Mengenal Organisasi – Organisasi Pencak Silat

Pencak silat saat ini tidak lagi menjadi monopoli Indonesia semata. Pencak silat perlahan bahkan telah akrab tidak hanya di wilayah negara – negara Asia Tenggara namun juga di wilayah Eropa dan Amerika.

Beberapa negara pun mendirikan organisasi – organisasi sebagai wadah untuk pencak silat di negara mereka. Berikut ini adalah beberapa organisasi pencak silat baik di Indonesia maupun luar Indonesia:

  • PERSILAT, atau Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa.

Organisasi ini didirikan pada 11 Maret 1980. Indonesia, Malaysia dan Singapura menjadi negara penggagas didirikannya organisasi ini. Eddie M. Nalapraya terpilih sebagai Ketua Presidium yang pertama. Setelah terpilihnya Ketua Presidium, kongres pertama pun diadakan pada tahun 1983 di Malaysia.

PERSILAT berasaskan pada persaudaraan, kekeluargaan, persatuan Saling menghormati serta tidak membeda-bedakan agama dan kebangsaan. PERSILAT sendiri bertujuan untuk menggali, memelihara, melestarikan dan mengembangkan pencak silat beserta nilai – nilainya ke seluruh dunia, membina berbagai kegiatan antarorganisasi, sebagai sarana pembinaan pribadi yang bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa serta memelihara dan menghormati kepentingan tiap anggotanya.

Dari sisi keanggotaan, PERSILAT memiliki level keanggotaan yaitu pendiri, bersekutu, bergabung dan anggota muda. Pendiri tentunya terdiri dari negara – negara pendiri PERSILAT yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Anggota bersekutu terdiri dari organisasi nasional yang resmi, sementara anggota bergabung terdiri dari organisasi nasional yang belum resmi dan terakhir anggota muda terdiri dari organisasi pencak silat lainnya. Saat ini tercatat ada sekitar 53 negara dengan organisasinya masing – masing yang tergabung dalam pencak silat.

  • IPSI, atau Ikatan Pencak Silat Indonesia.

IPSI merupakan induk organisasi pencak silat  Indonesia. IPSI membawahi seluruh perguruan pencak silat yang ada di Indonesia. Organisasi ini didirikan pada 18 Mei 1948 di Jawa Tengah. Banyak tokoh yang menjadi pendiri organisasi ini diantaranya adalah Mr Wongsonegoro, Soeratno Sastroamidjojo, Marjoen Soedirohadiprodjo, Dr Sahar, Soeria Atmadja, dan Soeljohadikoesoemo.

  • PERSISI, atau Persekutuan Silat Singapura.

Sama halnya seperti IPSI, PERSISI merupakan induk organisasi pencak silat di Singapura. Organisasi ini memiliki visi dan misi untuk mengembangkan pencak silat khususnya di Singapura. Terdapat enam hal yang menjadi panduan PERSISI dalam menjalankan fungsi organisasinya diantaranya adalah keuletan, passion, integritas, semangat sportifitas, dan persahabatan.

  • PESAKA, atau Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia.

PESAKA merupakan induk organisasi pencak silat di Malaysia. PESAKA mewadahi perguruan – perguruan pencak silat yang ada di Malaysia. Secara resmi organisasi ini didirikan pada tanggal 24 September 1983. Pada awal pendiriannya terdapat 14 anggota resmi yang merupakan perwakilan dari perguruan silat Negeri dan Kebangsaan yang meliputi diantaranya Perlis, Pulau Pinang, Perak, Pahang, Wilayah Persekutuan, Kedah, Johor, Melaka, Kelantan, Serawak, Silat Cekak Malaysia, Silat Gayong Fatani, Silat Lincah Malaysia, dan Silat Gayong Malaysia.