senam lantai anda tentunya juga harus mengetahui aturan – aturan yang ada dalam senam lantia. Seperti hal nya para atlet olahraga lain seperti sepak bola dan voli yang juga harus mengerti peraturan permainan bola voli dan teknik dasar permainan sepak bola. Yuk simak macam – macam peraturan yang ada pada senam lantai menurut kompetisinya berikut ini :

Macam – macam peraturan pada senam lantai menurut tingkat kompetisinya :

Peraturan senam lantai pada ( kompetisi I ) :

  • Berkelompok / beregu
  • Setia regu harus beranggotakan 6 orang baik putra atuapun putri
  • Terdiri dari rangkaian wajib dan juga rangkaian pilihan. Untuk putra ada enam alat sedangkan untuk putri ada empat alat.
  • Juara beregu merupakan regu dengan jumlah nilai yang terbanyak.
  • Nilai maksimum untuk putra adalah 12 nomor pertandingan X 50 = 400 ( wajib dan juga pilihan) 4 nomor pertandingan X 50 = 200 ( untuk pilihan ).
  • Nilai maksimum untuk puteri adalah 8 nomor pertandingan x 50 = 400 (wajib dan juga pilihan) 4 nomor
    pertandingan x 50 = 200 (untuk pilihan)
Sponsors Link

Peraturan senam lantai pada kejuaraan serba bisa ( kompetisi II ) :

  • Peserta atau finalis diambil 36 pesenam terbaik dari hasil kompetisi satu 1
  • Pesenam di batasi hanya dapat 3 pesenam dari 3 negara / daerah
  • Hanya melakukan rangkaian pilihan ( untuk putera 6 alat, sedangkan puteri 4 alat )
  • Juara pada kompetisi 1 wajib dan pilihan , di tambah dengan nilai kompetisi 2 pada semua alat
  • Nilai maksimum putra = 120 sedangkan untuk putri = 80

Peraturan senam lantai, kejuaraan perorangan per alat ( Kompetisi III ) :

  • Finalis di ambil 8 pesenam dari hasil terbaik pada kompetisi 1 pada alat yang di gunakan.
  • Pesenam dibatasi, hanya 2 pesenam yang dapt ikut dari tiap Negara / daerah dan hanya 3 alat yang boleh di ikuti.
  • Putera 6 alat sedangkan putri 4 alat
  • Juara perorangan per alat merupakan pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari kompetisi 1 di tambah dengan kompetisi 3

Ukuran alat yang di perbolehkan pada perlombaan senam lantai :

Ukuran alat senam lantai untuk putera :

  • Floor exercise ( lantai ) dengan ukuran 12 x 12m
  • Pommel horse ( kuda – kuda pelana ) dengan ukuran panjang 1,60m tinggi 1,10m
  • Rings ( gelang – gelang ) dengan ukurang tinggi 2,55m dan jarak 0,50m
  • Horse vault ( kuda – kuda lompat ) dengan ukuran panjang 1,60m dan tinggi 1,35m
  • Parllelber ( palang sejajar ) dengan ukuran panjang 3,50m jarak 0,48 – 0,52m dan tinggi 1,75m
  • Horizontal bar ( palang tunggal ) dengan ukuran panjang 2,40 dan tinggi 2,55m

Ukuran alat senam lantai untuk puteri :

  • Horse vault ( kuda – kuda lompat ) dengan ukuran panjang 1,60m tinggi 1,20m
  • Uneven bars ( palang bertingkat ) dengan ukuran panjang 2,40m, tinggi palang bawah 1,50 dan tinggi palang bagian atas 2,30m
  • Balance beam ( balok keseimbangan ) dengan ukuran panjang 5,00m dan tinggi 1,20m
  • Floor exercise ( lantai ) dengan ukuran 12 x 12m
Sponsors Link

Tentunya sebelum mengikuti perlombaan senam lantai pada umumnya anda harus menguasai teknik dasar senam lantai seperti layaknya ketika seseorang ingin mengikuti perlombaan sepak bola maka ia juga harus menguasai  teknik dasar dalam permainan sepak bola. Setelah menguasai teknik dasar anda harus terus berlatih dan mengasah kemampuan anda sesekali anda dapat mengikuti perlombaan, tidak perlu yang besar karna hanya bertujuan untuk mengukur kemampuan anda. Ketika kemampuan anda di rasa masih kurang anda menjalani latihan lagi anda juga dapat menggunakan pelatih agar saat latihan anda tidak terkena salah satu dari  macam-macam cidera olahraga.

Tentunya baik dalam latihan ataupun perlombaan anda juga harus menggunakan perlengkapan yang khusus untuk senam lantai yang bertujuan untuk keaman dan keamanan, setiap atlet yang menjalani latihan dan perlombaan pasti menggunakan perlengkapan yang lengkap untuk keamanan, ketika dia atlet voli berartiia harus memenuhi  perlengkapan bola voli dalam menjalani lathianya atau perlombaanya. Jangan menyepelekan perlengkapan karna jika anda tidak menggunakanya anda malah dapat terkena cidera dari yang ringan hingga cidera serius, yang nanti pada akhirnya malah menghambat sesi latihan anda.

Sedikit tips, pada latihan senam lantai anda dapat menyelangi latihan anda dengan angkat berat / bebat. Karena banyak gerakan senam lantai yang menggunakan kekuatan otot tangan. Maka dari itu anda harus mempunyai tangan dan otot tangan yang kuat sehingga dapat melakukan semua gerakan senam lantai dengan sempurna

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Friday 31st, August 2018 / 09:27 Oleh :
Kategori : Senam