12 Perlengkapan dan Peralatan Golf untuk Pemula yang Benar

Olahraga golf merupakan satu dari banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih untuk bersenang-senang sekaligus juga menyehatkan tubuh. Dalam segala jenis olahraga selalu ada orang-orang yang disebut dengan pemula di mana mereka mulai ingin bermain karena tertarik. Dan jika Anda adalah salah satu pegolf pemula, jangan sampai melewatkan peralatan golf untuk pemula di bawah ini.

Baca juga:

  1. Stick Golf

Tentunya kita tahu bahwa dalam golf, perlatan yang paling utama untuk kita miliki adalah stick golf. Inilah alat yang akan membantu kita dalam memukul dan memasukkan bola ke dalam lubang di padang golf. Ketika sudah bukan orang awam, stick golf ini juga disebut dengan istilah golf clubs dan ada berbagai jenis yang perlu disimak:

  • Irons – Dalam satu set golf clubs, suatu irons set terdiri dari nomor 5-9 di mana juga ditambah dengan pitching. Ketika nomornya makin besar, maka shaft-nya pun lebih pendek, namun untuk hasil pukulan makin jauh justru dengan memakai yang shaft-nya panjang. Dalam setnya, iron nomor 7 diketahui dapat menghasilkan pukulan lebih dari 120 meter jauhnya.
  • Woods – Biasanya bisa juga disebut dengan driver di mana penggunaannya bertujuan untuk memperoleh hasil pukulan jarak jauh. Pada umumnya, ada terdiri dari 1-3 untuk wood ini, namun hanya memiliki 1 pun tak masalah dan cukup-cukup saja. Hasil pukulan untuk wood 1 diketahui bisa sampai lebih dari 200 meter.
  • Hybrids – Bisa dikatakan juga bahwa hybrids merupakan perpaduan antara irons dan woods. Untuk menghasilkan pukulan jarak jauh, hybrids bisa diandalkan mirip seperti woods. Hanya saja memang untuk hybrids penggunaannya bisa di luar tee-box dan woods hanya di dalam.
  • Putter – Para pegolf menganggap putter ini sebagai striker apabila diibaratkan dalam posisi pemain sepak bola. Tugas dari putter ini fungsi utamanya adalah sebagai pencetak gol alias put in the hole yang ada di dalam green alias kotak penalti. Karena bentuk serta bobot head pada putter sangat beragam, maka perhatikan penggunaan menurut tujuannya masing-masing.
  • Wedges – Sebetulnya, wedges pun juga termasuk irons, namun wedges terbilang lebih istimewa karena headnya yang memiliki derajat kemiringan atau loft yang berbeda. Loft yang ada pada wedges justru malah lebih landai dibandingkan dengan irons. Pukulan lob dengan wedges bisa dilakukan pada jarak pendek untuk mengarahkan bola ke green. Sand Wedge adalah tipe wedge yang multifungsi dan lebih populer.
  1. Topi

Topi golf atau hat akan sangat mendukung permainan Anda karena golf merupakan sebuah olahraga yang dilakukan di luar ruangan. Untuk perlindungan dari sinar matahari selama bermain, topi adalah perlengkapan yang bisa disiapkan. Bahkan topi juga dapat dijadikan tempat penyimpan tee dan marker.

(Baca juga: teknik lempar cakram cara memegang raket bulu tangkis)

  1. Cloves

Percaya atau tidak, perlengkapan dalam golf satu ini juga turut menentukan kesuksesan pukulan-pukulan para pegolf selain dari faktor hand grip. Ini karena cloves pada permainan golf akan membantu menjamin posisi tangan pada pegangan supaya stabil dan juga lebih menggigit. Penggunaan golf cloves ini adalah pada tangan kiri dan akan cukup sulit bagi pegolf kidal dalam memperoleh golf cloves yang sesuai karena itu artinya ia perlu mengenakannya pada tangan kanan.

  1. Pakaian Golf

Dalam bermain golf, tak lupa juga ada shirt khusus yang bisa dikenakan. Pada shirts untuk golf, bahan dasar pakaian tak beda jauh dengan jersey atau pakaian olahraga lainnya. Untuk bermain golf, tak ada peraturan khusus juga untuk mengenakan pakaian khusus golf, namun Anda bisa mengenakannya jika nyaman. Bahkan ketika ingin mengenakan pakaian sepakbola pun sah-sah saja asalkan nyaman dan tak memengaruhi teknik permainan. Jika ingin tetap memakai golf shirt, tambahkan hand sleeve karena rata-rata golf shirt berlengan pendek.

(Baca juga: perlengkapan bulu tangkisperaturan lompat jauh)

  1. Celana Golf

Dalam hal celana, celana golf dan celana biasa tentu saja berbeda dalam hal bahan. Sangat dianjurkan untuk pegolf memakai celana khusus untuk golf karena memang bahan celana golf lebih sintetis, memberikan efek adem dan bahkan ada yang berfitur tempat penyimpan tee.

Corak atau motif dari celana khusus untuk golf juga spesial karena yang paling populer adalah motif kotak-kotak. Namun kini yang lebih populer adalah celana golf bermotif polos namun dengan warna pastel yang menarik. Untuk celana motif polos, biasanya warna yang tersedia adalah putih, oranye, merah muda dan biru.

  1. Sepatu Golf

Sepatu golf terkenal mahal memang, namun banyak pegolf yang menyatakan dan membuktikan bahwa kita bisa mengenakannya secara jangka panjang. Desain sole pada sepatu golf adalah yang membedakan dari sepatu sport lainnya secara mendasar. Sole model spike dan hybrid adalah yang paling banyak digunakan saat ini.

(Baca juga: cara memilih bet tenis meja teknik heading dalam sepak bola)

  1. Kaos Kaki

Karena memakai sepatu golf, jangan ketinggalan juga kaos kakinya. Ada banyak kaos kaki khusus untuk golf juga di mana Anda bisa membelinya di toko perlengkapan golf. Memang tergolong mahal, namun juga termasuk awet dan tidak akan menyesal juga ketika sudah membelinya.

  1. Sunblock

Perlengkapan golf ini juga penting bagi beberapa pegolf karena memang sunblock memiliki fungsi sebagai pelindung kulit agar tidak terbakar sinar matahari. Kulit bisa menjadi gosong saking keasyikan main golf, jadi pakailah dengan mengaplikasikannya pada lengan jika tak memakai hand sleeve, telinga bagian luar, kaki jika mengenakan celana pendek, serta leher bagian belakang.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi mengenai peralatan golf untuk pemula yang kiranya bermanfaat jika Anda mulai tertarik pada olahraga ini. Jika sudah memiliki peralatan sekaligus perlengkapannya, maka jenis-jenis pukulan golf bisa mulai untuk dilatih.