3 Teknik Penyerangan Dalam Bola Basket

Permainan bola basket memang selalu menarik untuk ditonton. Permainan yang mengadu kecepatan dan ketangkasan dalam memasukkan bola basket ke dalam ring menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari masyarakat, terutama kalangan anak muda.

Namun tidak semua orang bisa memainkan permainan bola basket. Untuk bisa memenangkan sebuah pertandingan bola basket, diperlukan beberapa teknik penyerangan yang harus diketahui dengan baik. Berikut ini adalah beberapa teknik penyerangan dalam bola basket yang perlu diketahui:

1. Individual

Teknik penyerangan secara individual adalah teknik penyerangan yang dilakukan oleh satu orang individu saja. Untuk bis amelakukan teknik penyerangan seperti ini dibutuhkan seseorang yang sangat mahir dalam melakukan penyerangan.

Orang yang memiliki peranan penting seperti ini biasa disebut MVP atau Most Valuable Person. Pemain yang mampu melakukan penyerangan dengan individual biasanya memiliki keakuratan dalam menembakkan bola atau shooting, mengoper bola, atau mendribble.

2. Group

Teknik penyerangan dengan group dilakukan dengan bantuan beberapa pemain sekaligus. Taktik ini dilakukan setidaknya oleh 2 atau 3 orang pemain secara bersamaan. Adapun beberapa teknik yang digunakan dalam teknik penyerangan group adalah dengan wall passing, blocking, atau screen inter passing.

Beberapa pemain akan saling bekerja sama untuk menyerang satu atau dua pemain lawan, lalu berusaha mencetak skor dalam waktu singkat. Untuk bisa melakukan teknik penyerangan group ini biasanya dilakukan dengan pemain yang memang sudah cocok berkolaborasi satu sama lain.

3. Tim

Teknik penyerangan yang satu ini biasa disebut dengan fast break. Teknik ini dilakukan dengan kerja sama seluruh anggota tim. Penyerangan dilakukan dengan sangat cepat sebelum lawan membuka pertahanannya sehingga lawan tidak bisa berkutik.

Penyerangan fast break akan menempatkan beberapa penyerang di area yang bebas sehingga lawan tidak akan mengetahui darimana tim akan melawan shooting. Sebelum lawan sempat menyadari bahwa mereka sudah diserang, bola telah berpindah tangan ke penyerang sehingga tim bisa menguasai permainan lebih dulu.

Itulah 3 teknik penyerangan dalam permainan bola basket. Teknik penyerangan ini hanya akan bekerja dengan baik jika adanya latihan dan kerja sama yang baik pula di dalam sebuah tim. Selain itu, jangan lupakan pula untuk tetap mempertahankan pertahanan ketika melakukan serangan agar lawan tidak mengambil kesempatan saat diserang.