12 Cara Latihan Dribbling Sepak Bola yang Baik

Latihan dribbling sepak bola masih termasuk di dalam latihan fisik sepak bola di mana mendribble bola merupakan salah satu program latihan yang meningkatkan keterampilan setiap pemain sepak bola. Seperti kita tahu, sepak bola merupakan permainan olahraga yang menuntut pemainnya untuk berstamina baik, berfisik prima dan berteknik luar biasa, maka dari itu mendribble bola pun penting dilatih.

Mungkin Anda salah satu penggemar sepak bola, maka tentu tahu betul bahwa Lionel Messi-lah salah satu bintang sepak bola yang memiliki teknik dribble yang baik. Kelihatan begitu lihai ketika kita melihatnya memainkan bola dan menggiringnya secara meliuk-liuk dalam melewati pemain-pemain lawan dan menerobos masuk ke tim lawan. Lalu, apa saja latihan dribbling sepak bola yang diperlukan?

Baca juga:

  1. Memilih Lapangan Sepak Bola sebagai Tempat Latihan

Supaya latihan dribbling jauh lebih nyaman dan pemain bisa lebih leluasa, ada baiknya untuk melatih diri di sebuah media khusus untuk permainan sepak bola. Dan untuk hal tersebut, latihan dribbling bisa dilakukan di lapangan sepak bola karena suasana berlatih pun bakal lebih tenang dan juga latihan bisa lebih maksimal.

  1. Melakukan Pemanasan

Dalam latihan mendribble bola, melakukan pemanasan sebelum latihan dimulai adalah penting karena dalam setiap olahraga atau latihan fisik, meregangan otot dan sendi merupakan bagian yang termasuk vital agar ketika latihan pemain bisa menghindari cedera.

Pemanasan pun perlu dilakukan secara dinamis dan statis untuk permainan sepak bola, walau dalam hal ini hanya latihan mendribble. Lari-lari kecil dan diikuti gerakan senam bisa dilakukan berulang-ulang supaya otot lebih lemas dan rileks. Karena ketika otot dalam kondisi tegang, risiko cedera bisa lebih tinggi.

  1. Mempelajari Pemakaian Seluruh Permukaan Kaki

Dalam berlatih dribbling, hal utama untuk dipelajari tentunya adalah penggunakan seluruh permukaan kaki karena pada teknik menggiring bola ada 3 kategori. Menggiring bola biasanya dilakukan dengan kaki dalam, kaki luar, dan juga punggung kaki. Punggung kaki digunakan untuk kecepatan dribbling yang lebih.

Justru untuk pemakaian kaki dalam dan luar tujuannya adalah sebagai pemotong dan pengendali bola. Ketika berlatih dribbling, berfokuslah juga pada postur tubuh dan jaga agar tetap rendah dan baik di mana lutut bisa sedikit ditekuk untuk memberikan performa dribbling yang sempurna.

(Baca juga: cara memegang raket bulu tangkis teknik lempar lembing)

  1. Mengawali dengan Satu Kaki

Jika belum terbiasa dengan teknik dasar permainan sepak bola, terutama menggiring bola, tak masalah karena latihan dapat dimulai dari penggunaan satu kaki. Gunakan saja telapak kaki bagian depan dan kemudian sisi kaki bagian kiri ketika melalui penghalang pertama untuk membelok ke arah kiri. Giring bola perlahan untuk lewat di penghalang kedua dan belokkan bola ke kanan menggunakan sisi kaki kanan dan begitu seterusnya.

  1. Menjaga Bola Tetap Dekat dengan Sentuhan Kecil

Menggunakan sentuhan kecil supaya bola bisa tetap dekat dengan kita juga merupakan satu hal yang perlu dilatih. Seperti kita tahu, untuk pemula tidaklah mudah mendribble bola dan bola tetap stabil ada di dekat kita. Terkadang kita menendang terlalu keras sehingga bola meluncur terlalu jauh ke depan dan kita kehilangan keseimbangan dan kestabilan.

Dengan melatih dribbling menggunakan sentuhan kecil saat memajukan bola ke arah depan pada tiap langkah yang kita ambil, maka ini otomatis akan meningkatkan kemampuan kontrol utama Anda. Sebab saat kita mendapatkan umpan keras, tentu saja kita bakal merasa sulit dalam mengendalikan bola.

  1. Kepala Tegak

Ketika mendribble pada pertandingan sepak bola, tentu kita tak bisa terus-menerus berfokus pada bola yang kita majukan. Fokus pandangan kita pun perlu ke depan dan mengawasi sekitar karena pihak lawan dapat menyerang dan menyerobot bola yang kita dribble sewaktu-waktu. Itulah mengapa dalam latihan dribbling diperlukan juga kekonsistenan dalam menjaga kepala untuk selalu tegak.

Hal ini termasuk penting karena kita perlu sadar betul akan lingkungan dan situasi di lapangan ketika bermain dengan yang lain. Amati situasi permainan ketika berlatih, boleh saja melihat ke arah bola, namun jangan sampai fokus berda di sana karena dengan itu kita dianggap lengah oleh pihak tim lawan.

(Baca juga: cara memilih bet tenis mejacara merawat sarung tangan kiper)

  1. Stop and Go

Untuk mengalahkan lawan, cara paling baik adalah dengan memanfaakan pergerakan secara mendadak. Berlatih dribbling juga perlu menguasai trik ini di mana juga dikenal dengan istilah stop and go. Kita hanya perlu menghentikan bola secara cepat tapi kemudian lanjut berlari lagi dengan tingkat kecepatan yang tinggi.

  1. Melakukan Gerakan Kombinasi

Ketika sudah terbilang cukup mahir, kelincahan bisa lebih dipertajam dengan melakukan gerakan kombinasi. Tujuan dan fungsinya adalah supaya lawan dapat kita tipu sehingga ia tak mampu membaca arah bola yang kita giring.

Untuk melakukannya, gunakan kaki kanan sebagai awalan dalam melewati penghalang pertama dan membelok ke arah kiri memakai sisi kiri kaki kiri. Lanjutkan dengan mengatur jarak bola supaya tetap dekat dengan kaki kita. Ketika melalui penghalang kedualah baru bola dimajukan dan dibelokkan ke arah kanan menggunakan sisi kanan kaki kanan, tapi juga bisa menggunakan kaki kiri.

  1. Melatih Kaki Lemah

Seperti kita sering lihat pada pertandingan-pertandingan sepak bola, para striker terbaik menembak menggunakan kaki kiri dengan sangat luar biasa sempurna. Teruslah melatih kemampuan dribbling lebih dulu untuk hal tersebut dan latihlah kaki yang lemah. Bola memang agak sulit diarahkan ke tempat yang dituju, namun latihan rutin akan memperbaiki semuanya dan kita bakal terbiasa.

(Baca juga: teknik renang gaya punggung teknik renang gaya kupu-kupu)

  1. Menggunakan Drill

Dribbling bisa dilatih dengan menggunakan drill atau menciptakan sebuah garis kerucut dan latihan dribbling pun bisa dilakukan ke kanan dan kiri. Kecepatan pun bisa mulai divariasikan memakai kedua kaki. Cukup bayangkan bahwa kita sedang ada dalam suatu pertandingan dan kerucut-kerucut tadi adalah pemain dari tim lawan.

  1. Mendribble Bola secara Rileks

Setelah seluruh aktivitas dribbling yang disebutkan sebelumnya sudah terbiasa, maka latihlah dribbling bola secara rileks. Mungkin di awal-awal akan terasa begitu tegang karena belum nyaman dan terbiasa, namun setelah beberapa kali berlatih, kita akan menjadi lebih mudah rileks dan melewati lawan serta mengoper bola pun juga lebih baik. Bahkan pengaturan strategi dalam menyerang pun juga akan sangat gampang.

  1. Menjaga Keseimbangan

Setelah berlatih dengan baik dan terbiasa, bukan hanya ketenangan yang dibutuhkan, melainkan juga keseimbangan. Dribbling akan terasa berbeda ketika kita melewati lawan sungguhan, jadi jagalah keseimbangan dan berlatihlah bersama teman di mana teman kita bisa berperan menjadi lawan supaya kita dapat berlatih mendribble dengan seimbang.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi tentang latihan dribbling sepak bola yang sangat diperlukan terlepas dari posisi pemain sepak bola apapun. Ketika latihan dijalani dengan sungguh-sungguh, pasti akan cepat mahir nantinya.