9 Teknik Aikido Beserta Gambarnya Paling Lengkap

Olahraga bela diri ada berbagai macam dan salah satunya adalah aikido di mana aikido ini dikenal sebagai seni bela diri yang memadukan keharmonisan antara tubuh dan pikiran dengan hukum alam. Seni bela diri yang asalnya dari Jepang ini adalah hasil dari modernisasi dan manifestasi pemikiran Jepang yang diselimuti tetap dengan budaya tradisional Jepang.

Morihei Ueshiba adalah orang yang mengembangkan bela diri ini di tahun 1800-an sehingga sekarang jadi begitu diminati oleh berbagai kalangan di abad modern dan bahkan mereka menjadikan bela diri ini justru sebagai gaya hidup. Namun bicara tentang teknik aikido, bela diri ini berfokus pada penguasaan diri dalam setiap latihannya dan juga kesempurnaan teknik.

Sementara bela diri yang lain pada umumnya berfokus utama pada kecepatan dan kekuatan fisik selama latihan. Teknik yang diutamakan pada olahraga bela diri ini adalah teknik lemparan (mirip dengan bantingan), kuncian, dan elakan. Dan justru tendangan dan pukulan merupakan teknik yang cukup jarang dipakai atau malah dihilangkan di perguruan-perguruan aikido.

Perlu diketahui bahwa aikido ini merupakan sebuah bela diri yang memang banyak digunakan untuk perkelahian jarak dekat dan juga cepat. Istilah dari perkelahian jarak dekat dan cepat adalah close combat dan penting juga untuk tahu bahwa pada bela diri aikido, setiap tekniknya diketahui dipengaruhi oleh:

  • Teknik Toya berpedang atau Yarijutsu
  • Teknik Pedang atau Kenjutsu
  • Teknik Kuncian Jujutsu, khususnya gaya Sokaku Takeda
  • Teknik Bantingan Judo Kodokan Jigoro Kano

Namun, kita perlu tahu akan teknik-teknik paling umum yang dipraktikkan di perguruan-perguruan aikido. Berikut di bawah ini akan sedikit diulas apa saja yang menjadi teknik umum untuk kita semua bisa mengetahuinya.

Baca juga:

  1. Ikkyo

IkkyoPada teknik ini, fokus gerakan adalah mengontrol lawan dengan memakai satu tangan yang berada di siku dan tangan lainnya berada di dekat pergelangan tangan. Dengan mencengkeram lawan melalui teknik ini, otomatis saraf ulnaris pada pergelangan tangan pun akan mendapat tekanan.

Cara seperti ini juga bisa disebut dengan leverage atau mengambil keuntungan dari si lawan seperti ketika mempelajari teknik dasar gulat. Untuk posisi gerakan yang lebih tepat, tentunya latihan bisa dilakukan di bawah pengawasan pelatih.

  1. Nikyo

NikkyoPada teknik ini, fokus utama gerakan adalah kuncian alias mengunci bagian pergelangan tangan yang perlu menggerakkan bagian lengan. Teknik ini jugalah yang mampu membantu kita untuk menerapkan tekanan tekanan saraf yang menyakitkan ketika sedang berhadapan dengan lawan. Ini adalah teknik ajaran kedua yang juga sangat umum praktiknya.

Intinya, pada teknik ini kita harus mempelajari tentang teknik penggunaan wristlock adductive di mana melibatkan gerakan perputaran lengan. Hasilnya akan cukup menyakitkan bagi lawan karena adanya tekanan yang diterapkan saat melakukan gerakan ini.

  1. Sankyo

SankyoPada teknik ini, fokus utama gerakan adalah kuncian rotasional pergelangan tangan yang secara langsung memberikan ketegangan di sepanjang bahu, siku dan juga lengan saat berhadapan dengan lawan. Meski kelihatannya rumit, namun teknik ini juga termasuk yang paling banyak digunakan.

Teknik ini juga dikenal dengan teknik pronating di mana tekanan yang diberikan adalah pada bagian atas spiral di sepanjang area tubuh yang telah disebutkan tersebut pada lawan yang kita hadapi.

  1. Yonkyo

YonkyoAjaran keempat ini adalah teknik yang berfokus pada pengendalian bagian bahu di mana bisa dibilang mirip dengan ikkyo (teknik nomor 1). Hanya saja, yang membedakan pada teknik ini adalah kita perlu melakukan gerakan menggunakan kedua tangan selama mencengkeram lengan bagian bawah milik lawan. Fokus cengkeraman tak lain dan tak bukan adalah bagian tersebut.

Buku-buku jari kita yang dari sisi telapak tangan penerapannya perlu dilakukan ke saraf radial lawan yang tengah berhadapan dengan kita. Penerapan tersebut bisa dilakukan pada bagian periosteum tulang lengan bawah di mana bagian tersebutlah yang nantinya mendapatkan tekanan dan otomatis area tubuh lawan tersebut akan membuatnya sulit berkutik.

  1. Gokyo

GokyoPada teknik Gokyo ini, fokus utama adalah pada gerakan cengkeraman terbalik di bagian pergelangan tangan lawan. Pada dasarnya, teknik ini juga ada kemiripan dengan ikkyo namun yang membedakan adalah bagian cengkeraman yang terbalik tadi. Tak hanya itu, tapi juga rotasi medial bahu dan juga lengan pun menjadi hal yang perlu dikuasai.

Sementara itu, tekanan mengarah ke bawah pada bagian siku ketika melatih teknik satu ini. Jadi bisa dikatakan bahwa gokyo ini merupakan salah satu varian dari ikkyo, begitu pun dengan yonkyo yang sebelumnya kita bahas. Teknik ini juga umum dipakai untuk berhadapan dengan lawan yang kiranya memakai senjata.

(Baca juga: latihan fisik tenis lapangan pelanggaran dalam bola basketsenam lantai tanpa alat)

  1. Tenchinage

TenchinagePada teknik ini, perlu diketahui bahwa ada keterlibatan uke dalam proses meraih serta mencengkeram pergelangan tangan nage. Tenchinage bisa juga diartikan melempar surga dan bumi seperti terlihat bagaimana cara melakukannya dari gambar di samping.

Inti dari gerakan pada teknik ini adalah bergerak maju di mana praktisi aikido kemudian dapat melakukan gerakan menyapu rendah satu tangan lawan dengan tujuan merusak keseimbangan lawan. Lawan yang kehilangan keseimbangan lalu dapat membuka peluang untuk menjatuhkannya.

  1. Kokyunage

KokyunageTeknik ini juga dikenal dengan istilah breath throw dalam bahasa Inggrisnya dan istilah tersebut menggambarkan beragam jenis lemparan pada tiap sesi latihan aikido dalam durasinya.

Pada umumnya, teknik ini tak seperti yang lainnya di mana lainnya mungkin akan menggunakan kunci, tapi tidak dengan teknik ini. Namun hanya dengan sedikit gerakan yang benar bagaimana cara kita memegang lawan, maka lawan dapat kita lempar.

  1. Kotegaeshi

KotegaeshiTeknik ini diketahui berfokus pada gerakan yang ditandai dengan proses pelepasan kuncian pergelangan tangan yang membentangkan ekstensor digitorum. Pada teknik ini, inti gerakan adalah keterlibatan lemparan wristlock pada kembalinya pergelangan tangan.

Teknik ini pun menjadi teknik umum yang seharusnya bisa dikuasai ketika berlatih aikido; detil gerakan yang benar bisa dilatih di bawah pengawasan guru aikido.

  1. Shihonage

ShihonagePelemparan empat arah adalah fokus utama dari gerakan teknik pada aikido satu ini. Untuk melakukannya dengan baik, biasanya kita perlu melipat tangan melewati bahu dan kemudian dari gerakan tersebut barulah dapat melakukan kuncian sendi bahu lawan.

Dengan cara itu, barulah kita kemudian mampu melakukan gerakan untuk menjatuhkannya, tanpa perlu Untuk gerakan yang detil, melatihnya di bawah pengawasan pelatih aikido akan sangat membantu.

(Baca juga: cara bermain bowlingperalatan renang latihan fisik bulu tangkis)

Pemahaman Aiki

Setelah mengintip sedikit tentang teknik umum aikido, penting juga untuk sedikit mengetahui dan memahami Aiki. Berikut di bawah ini dapat dilihat apa saja pemahaman Aiki yang dimaksud:

  • Aiki no Kokoro – Yang paling utama adalah seseorang perlu melakukan upaya dalam mengetahui Aiki serta mengerti jiwa dari Aiki tepat di dalam hatinya.
  • Aiki no Genri – Seseorang perlu melakukan upaya untuk tahu, memahami dan juga menerapkan prinsip-prinsip Aiki.
  • Aiki no Waza – Pada poin ini, seseorang perlu menempa jiwa dan juga segala prinsip Aiki. Caranya adalah dengan melatih setiap teknik Aiki.
  • Aiki no Chikara – Setelah seseorang tersebut melakukan penempaan pada diri sendiri tentang jiwa dan prinsip Aiki, maka akan terasa adanya kekuatan dari Aiki itu sendiri.
  • Aiki no Seishin – Pada tahap ini, seseorang sudah harus bisa mewujudkan Aiki, terutama pada tiap langkahnya dan dalam perbuatan yang dilakukan sehari-hari. Perwujudan ini adalah dari hasil upaya penempaan tadi.

Pada bela diri aikido, sistem kompetisi tidaklah diberlakukan seperti layaknya bela diri lain pada umumnya yang tujuan utamanya adalah untuk pemasyarakatan. Namun aikido sendiri memiliki sistem tersendiri yang bernama sistem embukai. Sistem ini berupa peragaan seni gerak bela diri yang tujuannya adalah memasyarakatkan dirinya.

Mungkin kita sudah sering melihat teknik dasar judo maupun bela diri lainnya yang tekniknya telah mengalami penggubahan. Aikido memiliki banyak cabang teknik atau gaya yang sudah banyak diterapkan dalam zaman modern seperti sekarang. Memang teknik-teknik sudah sangat diperkaya, tapi tetap teknik dasarnya tak akan pernah ditinggalkan karena memang penekanannya lebih kepada kecepatan ketika mengatasi serangan dari lawan.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi terkait teknik aikido yang mungkin cukup berbeda dari teknik dasar taekwondo atau bela diri sejenis lainnya. Untuk penguasaan teknik umum, dasar atau secara menyeluruh, tentu setiap praktisi harus memiliki kedisiplinan tinggi dan dedikasi.