17 Pelanggaran dalam Bola Basket dan Hukumannya

Dalam peraturan permainan bola basket, bukan hanya tentang cara bermain saja yang diperhatikan oleh wasit, tapi juga setiap gerakan dan kesalahan berlebihan. Teknik yang baik namun tak diimbangi dengan permainan yang baik dan sesuai aturan bisa-bisa malah membuahkan pelanggaran dan dapat terdiskualifikasi dari permainan.

Bagi setiap calon pemain bola basket atau yang masih pemula, disarankan untuk mengenal lebih jauh tentang peraturan permainan pada olahraga bola basket. Tak ketinggalan, setiap kondisi yang dianggap sebagai pelanggaran pun patut untuk diketahui agar setiap pemain terlepas dari apapun posisi pemain basket bisa menghindari kondisi-kondisi tersebut dengan bermain secara benar.

Baca juga:

  1. Pelanggaran Perorangan

Karena merupakan pelanggaran perorangan, itu artinya pelanggaran terjadi sebagai akibat dari pemain yang melakukan pelanggaran peraturan yang berlaku selama pertandingan. Tak hanya itu, seorang pemain dianggap pelanggaran apabila melakukan kontak fisik dengan pemain tim lawan yang padahal sama sekali tidak diperbolehkan karena hal ini juga akan memicu kericuhan antar tim.

Pelanggaran perorangan juga disebut dengan istilah personal foul. Untuk pelanggaran perorangan ini, maksimal hanya 4 kali foul dan kalau seorang pemain melakukan lebih dari 4 kali, pada foul ke-5 akan langsung wasit kenai foul out.

  1. Pelanggaran Tim

Dalam pelanggaran jenis ini tentu merupakan pelanggaran yang dikenakan dalam satu tim pada setiap babaknya. Ketika sebuah tim sudah memperoleh 5 poin, wasit pun akan memberikan kesempatan free throw kepada tim lawan.

  1. Pelanggaran Teknik

Pada pelanggaran yang beristilahkan pelanggaran teknik, wasit menyatakan hal tersebut sebagai pelanggaran kepada pemain apabila seorang pemain dengan sengaja mengabaikan peringatan wasit. Jika wasit menegur namun justru tak diindahkan oleh pemain atau pemain juga melakukan protes terlalu banyak bahkan hingga melakukan kontak fisik dengan wasit, ia terancam terkena pelanggaran.

  1. Travelling

Pada istilah travelling, ini adalah suatu pelanggaran yang umum di mana juga banyak pemain bola basket yang cukup sering melakukannya. Pelanggaran ini adalah akibat dari seorang pemain tak menggiring atau mendribble bola dalam 3 langkah ketika sedang berjalan ataupun berlari. Seperti kita tahu, bola harus terus didribble dalam 3 langkah selama permainan berlangsung.

(Baca juga: teknik heading dalam sepak bola perlengkapan bulu tangkis jenis pukulan golf)

  1. Offensive Foul

Pada jenis pelanggaran ini, wasit menganggap seorang pemain melanggar apabila ia menabrak pemain lawan yang sedang dalam kondisi posisi tangan hands up atau juga charge yang benar di waktu kita bertujuan untuk melakukan illegal pick sewaktu pertandingan.

  1. Foul

Dalam permainan bola basket, terutama pada pertandingan resmi, foul jelas berlaku dan jenis pelanggaran ini biasanya diakibatkan oleh seorang pemain yang melanggar pemain dari tim lawan. Dianggap pelanggaran apabila memang pemain tersebut melanggar dengan posisi defense atau reaching yang salah. Wasit akan kemudian secara langsung memberikan peringatan kepada pemain tersebut ketika melihatnya.

  1. Foul Out

Dalam permainan bola basket, foul out merupakan sebuah jenis pelanggaran di mana pemain melakukan 6 kali foul (NBA), 5 kali foul biasa (FIBA), atau telah melakukan pelanggaran teknikal sebanyak 2 kali hanya dalam 1 kali pertandingan. Sebagai akibatnya, pemain tersebut perlu keluar dari lapangan pertandingan oleh wasit.

  1. 8-Second Violation

Dulunya istilah pelanggaran ini dikenal dengan 10-second violation, namun kini menjadi aturan baru ada 8-second violation. Intinya, akan dianggap melanggar peraturan permainan apabila pemain tim A tak keluar dari setengah lapangan tim A atau posisi defense dalam hitungan 8 detik (dulunya 10 detik) sesudah bola dipegang oleh pemain dari tim A lain yang sedang melakukan offense serta ada pada wilayah tim lawan atau tim B (setengah lapangan tim B). Karena hal ini terjadi, maka biasanya keputusan wasit adalah bola kemudian diberikan atau dialihkan kepada tim lawan (tim B).

(Baca juga: peraturan lompat galahperaturan tenis mejaperaturan lompat jauh)

  1. 24-Second Violation

Sama halnya dengan 8-second violation, ini adalah hasil perubahan aturan pelanggaran karena dulunya yang diberlakukan adalah 30-second violation. Bentuk dari kondisi pelanggaran ini adalah ketika pemain dari tim A tak melakukan lay-up atau shoot atau dunk ke ring basket tim B atau tim lawan setelah batas waktu 24 detik telah lewat (dulunya 30 detik). Sebagai hasilnya, wasit kemudian memberikan bola kepada tim B.

  1. Defensive 3 Second

Pelanggaran dalam bentuk ini juga cukup sering terjadi di mana akibat dari seorang pemain yang diam di wilayah timnya sendiri dalam waktu 3 detik ketika lawan sedang berupaya melakukan offense. Sebagai hasilnya, wasit kemudian memutuskan untuk tim lawan melakukan 1 throw-in.

  1. Three Seconds Violation

Ada pula pelanggaran dengan istilah three seconds violation yang juga bakal diberikan wasit kepada pemain yang kerap tak menyadari kesalahan ini. Pelanggaran ini adalah akibat dari seorang pemain yang tengah berada di wilayah key area atau tembakan bebas dalam waktu 3 detik. Wasit pun kemudian akan memberikan peringatan kepada pemain tersebut.

  1. Offensive 3 Second

Ada pula pelanggaran dengan istilah offensive 3 second selain defensive 3 second di mana pelanggaran diberikan oleh wasit kepada seorang pemain yang hanya diam di area tim lawan dalam waktu 3 detik ketika lawan melakukan defense. Bola pun berpindah ke lawan oleh keputusan wasit.

(Baca juga: teknik renang gaya dadateknik renang gaya bebascara memilih kacamata renang)

  1. Shot Clock Violation

Pada pelanggaran jenis ini, ini adalah akibat dari saat melakukan serangan yang di atas waktu 30 detik (FIBA) atau 24 detik (NBA) sebelum bola akhirnya menyentuh ring.

  1. Jumping

Pelanggaran ini diberikan saat seorang pemain hendak melakukan tembakan seraya melompat tapi akhirnya tidak jadi menembak.

  1. Pushing

Ada pula pelanggaran beristilahkan pushing di mana wasit akan menganggap pelanggaran apabila seorang pemain mendorong pemain dari tim lawan.

  1. Blocking Foul

Jenis pelanggaran ini jelas akan diberikan kepada pemain oleh wasit ketika melakukan pelanggaran keras saat menjadi penghalang atau secara sengaja menghalangi pemain dari tim lawan.

  1. Back Court atau Back Ball

Pelanggaran ini adalah suatu jenis pelanggaran yang diberikan kepada pemain oleh wasit dikarenakan pemain membawa bola kembali ke area pertahanan padahal telah melalui garis tengah.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi mengenai pelanggaran dalam bola basket yang kiranya dapat menjadi pengetahuan kita bersama. Kiranya segala teknik dasar permainan bola basket dapat dilakukan dengan benar dan setiap aturan berlaku bisa diikuti dengan baik oleh setiap pemain selama pertandingan berlangsung agar tak membuahkan pelanggaran apalagi sampai harus hengkang dari pertandingan karena pelanggaran tersebut.