21 Strategi Bermain Catur agar Menang Bagi Pemula

Permainan catur merupakan sebuah olahraga pikiran, meski tak kelihatan berkeringat seperti ketika melakukan jenis olahraga lainnya, catur masih tergolong jenis olahraga yang banyak diminati. Bila olahraga lainnya menuntut tubuh kita untuk aktif sepenuhnya dengan gerakan-gerakan menendang misalnya seperti pada teknik dasar permainan sepakbola, atau tangan yang aktif seperti pada teknik bola tangan, catur berbeda.

Manajemen emosi, teknik serta kemampuan dibutuhkan oleh para pemain catur supaya mampu mengalahkan lawan. Setiap langkah ketika bermain catur di dalamnya terkandung tujuan serta maksud untuk mematikan lawan. Itulah mengapa di dalam permainan catur yang paling penting adalah strategi dan perang strategi pun menjadi bagian penting dari setiap permainan ini.

Sayangnya, mematikan lawan tak semudah yang dibayangkan dan oleh karena itu, menyusun strategi yang matang dan tak begitu umum menjadi kunci dari kemenangan di dalam permainan catur. Salah seorang grandmaster catur pun ada yang pernah mengatakan bahwa 99 persen dalam permainan catur adalah strategi, jadi persiapkan segala yang dibutuhkan untuk mematikan lawan Anda.

Baca juga:

  1. Melihat Waktu

Dalam bermain catur, memerhatikan waktu yang dapat dipakai adalah penting. Apabila dalam satu permainan memiliki durasi 90 menit atau satu setengah jam dalam 30 langkah, itu artinya Anda perlu menyiapkan 1 langkah maksimal dalam 3 menit karena alokasi waktunya adalah 90/30 dan itu artinya 3 menit per langkah.

  1. Melakukan Pemetaan

Sebelum bergerak melangkahkan pion, lakukanlah pemetaan alias mapping. Tujuan dari hal ini adalah untuk menentukan wilayah mana yang hendak diserang oleh prajurit biasa. Pion kuda pun di sini bertugas mengelabui lawan dan benteng menjaga raja, sementara perdana menteri bisa menekan.

  1. Langkah Elegan

Permainan catur di awal bisa dibuka dengan langkah elegan dan itu artinya penting bagi seorang pemain untuk menjalankan satu pion namun dengan dua langkah. Alternatifnya, bisa juga dua pion ada pada sisi kanan dan kiri masing-masing mengambil satu langkah saja.

  1. Melangkahkan Kuda sebelum Gajah

Mungkin masih ada beberapa pemain catur yang belum tahu bahwa akan lebih baik kalau yang dijalankan lebih dulu adalah kuda. Jalankan atau langkahkan kuda lebih dulu dan kemudian baru melangkahkan gajah. Kuda bisa dilangkahkan secara zigzag supaya pertahanan lawan dapat dikacaukan secara lebih gampang.

(Baca juga: teknik menunggang kuda perbedaan sepakbola dan futsal teknik capoeira)

  1. Melangkahkan Gajah sebelum Benteng

Strategi lainnya yang juga sebaiknya dilakukan adalah menjalankan gajah lebih dulu dan artinya, gajahlah yang diprioritaskan sebelum akhirnya dilanjutkan dengan menjalankan benteng.

  1. Melangkahkan Benteng sebelum Menteri

Pada permainan catur, penting juga untuk tahu strategi di mana yang dilangkahkan dahulu tepat sebelum menteri adalah benteng. Namun strategi ini bisa dilakukan kalau memang kondisi memungkinkan dan tak menjadi strategi yang wajib. Ada baiknya melangkahkan benteng lebih dulu karena benteng ini dapat menjadi penjaga terakhir raja.

  1. Pejabat Menjaga Pion

Pejabat seperti gajah, benteng dan kuda dapat menjaga pion dan sebaiknya hal ini menjadi hal yang diusahakan. Strategi seperti ini diperlukan supaya pihak lawan tak memiliki kesempatan untuk memakan pion kita. Strategi ini juga diketahui menjadi penyelamat dan jurus pamungkas khususnya ketika sudah masuk pada babak-babak akhir permainan.

  1. Merelakan Tentara jika Terdesak

Jangan takut untuk merelakan salah satu tentara ketika sedang bermain catur. Tak masalah kalau memang posisi sedang terdesak karena lawan terus memberikan tekanan kepada Anda. Merelakan salah satu tentara merupakan strategi yang baik sebab dengan cara ini Anda justru bisa memperoleh tentara dari lawan yang bahkan jabatannya bisa kemungkinan lebih tinggi. Terpaksa memang, namun cara ini cukup bagus dan tak begitu merugikan bukan?

(Baca juga: teknik gulatteknik aikido teknik lompat tinggi)

  1. Mempersempit Gerakan Lawan

Jangan biarkan lawan Anda terlalu leluasa dalam bergerak karena ini menjadi kurang baik. Ia bisa menembus pertahanan Anda kapan pun tanpa diduga. Maka dari itu, perhatikan setiap pergerakannya dan kalau bisa Anda turut memperkirakan arahnya sehingga bisa memotongnya.

  1. Memenjarkan Prajurit secara Terpola

Ketika hendak memenjarkan prajurit, perlu dilakukan secara matang dengan pola yang tepat. Hal ini perlu untuk diupayakan supaya kekalahan dapat dicegah atau dihindari. Dalam proses memenjarkan prajurit Anda, perlu dilakukan terpola yang artinya menurut masing-masing peran dan ini adalah salah satu taktik yang bisa dilakukan agar tak mengalami kekalahan.

  1. Menghindari Penumpukan Pemain Bidak

Ketika bermain catur, penting untuk juga menghindari penumpukan pemain bidak. Intinya, jangan sampai seluruh prajurit kemudian ada dalam bidak dan kemudian malah tak ada jarak karena saking berdekatan. Saat hal tersebut terjadi, ini biasanya menjadi penghambat langkah Anda sendiri maka sebaiknya hindari sebisa mungkin.

  1. Tidak Mengisolasi Prajurit

Ada pula strategi yang sebaiknya diketahui, yakni pemain catur bisa mencoba untuk tidak mengisolasi prajurit dan jangan mencobanya. Kerajaan catur Anda begitu berharga sehingga harus dibela sampai titik usaha penghabisan sebab setiap nyawanya sangatlah penting, jadi cobalah untuk tak mengisolasi prajurit dalam permainan Anda.

  1. Menunda Sekak Hingga Waktunya Tepat

Pada permainan catur, sekak bukanlah hal yang bisa dilakukan kapanpun Anda mau dan bisa. Karena dalam catur selalu berhubungan dengan strategi, maka yang paling penting di sini adalah menunggu waktu atau momen yang tepat hingga Anda akhirnya bisa men-sekak raja lawan. Jika sekak dilakukan terlalu cepat, bisa-bisa usaha Anda malah menjadi sia-sia.

(Baca juga: teknik dasar judocara bermain bowling teknik dasar taekwondo)

  1. Tenang, Rileks dan Fokus

Apa tujuan bermain catur? Untuk mencari hiburan bukan? Maka agar lawan juga tak menjadi terlalu senang, Anda perlu menenangkan diri, rileks, tapi tetap fokus pada permainan. Itulah kunci strategi di mana Anda bisa memenangkan pertandingan catur. Untuk menghabiskan buah dari lawan, waktunya harus benar-benar pas.

  1. 2 Lebih Baik Daripada 1

Strategi berikutnya yang bisa juga dipraktikkan adalah menghubungkan benteng-benteng. Akan lebih baik kalau ada 2 benteng yang bekerja sama karena menjadi lebih kuat ketimbang 1 benteng saja. Dan saat telah terhubung, tumpuk kedua benteng pada lajur terbuka dan akhirnya Anda bisa masuk dalam pertahanan lawan.

  1. Menggunakan Tipuan

Sama halnya seperti olahraga lain, dalam permainannya atau dalam sebuah pertandingan selalu ada strategi mengecoh lawan. Menggunakan tipuan dalam permainan catur juga sah-sah saja atau melakukan sergapan yang pada akhirnya mampu membuat lawan terperdaya dengan mudah sehingga Anda memenangkan permainan.

  1. Memakai Strategi yang Lawan Tak Pahami

Saat lawan bisa dengan mudah menerka apa langkah kita selanjutnya, tentu saja langsung matilah kita. Strategi yang tak mudah untuk dipahami oleh lawan adalah yang paling baik. Selama permainan berlangsung, pastikan bahwa langkah yang diambil oleh Anda tak mudah diketahui dan ditebak oleh lawan.

  1. Membuat Lawan Minder

Bagaimana bisa membuat lawan kita menjadi minder? Sangat mungkin, karena yang perlu dilakukan oleh Anda adalah bermain seperti profesional meski memang mungkin Anda masih belajar. Seperti poin sebelumnya, ketenangan dan fokus Anda adalah kunci untuk tampil seperti pemain profesional. Melihat sikap tersebut, lawan pasti akan mulai minder.

(Baca juga: peraturan tolak peluru peraturan tenis lapanganperaturan lempar lembing)

  1. Tidak Menempatkan > 4 Pion pada Pembukaan

Ingat bahwa pada pembukaan atau opening di setiap permainan catur, hendaknya pemain berupaya agar tak menempatkan pion dengan jumlah 4 buah lebih di depan. Cara ini hanya akan menjadi faktor penghambat bagi Anda sendiri sebab akan kesulitan untuk mengendalikan pion tersebut. Lawan juga menjadi berkesempatan untuk menghancurkan pertahanan Anda.

  1. Melindungi Raja

Tugas yang paling penting adalah melindungi raja dan ini merupakan peran dari benteng. Karena benteng cukup multifungsi, maka perlindungan terhadap raja bisa dilakukan dari luar sementara kemampuan raja bisa menutupi celah dari dalam. Pertahanan menjadi makin kuat karena kombinasi cara ini.

  1. Memajukan Pion Bebas

Pada babak akhir, memajukan pion secara bebas akan sangat mendominasi lawan karena ini sama dengan memaksa lawan untuk menyerahkan buahnya yang mencoba menjadi penghalang setiap langkah Anda. Raja lalu bisa diaktifkan segera, tukar perwira, sementara benteng bisa berada di belakang pion lawan dalam baris pertahanan. Raja pihak lawan bisa dimatikan dengan langkah ini.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi strategi bermain catur agar menang dengan lebih mudah. Perhatikan setiap langkah kita dan juga pergerakan langkah lawan supaya kita tak menjadi terkecoh dan justru kitalah yang mampu mengelabui lawan.