Teknik Dasar, Peralatan, dan Peraturan Dalam Tarung Derajat

Tarung derajat adalah salah satu ilmu bela diri asli Indonesia yang sedang naik daun. Sejak kemunculan Iko Uwais di berbagai film layar lebar – bahkan telah merambah ke Hollywood, tarung derajat semakin banyak diminati.

Teknik

Tarung derajat memiliki beberapa teknik dasar layaknya bela diri lainnya. Teknik awal adalah melakukan pemanasan atau peregangan seperti bela diri lainnya. Dengan melakukan peregangan, tubuh akan lebih lentur sehingga mudah melakukan serangan dan menerima serangan lawan.

Adapun beberapa teknik yang diperlukan dalam tarung derajat adalah sikap dasar yang dilakukan dengan berdiri tegak. Buka kaki selebar bahu dan busungkan dada agak ke depan. Tangan sedikit dikepal dengan posisi di samping badan.

Ada juga teknik siaga di tempat, siaga silang, teknik gerak langkah dasar, dan teknik menendang. Semua dapat dikuasai dengan baik jika sering melakukan latihan.

Peralatan

Dalam tarung derajat, peralatan yang digunakan dibedakan sesuai dengan jenis kelamin penggunanya. Peralatan yang digunakan oleh petarung putra adalah pelindung gigi, pelindung tangan, pelindung kepala, dan pelindung selangkangan.

Sedangkan pada petarung putri, peralatan yang digunakan adalah pelindung selangkangan, pelindung kepala, pelindung gigi, dan pelindung tangan. Mereka yang tidak memiliki peralatan yang lengkap dan tidak memenuhi standar dilarang untuk bertanding.

Peraturan

Dalam pertandingan tarung derajat, terdapat beberapa peraturan penting yang wajib ditaati oleh setiap pemain. Untuk aturan pemberian poin, poin tertinggi diberikan pada tendangan langsung ke arah lawan yang merobohkan lawan. Tendangan ini mendapatkan poin 4. Sedangkan tendangan ke arah wajah lawan diberikan poin 3 dan poin 4 untuk tendangan ke arah badan.

Selain itu, kemenangan pemain juga dapat terjadi karena beberapa hal seperti menang angka atas lawan, menang karena lawan mengundurkan diri , menang karena wasit menghentikan permainan ketika skor lebih tinggi dari lawan, menang karena lawan didiskualifikasi, dan menang karena lawan sudah roboh.

Itulah beberapa teknik, peralatan, dan aturan yang ada di dalam tarung derajat. Namun ingatlah untuk selalu melakukan latihan secara rutin agar teknik yang dikuasai lebih lancar.