Singapore Open 2019: Catatan Hari Ketiga, Partai Perang Saudara Di Ganda Campuran

Singapore Open 2019: Catatan Hari Ketiga, Partai Perang Saudara Di Ganda Campuran

Turnamen Singapore Open 2019 telah memasuki hari keempat pada Jumat (12/04/2019). Setelah sebelumnya pada Kamis (11/04/2019) kemarin telah berlangsung beberapa partai yang mempertemukan para wakil Indonesia.

Laga perang saudara kembali tersaji pada Kamis kemarin. Pasangan sektor ganda campuran Ricky Karandasuwardi / Pia Zebadiah Bernadet harus bertemu dengan sesama rekan senegara pasangan Ronald / Annisa Saufika.

Pasangan Ronald / Annisa Saufika yang pada partai sebelumnya mengalahkan pasangan unggulan kedelapan asal Cina, He Jiting / Du Yue harus berbesar hati dihentikan langkahnya oleh kompatriotnya sendiri.

Ronald / Annisa harus mengakui keunggulan pasangan Ricky / Pia dalam tiga set dengan skor 12 – 21, 21 – 13, dan 21 – 16. Ricky / Pia kemudian akan menghadapi pasangan asal Malaysia, Tan Kian Meng / Lai Pei Jing. Ricky / Pia tidak boleh lengah dengan pasangan asal Malaysia tersebut karena merekalah yang mengkandaskan langkah unggulan kedua turnamen asal Jepang Yuta Watanabe / Arisa Higashino.

Masih di partai ganda campuran, ada pasangan Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja yang menjadi unggulan kedua turnamen harus berhadapan dengan pasangan Rinov Rivaldy / Pitha Haningtyas Mentari. Pasangan Hafiz / Gloria melaju mulus ke babak perempat final setelah mengalahkan Rinov / Pitha dengan skor 21 – 7, 21 – 11.

Sayangnya keberhasilan pasangan Ricky / Pia dan Hafiz / Gloria tidak diikuti oleh pasangan Praveen Jordan / Melati Daeva setelah kedunya digagalkan oleh pasangan nomor 1 dunia asal Cina, Zheng Siwei / Huang Yaqiong.

Selain pasangan dari sektor ganda campuran, sektor lain pun berhasil meloloskan wakilnya. Namun ada pula yang gagal. Sektor ganda putri yang diwakili oleh pasangan Yulfira Barkah / Jauza Fadhila Sugiarto gagal ke babak selanjutnya setelah dihentikan pasangan unggulan ketiga asal Jepang Mayu Matsumoto / Wakana Nagahara.

Sektor tunggal putri yang hanya menyisakan satu wakilnya, Ruselli Hartawan pun gagal melaju setelah dikalahkan pemain unggulan ketujuh wakil Korea Selatan, Sung Ji Hyun.

Sementara itu kabar baik dipersembahkan oleh para wakil Indonesia di sektor ganda putra dan tunggal putra. Pasangan Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan yang menjadi unggulan keempat turnamen mengalahkan pasangan tangguh asal Korea Selatan, Kim Gi Jung / Lee Yong Dae. Kim / Lee dikalahkan hanya dalam 37 menit dengan skor 21 – 14, 21 – 17.

Pasangan Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo serta  pasangan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto mengikuti langkah senior mereka lolos ke babak  perempat final. Marcus / Kevin  mengalahkan pasangan asal Cina, He Jiting / Tan Qiang dalam dua set langsung. Sementara Fajar / Rian mengalahkan pasangan asal Malaysia, Chooi Kah Ming / Low Juan Shen pun dengan dua set langsung.

Dari sektor tunggal putra, ada wakil kebanggaan Indonesia,  Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie yang bersama – sama melaju ke babak selanjutnya. Ginting berhasil membalaskan dendamnya setelah kalah di turnamen Malaysia Open 2019 lalu melawan Kenta Nishinoto. Jonathan Christie berhasil memperbesar keunggulan head to headnya menjadi 4 – 0 melawan pemain asal Malaysia, Lee Zii Jia.