7 Macam-Macam Hindaran Dalam Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga bela diri yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara. Dalam pencak silat, terdapat beberapa teknik serangan yang bisa dipelajari. Namun tak hanya teknik serangan saja, ada juga teknik hindaran yang perlu dipelajari.

Teknik hindaran sangat penting dipelajari untuk menghindari serangan lawan, terutama serangan yang sangat fatal. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah beberapa macam hindaran dalam pencak silat:

1. Hindaran hadap

Hindaran hadap dilakukan dengan teknik semakin memperkecil jarak tubuh kita dengan tubuh lawan. Cara melakukan hindaran hadap adalah dengan menggeserkan kaki hingga posisi tubuh kita berhadapan langsung dengan lawan. Teknik hindaran ini sangat efektif dalam mencari celah pertahanan lawan untuk diserang.

2. Hindaran runduk

Seperti namanya, hindaran runduk tentu dilakukan dengan cara menundukkan kepala. Hindaran runduk dilakukan ketika lawan berusaha menyerang bagian kepala kita. Hindaran runduk juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan serangan balik pada bagian perut atau dada lawan yang terbuka tanpa pertahanan apapun. Dengan serangan yang tiba-tiba ini dapat membuat shock lawan.

3. Hindaran langkah

Hindaran langkah dilakukan dengan mengambil langkah ke belakang, samping kiri, samping kanan, atau bahkan ke depan. Hindaran langkah biasanya juga dikombinasikan dengan hindaran runduk atau hindaran condongan.

4. Hindaran condongan

Hindaran condongan dilakukan ketika mendapatkan serangan yang menuju ke kepala atau bagian tubuh atas kita Hindaran condongan dilakukan dengan cara mencondongkan kepala atau badan, baik ke depan atau ke belakang. Namun pastikan pula bagian tubuh lain tetap terlindungi karena teknik hindaran condongan juga sangat rentan terkena serangan lain yang tiba-tiba.

5. Hindaran lompat atau angkat kaki

Teknik hindaran selanjutnya dalam ilmu pencak silat adalah hindaran lompat atau angkat kaki. Teknik hindaran ini dilakukan ketika lawan menyerang bagian kaki, baik dengan menggunakan kaki atau pedang. Teknik hindaran ini dilakukan dengan melompat atau mengangkat kaki sehingga serangan bisa dihindari.

6. Hindaran kaki silang

Teknik hindaran selanjutnya adalah teknik hindaran kaki silang. Hindaran kaki silang dilakukan dengan memindahkan kaki dengan cara menyilang. Teknik ini dilakukan ketika mendapatkan serangan pada bagian kaki.

7. Hindaran rebah

Teknik hindaran rebah hanya bisa dilakukan oleh mereka yang profesional. Hal ini dikarenakan teknik ini sangat sulit. Posisi untuk bisa kembali berdiri bukanlah posisi yang mudah dilakukan oleh siapa saja. Teknik hindaran rebah dilakukan ketika mendapatkan serangan dari berbagai arah dengan cara menjatuhkan diri atau merebahkan diri.

Itulah 7 teknik hindaran yang dipelajari di pencak silat. Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.