22 Perbedaan Sepakbola dan Futsal Paling Lengkap

Banyak orang tahu tentang sepakbola maupun futsal, namun rata-rata belumlah begitu mengerti apa perbedaan keduanya. Keduanya memang sama-sama jenis olahraga yang mengandalkan dan menendang bola besar serta sama-sama populer. Bahkan futsal kini malah popularitasnya hampir sama dengan olahraga sepakbola sebab futsal ini kiranya jauh lebih fleksibel dijadikan olahraga pengisi waktu luang.

Orang-orang dengan hobi sepakbola biasanya akan tertarik bermain futsal dan futsal ini lebih sering dilakukan di akhir pekan. Bahkan dari yang awalnya hobi lalu bisa berubah ketertarikannya menjadi lebih ingin menekuni dunia futsal secara serius. Bila Anda salah satu dari sekian banyak orang yang ingin mencoba keduanya, ketahui lebih dulu perbedaan sepakbola dan futsal.

Baca juga:

  1. Jenis Lapangan

Pada umumnya, olahraga sepakbola diadakan atau dimainkan di tempat terbuka alias di luar ruangan di mana lapangannya berumput hijau. Rumput di lapangan sepakbola pun merupakan rumput asli dengan tanah di bagian bawahnya. Hanya saja, terkadang kita juga bisa menemui lapangan sepakbola dengan rumput sintetis alias buatan.

Namun khusus untuk lapangan sepakbola yang dipakai untuk pertandingan resmi, tidak pernah menggunakan rumput sintetis dan harus rumput asli. Sedangkan untuk lapangan futsal, jenis lapangannya berbeda dari sepakbola karena penggunaan vinyl/rumput sintetis di mana lapisannya berupa semen atau beton. Lapangan futsal sendiri ada yang di indoor ada pula yang outdoor.

  1. Jumlah Pemain

Kita semua tahu bahwa sepakbola memiliki jumlah pemain 11 orang dengan posisi pemain sepakbola yang juga sudah ditentukan dan telah termasuk kiper. Jumlah 11 orang pemain pada sepakbola belum termasuk pemain cadangan. Namun karena futsal terkesan memiliki kelompok kecil, maka perbedaan jumlah pemain jelas ada.

Pada futsal, biasanya hanya 5 orang saja yang bermain di lapangan dan ini sudah termasuk kiper tapi tidak menghitung pemain cadangannya. Pada umumnya, permainan futsal pun jauh lebih fleksibel dengan pemain-pemainnya dan seperti sepakbola, ada 2 tim yang bertanding melawan satu sama lain, hanya saja masing-masing tim sepak bola memiliki 11 orang dan futsal hanya 5 orang.

  1. Ukuran Lapangan

Untuk masalah ukuran lapangan pun antara lapangan sepakbola dan juga futsal memiliki perbedaan. Panjang lapangan sepak bola adalah antara 90-120 meter dengan lebar 45-90 meter. Sedangkan lapangan futsal lebih kecil dengn panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter.

(Baca juga: cara merawat sarung tangan kiper – tugas wasit sepak bola)

  1. Bola

Meski kelihatannya sama, namun sepakbola dan futsal memainkan bola yang berbeda. Berikut di bawah ini adalah keterangan perbedaan bola antara yang digunakan dalam sepakbola dan futsal:

  • Ukuran bola yang digunakan dalam sepak bola memiliki keliling 68-71 cm, sedangkan pada bola futsal ukuran kelilingnya adalah 62-64 cm.
  • Berat bola yang digunakan dalam sepak bola adalah 396-453 gram, sedangkan untuk bola yang ada pada futsal memiliki berat 400-440 gram.
  • Tekanan bola yang digunakan dalam sepak bola adalah 8-12 psi, sedangkan tekanan bola futsal adalah 0,4-0,6 atmosfir.
  • Pantulan bola yang digunakan dalam sepak bola adalah 60 cm apabila dijatuhkan dari tanah dengan ketinggian 1 meter, sedangkan untuk bola futsal pantulannya hanya sekitar 55-65 cm.
  1. Ukuran Gawang

Pada permainan sepak bola dan futsal, keduanya juga mempunyai ukuran gawang yang tak sama. Karena lapangan futsal lebih kecil ketimbang lapangan sepakbola, sudah bisa dipastikan juga kalau gawangnya pun lebih kecil, yakni dengan tinggi 2 meter dan lebar 3 meter. Sementara pada sepakbola, gawang berukuran tinggi 2,44 meter dan lebarnya 7,32 meter.

  1. Durasi Pertandingan

Pada permainan sepakbola dan futsal, ketika bertanding pun mempunyai waktu pertandingan berbeda. Pada sepakbola, waktunya adalah 90 menit atau 2 x 45 menit, sementara untuk futsal adalah 40 menit saja alias 2 x 20 menit.

  1. Tambahan Waktu pada Pertandingan

Pada kejuaraan, pertandingan sepakbola ada tambahan waktu 2 x 15 menit apabila skor dinyatakan seri, sementara untuk futsal biasanya memiliki tambahan waktu 10 menit saja alias 2 x 5 menit ketika hasil skor kedua tim sampai seri.

(Baca juga: formasi sepak bola – latihan fisik sepak bola)

  1. Waktu Istirahat dan Timeout

Setiap pertandingan sepakbola akan memberlakukan waktu istirahat 15 menit dan tentunya waktu 15 menit ini tak termasuk 90 menit pertandingan yang ada pada babak I dan II. Sementara untuk futsal, pemain hanya diberi waktu istirahat 10 menit. Istilah time out pun tak ada pada kamus sepakbola, namun pada permainan futsal, maksimal 1 kali time out per babak.

  1. Pergantian Pemain

Pada pertandingan sepakbola, harus meminta izin lebih dulu kepada wasit untuk melakukan pergantian pemain. Wasit kemudian akan menghentikan permainan sebentar saja di mana waktu ini akan digunakan pemain keluar dan masuk. Pemain di lapangan harus keluar lebih dulu dan disusul pemain pengganti masuk ke lapangan.

Pada futsal memang cukup berbeda karena pada dasarnya tak ada peraturan seperti demikian ketika hendak mengganti pemain. Inilah yang disebut dengan lebih fleksibel, karena pemain futsal bisa keluar dan masuk ke lapangan kapan saja tanpa perlu memperoleh izin lebih dulu dari wasit. Namun pada kiper futsal, wasit pertandingan harus tetap mengaturnya jika ingin diganti.

  1. Batasan Jumlah Pemain Pengganti

Pada sepakbola, penggantian pemain selalu ada jumlah maksimum, yakni dibatasi hingga 3 orang atau 3 kali mengganti pemain. Sementara untuk permainan futsal, penggantian pemain bisa terjadi kapan saja tanpa maksimum penggantian pemain sehingga memang kapanpun pemain merasa ingin digantikan bisa dilakukan segera.

  1. Jumlah Wasit

Pada permainan sepakbola, jumlah wasit yang ada di dalam lapangan adalah 1 orang dan biasanya ada lagi 2 orang wasit lainnya yang menjadi penjaga garis. Tapi pada futsal, hanya ada 2 orang wasit saja yang berperang sebagai pemimpin pertandingan dan mereka selalu ada di luar lapangan.

(Baca juga: teknik dasar permainan sepak bolateknik capoeira)

  1. Aturan Kontak Fisik

Kontak fisik antar pemain ketika bermain sepakbola masih diperbolehkan kalau hanya menyenggol atau juga melakukan sliding tackle saja. Namun ketika bermain futsal, kontak fisik sama sekali tak diperbolehkan selama pertandingan atau permainan berlangsung.

  1. Aturan setelah Bola Out

Bola yang out pada pertandingan atau permainan sepak bola aturannya harus dilempar kembali oleh seorang pemain ke dalam lapangan. Tata cara pelemparan bola ini juga ada sendiri menurut peraturan permainan sepakbola yang ada. Namun pada futsal, aturannya cukup berbeda karena bola perlu ditendang sesudah out.

  1. Aturan Kartu Merah

Pemain sepakbola akan terkena kartu merah ketika melakukan pelanggaran dan pemain ini tak boleh digantikan pemain lainnya sehingga jumlah anggota 1 tim bakal berkurang hingga pertandingan mencapai akhir. Sementara pada permainan futsal tidaklah demikian, justru pemain yang sudah kena kartu merah masih bisa dan diperbolehkan untuk diganti pemain cadangan setelah 2 menit atau sesudah tim lawan mampu mencetak gol.

  1. Aturan Offside

Pada sepakbola, aturan offside selalu ada dan diberlakukan, namun pada pertandingan futsal, tak ada aturan offside seperti ini. Lagi-lagi pada futsal memang lebih fleksibel ketimbang sepakbola karena aturan yang ada tak begitu mendetil dan banyak.

(Baca juga: teknik aikido – teknik lompat tinggi)

  1. Pencetakan Gol

Pada sepakbola selalu ada offside sehingga aturan ini cukup mempersulit pencetakan gol. Berbeda dari sepakbola, permainan futsal yang tanpa aturan offside akan lebih mudah mencetak gol bagi para pemainnya. Itulah mengapa dalam pertandingan futsal akan terjadi banyak sekali gol. Pemain futsal pun akan lebih santai ada di dekat gawang.

  1. Back Pass

Pada sepakbola, aturan untuk melakukan back pass ke kiper tak memiliki batasan dan ini adalah aturan yang tentunya berlaku secara standar. Namun pada permainan futsal, back pass ke kiper hanya boleh dilakukan 1 kali saja.

  1. Waktu Memulai Pertandingan

Pada sepak bola diketahui juga bahwa waktu untuk memulai pertandingan sama sekali tak ada. Namun ketika bermain futsal, hanya ada waktu sebanyak 4 menit untuk memulai pertandingan.

  1. Pelanggaran

Masalah pelanggaran pun lagi-lagi berbeda, seperti pada sepakbola biasanya tak ada batasan untuk pelanggaran, jika pemain melanggar maka akan dikenakan kartu kuning atau kartu merah. Namun pada futsal, ada batasan pelanggaran dan itu hanya sampai 5 kali saja.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi tentang perbedaan sepakbola dan futsal yang masih banyak kita belum tahu. Karena masih banyak orang yang tertarik bermain futsal namun tak memahami perbedaannya dari sepakbola, kiranya informasi ini menjadi berguna.