12 Peralatan Renang Lengkap untuk Anak dan Dewasa

Berenang memang seru dan asyik, apalagi kalau sedang masuk musim kemarau yang cuacanya panas dan juga sedang ada di musim liburan. Bagi Anda yang suka dengan suasana berlibur di air, tentunya ke pantai atau ke tempat renang di dekat rumah sudah sangat menghibur. Kalau Anda bingung ke mana harus mengajak si kecil liburan, ajak ia untuk berenang.

Ketika akhir pekan tiba atau libur panjang, mungkin Anda akan suka mengajak anak bermain air. Berenang bisa menjadi pilihan aktivitas liburan yang menyenangkan, namun jangan lupa untuk mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk si kecil. Ada sejumlah peralatan renang anak wajib untuk dibawa ketika memilih kegiatan berenang.

Baca juga:

  1. Pakaian Renang

Tentu saja hal yang tidak boleh ketinggalan ketika akan pergi berenang adalah pakaian khusus renang. Supaya si kecil bisa bersenang-senang secara maksimal, siapkan dulu baginya pakaian renang yang ia suka dan nyaman memakainya. Pilihlah pakaian renang yang berbahan paling sesuai untuk berada di dalam air, yakni lycra.

Pakaian renang berbahan lembut adalah lycra sehingga sangat pas untuk para perenang cilik. Tak hanya nyaman karena bahannya, tapi warna dari bahan ini juga terlampau bagus di mana warnanya pun awet tak gampang kusam apalagi luntur. Untuk masalah pakaian renang, berikut ini adalah yang paling perlu disiapkan:

  • Baju Renang – Baju renang zaman sekarang sangatlah beragam dalam hal model, termasuk juga untuk kebutuhan anak. Ada yang modelnya tertutup ada pula yang bermodel terbuka, jadi tinggal pilih sesuai selera saja. Baju renang anak ada yang model tertutup berhijab tapi ada juga yang modelnya terbuka untuk anak perempuan, namun untuk laki-laki lebih fleksibel.
  • Celana Renang – Untuk anak laki-laki, jelas akan membutuhkan celana renang dan perlengkapan ini bisa dibeli di toko-toko olahraga, khususnya tolo peralatan untuk berenang. Hanya saja, celana renang pun jangan yang asal karena celana renang khusus untuk berenang jelas akan mendukung pergerakan si kecil.
  • Kaos dan Celana – Apabila misalnya lupa membeli atau menyediakan alat dan perlengkapan renang seperti pakaian renang untuk anak, bisa Anda siapkan kaos dan celana biasa untuk si kecil, baik untuk perempuan atau laki-laki. Asalkan si kecil tidak rewel, hal ini pun tak menjadi masalah, tapi memang jauh lebih baik kalau memakai pakaian khusus untuk renang.
  1. Kacamata Renang

Kacamata renang bukan hanya dibutuhkan ketika berada di pantai, bahkan dalam olahraga renang pun para perenang kerap menggunakan kacamata ini supaya dapat melindungi mata. Supaya mata tak perih dan teriritasi, memang diperlukan penggunaan kacamata renang untuk anak. Selain itu, si kecil bisa berenang dengan lebih nyaman dan leluasa karena bisa tetap melihat ketika berada di dalam air.

Bahkan untuk si kecil yang matanya minus pun, kini ada kacamata renang khusus untuk mata yang minus. Maka dari itu, usahakan untuk tak lupa membawa kacamata renang ini supaya mata anak tidak perih dan merah setelah berenang. Pilihlah kacamata renang dengan kualitas paling baik untuk si kecil.

(Baca juga: cara memilih kacamata renangperlengkapan bulu tangkis)

  1. Baju Ganti

Jika berencana menghabiskan waktu untuk berenang bersama si kecil, jangan sampai lupa juga untuk menyiapkan baju ganti. Bawalah baju dan celana dalam serta luar untuk ganti si kecil seusia ia beraktivitas renang. Celana ganti adalah yang paling penting untuk dipersiapkan.

Sementara itu bila bingung tentang pakaiannya, Anda cukup pakaikan si kecil baju yang digunakan sebelum berenang jadi tak perlu membawa baju atasan terlalu banyak. Kalau khawatir bawaan akan terlalu banyak, cukup bawa celana untuk ganti saja dan baju setelah berenang bisa memakai kaos yang dikenakan waktu berangkat.

  1. Kaki Katak

Alat renang lainnya yang kiranya perlu disiapkan dan juga dibawa untuk membantu si kecil berenang dengan lebih nyaman dan seru adalah kaki katak. Alat bantu renang ini biasanya dipakaikan di kaki dan untuk teknik renang gaya bebas biasanya akan lebih cepat dengan memakai alat ini.

  1. Ban

Anak-anak yang suka berenang biasanya bisa memakai ban, khususnya yang baru belajar dan masih belum bisa lepas di air begitu saja. Ban ini akan membantu si kecil dalam kondisi aman karena mampu mengapung di air. Ban juga berfungsi sebagai alat penolong yang sangat bermanfaat ketika misalnya perenang akan tenggelam.

  1. Papan Pelampung

Untuk si kecil yang masih pemula dalam hal renang, membawa atau menyiapkan papan pelampung juga merupakan hal yang penting. Papan ini sama seperti ban dalam hal fungsi, yakni membantu perenang untuk mengapung, namun juga sambil terus meluncur. Anak juga bisa belajar melakukan gerakan kaki yang benar ketika ingin menguasai teknik renang gaya dada atau katak atau juga gaya bebas.

(Baca juga: latihan dribbling sepak bolaperaturan permainan bola basket)

  1. Pull Buoy

Apabila si kecil ingin belajar teknik renang gaya kupu-kupu, maka pull buoy bisa disiapkan dan dibawa juga ketika berenang. Fungsi dari alat ini adalah sebagai pembantu kaki yang kerap tenggelam saat berlatih. Karena untuk anak-anak, carilah pull buoy yang ukurannya kecil dan pas untuk sang buah hati.

Ketika memakai alat ini, otomatis kaki pun dapat terangkat ke atas sehingga tak gampang tenggelam saat berlatih. Untuk menggunakannya, tinggal menjepit saja pull buoydi bagian paha dan setelah itu gerakan kupu-kupu bisa mulai untuk dilakukan tanpa harus khawatir kaki akan turun.

  1. Hand Paddle

Hand paddle bukan hanya diperlukan bagi orang dewasa yang ingin berenang, tapi juga anak-anak. Fungsi hand paddle adalah sebagai alat pendukung ketika melatih kemampuan kekuatan tangan saat berenang, terutama saat melakukan gaya bebas. Untuk menggunakannya, masukkan telapak tangan langsung ke dalam hand paddle, barulah lanjutkan dengan berenang.

  1. Penutup Kepala

Ada beberapa orang yang lebih suka berenang tanpa menggunakan penutup kepala, tapi ada juga yang lebih nyaman dengan mengenakan penutup kepala. Jika Anda merasa bahwa si kecil akan lebih baik kalau mengenakannya, maka jangan lupa mempersiapkannya untuk dibawa esok hari ketika akan pergi berenang.

Guna tutup kepala ini intinya adalah sebagai pelindung rambut dari klorin yang merupakan kandungan pada air kolam renang. Klorin agak kurang sehat untuk rambut dan kulit, oleh karena itu diperlukan pelindung yang pas, apalagi kalau si kecil berambut panjang. Rambut juga tak akan mengganggu ketika berenang.

(Baca juga: latihan fisik tenis lapanganpelanggaran dalam bola basket)

  1. Sunblock Anak

Berenang memang asyik karena bisa bermain air, tapi ketika berenang di tempat yang terbuka, tentu saja sinar mataharinya bisa sangat membakar dan membuat kulit gosong. Supaya kulit si kecil tak gampang gosong atau hitam, silakan membawa sunblock khusus untuk anak dan aplikasikanlah sebelum si kecil berenang dengan mengoleskannya ke seluruh tubuhnya.

  1. Handuk

Sesudah renang, tentu saja tubuh si kecil akan basah kuyup dan juga kedinginan. Karena anak daya tahan tubuhnya masih belum terlalu tinggi dan kuat, maka jangan biarkan ia terlalu lama dalam kondisi basah kuyup. Pastikan untuk membawa handuk yang disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Pakaikan handuk untuk mengeringkan tubuhnya sebelum mandi dan ganti baju setelahnya.

  1. Peralatan Mandi

Seusai aktivitas renang yang menyenangkan, Anda perlu menyelimutinya dengan handuk dan mengeringkan serta menutupi tubuhnya agar tidak masuk angin kalau terlalu lama dalam keadaan basah kuyup. Untuk peralatan yang harus dibawa selanjutnya ketika berenang adalah peralatan mandi. Sabun mani dan juga sampo kemasan cair adalah yang paling praktis untuk dibawa-bawa.

Baca juga:

Itulah sedikit informasi tentang perlengkapan dan peralatan renang anak yang wajib disiapkan dan bahan dibawa ketika hendak menghabiskan waktu luang dengan berenang. Dengan peratalan dan perlengkapan tersebut, berenang akan terasa lebih menyenangkan dan si kecil pun akan memiliki hari yang seru.