Tahap-Tahap Dalam Melakukan Smash Bola Voli

Smash dalam permainan bola voli tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan teknik tertentu untuk melakukannya agar bisa dilakukan dengan baik dan benar. Untuk lebih memahaminya, berikut ini adalah beberapa tahap dalam melakukan smash dalam bola voli:

Awalan

Awalan pada smash dalam bola voli dilakukan dengan berlari menjemput bola. Jarak yang diperlukan untuk melakukan awalan adalah sekitar 2.5 hingga 4 meter. Perhatikan betul langkah yang diambil saat melakukan lari terutama pada langkah terakhir.

Berlarilah dengan arah menghadap ke depan jaring atau net. Posisikan kaki yang akan digunakan sebagai tumpuan dengan menjejakkan dalam posisi mantap. Gunakan kaki yang paling kuat sebagai tumpuan agar bisa melompat tinggi.

Meloncat

Tahapan selanjutnya adalah meloncat. Untuk melakukan smash dengan menggunakan tangan kanan, langkahkan kaki kiri ke depan dengan diikuti oleh kaki kanan di belakangnya. Lalu segera posisikan kaki dengan sejajar dan lakukan lompatan setinggi mungkin hingga mencapai posisi bola.

Tegakkan tubuh dalam posisi lurus saat melakukan loncatan. Tegangkan kaki agar tetap berada dalam kondisi lurus. Putar sedikit badan ke arah samping agar lengan menjauh dari bola untuk bersiap melakukan pukulan.

Memukul

Setelah melakukan persiapan untuk memukul, maka tahap selanjutnya adalah tahapan memukul bola. Untuk menghasilkan pukulan yang kuat, bertenaga, dan sulit dijangkau oleh lawan, maka sebaiknya kombinasikan gerakan memukul dengan lecutan tangan, lengan, serta agak membungkukkan badan. Gerakan ini akan membuat bola mendapat dorongan yang kuat dan mengarah ke bawah daerah lawan sehingga sulit dijangkau.

Mendarat

Tahapan terakhir dari smash adalah mendarat. Pendaratan dilakukan dengan agak membungkukkan badan dengan posisi kaki sejajar dan agak ditekuk agar keseimbangan tubuh tetap terjaga.

Itulah beberapa tahapan dalam melakukan smash dalam permainan bola voli. Smash akan semakin baik dan mudah dilakukan jika terus dilatih secara rutin. Melakukan latihan otot tangan dan kaki sangat penitng untuk bisa membuat smash menjadi lebih bertenaga.