4 Variasi Permainan Bola Voli untuk Dikuasai

Ada sejumlah variasi permainan bola voli yang penting untuk kita ketahui, khususnya bagi Anda yang menjadi seorang pemain bola voli. Aktivitas olahraga tim yang seru ini memiliki variasi keterampilan gerak di mana variasi itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa teknik dasar yang kemudian pemain dapat lakukan dalam serangkaian gerakan.

Tujuan dari variasi gerakan tersebut adalah supaya para pemain mampu memperkirakan efek gerakan servis, blocking, smash dan passing. Dengan mengetahui, mengenal, mempelajari dan menguasai variasi tersebut, akan lebih mudah bagi seorang pemain untuk berusaha memenangkan pertandingan voli. Berikut ini adalah contoh-contoh dari beberapa variasi permainan yang dimaksud untuk bisa diperhatikan dan dilatih.

  1. Passing Atas

Passing AtasPassing merupakan teknik dasar yang perlu untuk dikuasai oleh seluruh pemain bola voli. Setelah segala perlengkapan bola voli dimiliki, maka latihan teknik dasar adalah hal utama yang perlu dilakukan. Pada umumnya, passing adalah suatu teknik yang dapat dipelajari dan dikuasai setelah mampu melakukan servis dengan benar dan sempurna.

Passing merupakan sebuah gerakan dari satu pemain untuk memberikan bola kepada rekan setimnya. Mungkin passing yang kita tahu di awal adalah yang paling mendasar, padahal ada versi variasi atau kombinasi untuk gerakan passing ini. Yang paling pertama untuk kita bahas di sini adalah passing atas mulai dari persiapan hingga cara mengakhiri gerakan.

  • Untuk gerakan yang paling awal dan sebagai langkah persiapan, ambil posisi berdiri dengan membuka kedua kaki selebar bahu.
  • Rendahkan kedua lutut sampai akhirnya berat badan terasa bertumpu di bagian ujung kaki depan.
  • Posisi lengan yang benar pada kondisi ini adalah berada di bagian depan dengan kedua telapak tangan berikut jari-jarinya direnggangkan sehingga terbentuk seperti mangkuk tepat di atas depan wajah pemain.
  • Pastikan supaya pandangan selalu fokus ke arah bola.
  • Setelah persiapan sudah benar, maka gerakan passing atas pun bisa dilakukan, yakni dengan cara mendorongkan kedua lengan menyambut arah datangnya bola bersama-sama dengan kedua lutut, sementara itu juga naikkan pinggul serta angkatlah tumit.
  • Upayakan agar arah lambungan bola yang datang bisa tepat di bagian atas tengah wajah.
  • Perkenaan bola yang dianggap paling baik adalah ketika bisa tepat mengenai jari tangan pemain.
  • Untuk mengakhiri gerakan, angkat tumit dari lantai, naikkan lutut dan pinggul sambil meluruskan kedua lengan dan pandangan tetap berada pada bola.
  1. Passing Bawah

Passing BawahPada permainan bola voli, passing bukan hanya ada passing atas melainkan juga ada passing bawah di mana passing atas dan bawah ini masih menjadi bagian dari strategi penggunaan teknik tertentu dalam menyerang tim lawan. Passing baik dari atas maupun bawah tetap harus dilakukan secara tepat.

Bahkan untuk teknik passing dari bawah pun diharapkan untuk tidak sampai meleset dan harus dengan akurasi yang tinggi. Ini supaya bola yang dioperkan ke teman setim bisa diterima dengan benar dan bukannya malah diterima oleh pemain tim lawan. Dengan cara ini, Anda pun bisa menjadi penolong supaya teman setim Anda menyerang dan menghasilkan poin.

  • Dalam hal persiapan atau gerakan dasar di awal dari passing bawah, ambil sikap berdiri dengan membuka kedua kaki selebar bahu.
  • Sama dengan passing atas, kedua lutut juga perlu direndahkan pada posisi persiapan passing bawah sehingga tumpuan berat badan berada di kedua ujung kaki bagian depan.
  • Luruskan kedua lengan di bagian depan badan dan dalam kondisi rapat sampai kedua ibu jari juga sejajar.
  • Pandangan pemain harus menatap dan fokus pada arah datang bola.
  • Setelah persiapan mantap, kedua lengan dapat didorongkan ke arah datang bola dengan kedua lutut dan pinggul dinaikkan pada waktu yang sama; tak lupa juga tumit pun harus terangkat dari lantai.
  • Upayakan supaya datangnya bola arahnya bisa tepat pada tengah-tengah tubuh pemain.
  • Perkenaan bola yang dianggap bagus dan baik adalah di bagian pergelangan tangan.
  • Sementara untuk akhir gerakan, yang paling penting adalah tumit terangkat, sementara lutut dan pinggul bisa naik beserta kedua lengan diluruskan. Pandangan pun harus wajib ikut mengarah pada gerakan bola.
  1. Smash

SmashSmash atau yang juga bisa disebut dengan istilah spike merupakan sebuah teknik dasar juga dalam permainan bola voli. Dalam cara bermain bola voli yang benar, Anda pun perlu menguasai teknik smash agar mampu mencetak poin dan memenangkan pertandingan bersama tim.

Smash pada bola voli memiliki inti gerakan yang sama dengan teknik dasar permainan bulu tangkis, karena ini adalah suatu gerakan memukul bola dengan memakai kekuatan penuh sambil melakukan lompatan. Bola yang dipukul tersebut harus diarahkan ke area kosong milik tim lawan secara keras-keras yang biasanya dapat membuahkan poin.

  • Untuk langkah persiapan variasi dalam pukulan smash, ambil posisi berdiri sambil mempertahankan sikap melangkah yang menghadap ke arah net bola voli.
  • Tumpuan berat badan perlu berada di bagian kaki depan.
  • Pastikan agar pandangan mengarah ke depan atau arah net dan pemain pun harus dalam kondisi konsentrasi penuh.
  • Persiapan posisi yang sudah matang bisa dilanjutkan dengan ke inti gerakan, yakni gerak awalan lebih dulu. Gerak awalan di sini adalah dengan melangkahkan kaki setidaknya 2 langkah dan untuk langkah yang terakhir dibuat lebar.
  • Gerak tolakan adalah gerakan inti variasi smash kedua, yakni gerakan menolak dengan kedua kaki ke arah atas sambil kedua lengan diayunkan mengikuti gerakan kedua kaki di mana ayunan harus ke depan atas.
  • Gerak pukulan adalah gerakan selanjutnya pada variasi smash di mana ini adalah gerakan memukul bola bagian atas yang dilakukan menggunakan telapak tangan di saat yang sama dengan pengaktifan pergelangan tangan pemain.
  • Gerak mendarat adalah gerakan terakhir di mana pada gerakan ini intinya adalah melakukan pendaratan dengan ujung telapak kedua kaki dengan kedua lutut juga mengeper di saat bersamaan.
  • Sebagai akhir gerakan, rendahkan kedua lutut dan lanjutkan dengan badan yang dibungkukkan. Bawa juga berat badan ke arah depan sambil pandangan fokuskan ke atas depan, sementara bagian kedua lengan berada di depan sisi tubuh, biarkan rileks.
  1. Servis Atas

Servis AtasTeknik servis juga paling mendasar dalam permainan bola voli dan ini merupakan gerakan pukulan yang dilakukan melalui net dengan mengarahkannya pada daerah kosong milik tim lawan atau diarahkan ke pemain lawan yang kiranya tampak lemah sehingga ia tak mampu mengolah bola yang kita servis sehingga otomatis tim sendirilah yang memperoleh poin.

Perlu juga diingat bahwa pemain bisa melakukan servis sesudah bola voli jatuh ke tanah sebagai bagian dari peraturan permainan bola voli. Dalam variasi gerakan, kita juga harus mengenal gerakan servis. Sama seperti gerakan variasi lainnya, pada gerakan ini juga dibagi menjadi 3, yaitu persiapan, gerakan inti serta akhir gerakan.

  • Untuk persiapan, ambil posisi berdiri yang tegak dan pandangan menuju arah depan atau bola.
  • Kedua kaki juga harus dalam posisi sikap melangkah, yakni kaki kanan di belakang dan kaki kirilah yang di depan.
  • Bola dipegang di tangan kiri tepat di depan badan.
  • Untuk inti gerakan setelah persiapan matang, bola bisa dilambungkan ke atas namun agak ke belakang di mana kurang lebihnya 1 meter dan harus memakai tangan kiri.
  • Tak ketinggalan tubuh pun seharusnya agak melenting ke belakang yang artinya berat badan ditumpukan di bagian kaki belakang.
  • Tangan sebelah kanan ayunkan di saat yang sama dengan gerakan tubuh ke depan.
  • Tangan kanan digunakan untuk memukul bola yang dibantu dengan melecutkan atau mengaktifkan pergelangan tangan.
  • Sebagai akhir gerakan, bawalah berat badan ke depan dengan kaki belakang dilangkahkan ke arah depan dan pandangan tetap fokus mengikuti arah datang atau lambungan bola.

Demikianlah variasi permainan bola voli yang dapat dipelajari dan dilatih dengan baik oleh para pemain bola voli, terutama yang masih menjadi pemula. Ketika variasi gerakan digunakan pada waktu yang tepat dan konsisten juga dieksekusi dengan keakurasian yang tinggi, maka tim akan memiliki potensi lebih besar dalam memperoleh angka. Untuk hasil permainan yang baik, tentu harus diimbangi pula dengan latihan fisik bola voli yang tekun dan teratur.