8 Teknik Pukulan Tenis Meja beserta Gambar

Tenis meja merupakan sebuah olahraga di mana ada dua buah tim berlawanan yang bermain melawan satu sama lain. Cetakan poin untuk tenis meja selalu ditentukan oleh pukulan dari pemainnya dan dalam memukul, tentu juga tak dapat secara sembarangan karena ada tekniknya tersendiri. Para pemain tenis meja, terutama yang masih pemula sebaiknya mempelajari betul setiap teknik pukulan tenis meja.

Baca juga:

Service

Pukulan ServiceTeknik pukulan dasar yang perlu para pemain kuasai adalah service di mana gerakan ini adalah gerakan memukul bola (pemberian bola pertama) ke permainan. Caranya adalah dengan memantulkan bola ke meja service lebih dulu yang kemudian pemain memukulnya dengan bet dan bola pun harus melalui atas net sampai akhirnya terjadi pantulan pada area meja lawan. Berikut ini merupakan sejumlah teknik pukulan service yang bisa diketahui dan dipelajari:

  1. Backhand Backspin – Pemain bisa mengambil posisi di tengah meja sambil berdiri bersikap siap dan tangan kanan dapat digunakan sebagai pemegang bet lalu mendekatkannya ke arah pinggang sisi kiri. Ketika telapak tangan kiri memegang bola, bola bisa dilambungkan 16 cm tingginya sebelum akhirnya dipukul dengan bet.
  2. Forehand Topspin – Pemain bisa mengambil posisi berdiri dengan sikap siap pada bagian kanan meja dan tubuh mengarah pada sisi kiri meja lawan. Pakai tangan kanan sebagai pemegang bet dan siku ditekuk hingga 90 derajat. Tangan kiri bisa memegang bola dan kemudian bola dilambungkan 16 cm tingginya sebelum dipukul dengan bet.
  3. Backhand Topspin – Pemain harus ambil posisi di tengah meja sambil berdiri dan bersikap siap. Tangan kanan memegang bet dan tangan kiri memegang bola. Lambungkan bola 16 cm tingginya sebelum dipukul dengan bet.

Push

Pukulan PushPada teknik dasar tenis meja, ada pukulan dasar yang wajib untuk dikuasai setiap pemainnya yang kita kenal dengan istilah push. Push ini adalah gerakan mendorong di mana sikap bet yang dipegang dalam kondisi terbuka. Tujuan pukulan push adalah untuk mengembalikan pukulan push dan chop yang dilakukan lawan.

Perlu diketahui bahwa teknik pukulan bernama push ini adalah hasil perkembangan dari pukulan block dengan sejumlah kelebihan yang lebih banyak daripada teknik pukulan lain. Dan ada 2 jenis pukulan push yang sangat perlu menjadi perhatian para pemain untuk dikuasai dengan baik.

  1. Backhand Push – Jenis pukulan ini adalah pukulan dengan memakai pukulan backhand dan pemain juga perlu selalu memastikan supaya gerakan memukul dan kontak dengan bola dilakukan sekuat tenaga. Bola backhand yang dihasilkan pun nantinya bakal maksimal, namun pemain perlu memastikan bahwa bola ada bagian kiri dekat dengan tubuh bagian depan.
  2. Forehand Push – Pada jenis pukulan ini, pastikan untuk membuat posisi bet agak terbuka. Selanjutnya, bet digerakkan ke arah depan agak ke bawah dan upayakan supaya bola menyentuh bagian tengah bet supaya hasil pukulan dapat lebih sempurna.

(Baca juga: teknik dasar parkourteknik senam irama teknik angkat besi)

Chop

Pukulan ChopTeknik pukulan satu ini dilakukan dengan memukul seperti seseorang yang tengah menebang pohon menggunakan kapak, maka dari itu dinamakan chop. Chop merupakan jenis pukulan yang biasanya dipakai untuk mengembalikan pukulan bola yang beragam dari lawan dan pukulan bola yang sulit untuk menangkisnya. Seperti pada teknik push, chop pun memiliki dua jenis pukulan yang sebaiknya dikuasai dengan benar oleh setiap pemain tenis meja.

  1. Backhand Chop – Teknik backhand chop merupakan sebuah jenis pukulan di mana posisi awal adalah seperti backhand. Hanya saja, pemain harus memosisikan bet pada bagian depan lebih condong ke atas. Tak hanya itu, pemain juga perlu memastikan bahwa kontak bola pada sisi net bawah area depan sudah sama seperti bagian bawah bola. Perkenaan bola juga sebaiknya ada di sisi kiri memiliki posisi sedikit berada di depan tubuh pemain.
  2. Forehand Chop – Teknik pukulan forehand chop merupakan sebuah jenis pukulan yang tentunya sama dengan ketika kita melakukan pukulan forehand. Hanya saja, posisi bet harus pemain buat agak terbuka dan gerakan bet bisa diarahkan ke depan namun agak condong ke bawah. Bagian kanan depan tubuhlah yang shearusnya memiliki kontak dengan bola dan perkenaan bola bisa berada pada bagian sisi bet depan agak bawah dan sisi bawah bola sebagai perkenaan bola.

Drive

Pukulan DriveTeknik pukulan lainnya yang perlu dan wajib untuk para pemain tenis meja kuasai adalah drive. Pukulan drive biasanya menghasilan pukulan cepat, keras dan datar. Dalam melakukan pukulan ini, bet bisa digerakkan dari bawah menyerong ke atas namun pastikan sikap bet dalam kondisi tertutup. Hanya saja, ada perubahan posisi bet yang kerap terjadi saat melakukan pukulan jenis ini sebagai efek dari pergerakan pergelangan tangan.

Karena hal tersebut, biasanya pemain juga kemudian akan kesulitan ketika kontak dengan bola. Pukulan drive merupakan teknik yang berkelebihan banyak, seperti misalnya terbangnya bola (tinggi rendahnya) bisa dikuasai, lajur bola (cepat lambatnya) bisa dikendalikan, tenaga bola tak terlalu kencang sehingga pemain mampu mengendalikan dengan gampang, serta posisi bola di tiap titik juga gampang dikontrol.

Ada dua jenis pukulan drive yang sangat wajib untuk dilatih dan dikuasai oleh para pemain seperti chop dan juga push, yaitu:

  1. Backhand Drive – Dalam melakukan pukulan ini, pemain harus membentuk sudut sekitar 90 derajat di mana kemudian pergerakaan bet disusul dengan tubuh memutar. Upayakan kontak dengan bola terus terjaga bahkan saat bet telah ada di depan; posisi tubuh bisa dicondongkan sedikit ke arah kiri.
  2. Forehand Drive – Dalam teknik pukulan ini, fokus gerakan bet adalah ke arah depan yang diikuti dengan tubuh yang memutar 30 derajat. Kesalahan kerap terjadi sewaktu perubahan posisi bet yang terjadi sebagai efek dari pergelangan tangan yang bergerak sehingga agak sulit berkonsentrasi pada bola. Untuk mencegah kesalahan, kuatkan bagian pergelangan tangan pada sikap awal supaya bet posisinya tak gampang mengalami perubahan.

(Baca juga: perbedaan sepakbola dan futsal teknik menunggang kudateknik capoeira)

Block

Pukulan BlockTeknik pukulan satu ini adalah gerakan untuk menghentikan bola di mana sikap bet pada kondisi tertutup. Penggunaan blok juga biasa dipakai sebagai proses pengembalian bola drive atau bola topspin. Seperti pukulan lainnya, blok juga memiliki dua teknik atau cara, yaitu:

  1. Backhand Block – Dalam melakukan pukulan ini, posisi bet harus ada pada sisi kiri tubuh yang kemudian digerakkan ke depan. Apabila hendak melakukan blocking, posisi bet bisa dalam kondisi tertutup dengan sisi depan mengarah ke bawah.
  2. Forehand Block – Dalam melakukan pukulan ini, gerakan bet mengarah ke depan dengan kondisi bet tertutup harus bagian depan mengarah ke bawah. Pastikan bahwa bola bisa mengenai bet bagian tengah.

Smash

Pukulan SmashSemua orang pasti pernah mendengar istilah ini yang biasanya memang lebih dikenal pada teknik dasar permainan bulu tangkis. Namun sebenarnya, dalam permainan tenis meja pun kita juga mengenal pukulan smash.

Teknik ini adalah gerakan memukul secara tajam dan keras ke arah lawan dan pada umumnya dilakukan dengan tujuan mengeksekusi bola yang dikembalikan secara tinggi atau bola lambung entah di belakang atau atas meja. Dengan pukulan ini jugalah para pemainnya mampu menghasilkan poin yang berujung pada kemenangan.

(Baca juga: teknik gulatteknik aikidoteknik lompat tinggi)

Lob

Pukulan LobTeknik pukulan satu ini lebih kepada memukul bola lambung ke daerah lawan supaya meningkatkan kesulitan pada lawan untuk mengembalikan bola pada arah pertahanan. Teknik ini cukup ampuh dalam membuat lawan mati kutu, terutama jika lawan men-smash dan kita dapat mengembalikan secara sukses dengan teknik pukulan ini.

Pukulan ini juga dikenal sebagai pukulan bertahan penuh yang biasanya dipakai untuk menghadapi pukulan smash yang dilakukan oleh lawan. Lob yang benar dan baik adalah lob dengan ketinggian hingga 2-4 meter, lebih pun juga tak masalah.

Spin

Pukulan SpinTeknik pukulan yang ini berfokus pada gerakan pukulan backhand atau forehand dengan memiringkan bet banyak atau sedikit yang kalau mengenai bola bisa membuat perubahan arah bola. Menyerang dengan pukulan ini juga cukup ampuh selain menggunakan smash dan berikut ini merupakan tiga jenis spin yang bisa dipelajari.

  1. Sidespin – Gerakan pukulan ini adalah menyapu bola dalam gerakan menyamping dan pemain dapat mengombinasikannya dengan backspin atau topspin. Pantulan bola biasanya akan lebih cepat dan mampu melengkung ke kanan atau kiri bila pukulan ini dikombinasi dengan topspin. Bola bisa juga memantul dengan kombinasi antara sidespin dan backspin.
  2. Topspin – Pukulan ini gerakannya mampu menghasilkan putaran bola ke arah depan dengan sifat parabolik. Dalam melakukannya, pemain bisa memukul dari bawah belakang bola lalu bola ditepis dengan gerakan ke depan dan atas.
  3. Backspin – Pukulan ini adalah hasil dari memukul dari atas belakang bola serta menepus bola ke depan dan bawah. Pergerakan bola ketika dipukul secara backspin akan searah dengan larinya; putaran bola dapat ke atas dan hasil bola bisa jatuh melambat serta memutar balik.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi tentang teknik pukulan tenis meja yang bisa menjadi pengetahuan kita bersama. Bila ingin mempelajari tenis meja, teknik-teknik pukulan tersebut serta peraturan tenis meja adalah yang wajib dan mendasar untuk dikuasai.