8 Jenis Pukulan Golf dan Fungsinya

Golf merupakan salah satu jenis olahraga santai yang kelihatannya tak membutuhkan tenaga besar dan teknik yang ribet. Permainan outdoor atau luar ruang ini termasuk permainan perorangan, tapi juga dapat dimainkan secara tim yang intinya perlu memasukkan bola ke dalam lubang yang telah tersedia pada lapangan golf.

Stik golf adalah alat utama yang digunakan dalam proses memukul bola supaya bisa masuk ke lubang dengan jumlah pukulan sesedikit-sedikitnya. Meski memang tampaknya sederhana ketika memukul bola dengan tongkat, ada sejumlah jenis pukulan golf yang tetap menjadi teknik dasar untuk dikuasai para pemainnya. Bila Anda pemula dalam olahraga golf, maka pastikan untuk menyimak jenis-jenis pukulannya.

Para pemula dalam permainan golf rata-rata sangat asal dalam melakukan pukulan bola golf dan tidak memerhatikan posisi bola tersebut. Supaya dapat bermain golf secara lebih apik dan profesional, perlu sekali bagi Anda untuk menambah pengetahuan akan jenis-jenis pukulan pada olahraga golf. Berikut inilah jenis beserta kegunaan yang akan dijabarkan.

Baca juga:

  1. Fairway Shot

Dalam olahraga golf, ada jenis pukulan yang dinamakan dengan fairway shot diketahui bahwa pada permainannya para pemain biasa menggunakan stik golf jenis wedge atau iron. Ada pula yang menggunakan wood apabila jarak pukulan adalah jarak jauh, yakni lebih dari 160 meter.

Sementara untuk pukulan yang jarak pendek atau berada di bawah 100 meter, biasanya pemain akan menggunakan stik wedge. Berbeda lagi bagi pemain yang memilih stik iron, karena pemain yang memilih irone biasanya justru akan melakukan pukulan dengan jarak sedang. Jarak sedang yang dimaksud di sini adalah antara 100 hingga 160 meter saja.

  1. Tee Shot

Ini merupakan jenis pukulan yang terdefinisikan sebagai pukulan pertawa dari teeing ground. Penggunaan driver biasanya dilakukan pada jenis pukulan ini. Sebagai contoh yang dimaksud di sini adalah 1-wood yang diperuntukkan bagi hole atau lubang yang panjang atau iron untuk hole atau lubang yang lebih pendek.

Baca juga:

  1. Approach Shot

Sesuai namanya yakni approach, artinya pukulan ini perlu pemain lakukan untuk mendekatkan bola ke green. Biasanya pukulan ini memang diperuntukkan bagi pemain yang hendak memukul bola jarak dekat atau sedang. Namun, para pemula juga perlu tahu bahwa pada approach shot ada 3 tipe yang hendaknya bisa dipelajari dan dikuasai dengan baik agar bermain secara maksimal.

  • Chip – Pada approach shot dengan teknik chip, pukulan ini perlu dimainkan dengan rendah. Artinya, bola golf terbang rendah lalu akhirnya bergulir ke arah green.
  • Flop – Pada approach shot dengan teknik flop ini, artinya approach shot pada bola yang melambung tinggi dan akhirnya berhenti langsung tepat sesudah menghantam permukaan tanah. Pemain biasanya perlu melakukan hal ini saat memiliki rintangan ketika hendak mencapai green. Penggunaan teknik flop saat memilih approach shot biasanya adalah dengan lob wedge atau club sand wedge.
  • Pitch – Pada approach shot dengan teknik pitch ini, artinya pemain perlu menerbangkan bola golf hingga melambung ke atas green atau juga bisa dekat green. Penggunaan dan pitch shot satu ini pemain perlu lakukan dengan memakai iron 6 sampai lob wedge.
  1. Bunker Shot

Pukulan jenis ini tujuan utamanya adlaah untuk bisa membuat bola lebih dekat dengan green. Para pemain golf memanfaatkan jenis pukulan ini ketika hendak melakukan pukulan jarak sedang maupun dekat. Pemain juga perlu memakai pukulan ini apabila bola mendarat tepat di atas bunker dan pada umumnya memakai sand wedge.

Baca juga:

  1. Putting

Pemain golf pada umumnya melakukan jenis pukulan ini di atas green dan tentunya pemain pun bakal membutuhkan yang namanya putter. Perlu diketahui pula bahwa putting merupakan jenis pukulan yang tersulit menurut sebagian besar pegolf. Itulah mengapa diperlukan latihan yang terus-menerus agar cepat bisa dan bahkan perlu juga dilakukan menggunakan teknik yang tepat sekaligus juga harus selalu fokus.

  1. Knockdown/Punch

Jenis pukulan ini termasuk dalam pukulan rendah di mana pemain golf melakukannya dengan tujuan utama menghindari adanya angin kencang di atas sekaligus juga cabang pohon. Jadi biasanya apabila bola sampai di area yang dekat dengan pepohonan, maka jenis pukulan inilah yang paling kerap digunakan.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi mengenai jenis pukulan golf yang memang cukup beragam dan bisa dilakukan sesuai dengan kondisi faktor alam maupun juga kebutuhan pemain. Kiranya dengan mengenal jenis-jenis pukulan dalam permainan golf ini, Anda akan mampu mempelajarinya satu per satu sampai menguasainya.

Dengan menguasai per pukulan, maka tentunya Anda akan bersinar di padang golf. Olahraga yang asalnya diketahui dari Belanda/Skotlandia ini memang sudah sekitar 500 tahun dimainkan di kepulauan Britania Raya. Meski terlihat sebagai sebuah jenis olahraga yang eksklusif, olahraga ini dapat dicoba oleh siapapun bagi yang memang tertarik. Namun, mengenali serta melatih setiap pukulan golf sangat diperlukan supaya mampu melakukan permainan dengan baik.