4 Macam Tangkisan Dalam Pencak Silat

Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga asal Asia Tenggara yang menjadi favorit bagi banyak orang. Dalam pencak silat terdapat gerakan tangkisan yang sangat penting dalam pertahanan menghadapi serangan musuh. Namun gerakan tangkisan tersebut memiliki berbagai macam teknik yang perlu dipelajari dengan baik Berikut ini adalah beberapa macam-macam tangkisan dalam pencak silat yang perlu diketahui:

Tangkisan Dalam

Cara melakukan tangkisan dalam adalah dengan berdiri tegak, buka kaki selebar bahu dan tekukkan sedikit untuk menyeimbangkan badan. Posisikan kedua tangan ke depan badan lalu tarik salah satu tangan dari depan luar ke dalam sehingga sejajar dengan bahu. Pertahankan posisi tubuh tetap seimbang.

Tangkisan Luar

Teknik tangkisan selanjutnya dalam pencak silat adalah tangkisan luar. Teknik tangkisan ini dilakukan untuk menahan serangan yang berasal dari sisi kanan atau kiri. Cara melakukannya adalah menyiapkan kuda-kuda dengan menekukkan kaki sehingga posisi tubuh seimbang. Posisikan kedua tangan bersiap di depan lalu tarik salah satu tangan dari dalam ke luar sehingga posisi tangan sejajar dengan bahu. Pertahankan posisi tubuh tetap seimbang ketika menangkis serangan.

Tangkisan Atas

Tangkisan atas digunakan untuk menangkis serangan lawan yang berasal dari atas dengan menggerakkan lengan dari bawah ke atas.T Tangkisan ini biasanya juga diikuti dengan melakukan tendangan lurus ke depan sehingga lawan tidak mempunyai kesempatan untuk membuat pertahanan.

Cara melakukan tangkisan atas adalah dengan menyiapkan kuda-kuda yang kuat. Siapkan kedua tangan di depan lalu tarik ke atas sehingga lengan melindungi kepala dari serangan. Pertahankan posisi badan ketika serangan datang dengan sedikit menurunkan badan.

Tangkisan Bawah

Tangkisan bawah digunakan untuk menahan tangkisan dari lawan yang berasal dari samping dan mengarah pada bagian bawah tubuh kita. Tangkisan bawah dilakukan dengan menyiapkan kuda-kuda yang kuat lalu siapkan tangan di depan dan tarik salah satu tangan ke arah samping dimana serangan akan datang. Pertahankan posisi agar tubuh tetap seimbang.

Itulah 4 macam tangkisan dalam pencak silat yang perlu diketahui. Untuk bisa melakukan tangkisan dengan baik, hal yang terpenting adalah kuda-kuda yang kuat dan kekuatan tangan dalam menahan tangkisan. Perbanyak pula latihan agar teknik tangkisan semakin baik.