Sponsors Link

13 Cara Memilih Bola Sepak yang Benar dan Berkualitas

Sponsors Link

Bola sepak adalah perlengkapan paling wajib tentunya dalam sebuah permainan atau pertandingan sepak bola. Alat penting ini wajib untuk dipenuhi dan bila ingin memperolehnya pun ada banyak dijual di pasaran dengan berbagai macam merk dan juga tingkat kualitas. Bahkan desain dan warna bola sepak pun sangat beragam, tak lagi hitam dan putih seperti zaman dulu.

ads

Mungkin Anda pun bingung karena harus membeli bola sepak namun perlu mempertimbangkan dari segi harga, bahan, kualitas dan bahkan tingkat keawetan. Berikut ini adalah cara memilih bola sepak yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan teknik dasar permainan sepak bola agar mampu mendapatkan bola yang paling berkualitas, bagus dan awet.

  1. Menentukan Tujuan Penggunaan Bola

Bukankah bola sepak digunakan untuk bermain sepak bola? Perlu diketahui di sini bahwa, ada 2 jenis teknik pembuatan bola, yakni dengan metode jahit tangan dan kedua adalah dengan metode press mesin. Untuk kasus bola yang dibuat dengan metode press mesin akan lebih keras ketimbang bola hasil jahitan tangan yang artinya juga penggunaannya nanti di lapangan pun akan cukup berpengaruh.

  1. Mengajak Teman

Bila Anda tak berpengalaman dalam hal membeli bola, ajaklah teman yang memang sangat paham dan ahli tentang sepak bola dan masalah bola. Mulai dari bahan, kualitas dan harganya akan sangat baik kalau Anda bisa mendapatkan saran dari teman tersebut. Bahkan teman Anda pun kemungkinan bakal mengajak Anda ke tempat penjual bola yang memang paling baik.

  1. Mempertimbangkan Ukuran Bola

Dalam memilih bola sepak, ukuran bola pun menjadi poin penting untuk diperhatikan. Apabila ingin memperoleh bola sepak yang benar-benar baik, ketahui dulu ukuran bola sepak yang mana yang paling Anda butuhkan. Bola dengan ukuran standar resmi FIFA jauh lebih dianjurkan dan untuk ukuran yang bisa Anda pilih adalah 5.

Ya, ukuran 5 adalah ukuran bola sepak standar resmi yang dimaksud, maka penting untuk Anda yang ingin membeli bola sepak untuk melakukan pengecekan lebih dulu terhadap ukuran. Tujuan pengecekan tersebut adalah demi standarisasi bola yang digunakan tersebut nantinya sehingga perlu menjadi pertimbangan wajib.

  1. Mempertimbangkan Bahan Pembuatan Bola

Bola sepak yang baik dan menurut standar resmi bukan hanya dilihat dari ukurannya saja. Bahan apa yang dipakai untuk membuat bola tersebut juga sangat penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum membeli. Pilihlah bola yang berjenis approved dan bahan penyusunnya sebaiknya pun berasal dari kulit.

Selain kulit, bahan pembuatan bola sepak yang bisa dipilih adalah sintetis di mana pada umumnya, jenis sintetislah yang paling gampang dipakai. Sementara itu, bahan jenis kulit memang bagus namun memang lebih sulit untuk dijumpai. Tak usah khawatir, kedua bahan tersebut termasuk yang paling baik kualitasnya sehingga Anda bisa menggunakan salah satu.

  1. Mengecek Kondisi Bola

Bola sepak baru yang Anda pilih harus benar-benar dicek sebelum Anda memutuskan untuk membelinya dan perhatikan baik-baik akan kondisinya. Kualitas bola bisa ditentukan ketika kita melakukan pengecekan secara teliti sehingga nantinya pun kita tak akan kecewa terhadap bola sepak yang telah dibeli berdasarkan pilihan sendiri.

Cukup lakukan tes sederhana saja untuk menentukan kualitas bola sepak yang Anda incar dengan menendangnya lurus ke arah depan. Saat bola menggelinding lurus, itu artinya kualitas bola sangat bagus. Namun bila arah berbelok, otomatis kondisi bola dalam kondisi yang tak bagus dan sebaiknya tidak dipaksakan untuk dibeli apalagi digunakan.

Sponsors Link

  1. Memerhatikan dan Mempertimbangkan Bladder serta Cover

Dalam memilih bola sepak yang terbaik dan hendak Anda pergunakan juga untuk latihan fisik sepak bola, pilih permukaan bola yang tepat. Bola berkualitas adalah yang terbuat dari karet, PVC/Polyvinyl Chloride, serta PU/Polyurethane. Salah satu dari 3 jenis tersebut merupakan yang paling bisa diandalkan sehingga menjadi yang paling disarankan.

Kalau ingin membeli yang original, maka otomatis jangan lupa mempertimbangkan tipe bladder pada bola. Bola sepak yang mengembak secara baik adalah yang didesain dengan kombinasi antara katup udara dan karet butil. Bola tipe bladder juga yang paling lembut serta lebih gampang dikontrol saat bersentuhan dengan kepala pemain.

Setiap tipe bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan untuk bahan PU, bola ini akan lebih awet dan tahan air. Bila hanya ingin menggunakan dengan tujuan latihan, bahan karet lebih dianjurkan. Sementara untuk PVC, bola akan tergolong ringan dan tahan lama sehingga bisa menjadi pilihan utama saat memilih bola.

ads
  1. Mengecek Tingkat Kekerasan Bola

Seperti yang sudah dijelaskan singkat sebelumnya bahwa bola sepak terdiri dari 2 jenis, yakni yang dibuat dengan metode jahit tangan dan press mesin. Untuk kenyamanan dalam teknik heading dalam sepak bola, begitu juga dalam teknik menggiring bola dalam sepak bola, ditambah juga ketika berlatih teknik dasar menendang bola dalam sepak bola, bola dari pembuatan teknik jahit lebih diunggulkan.

Hanya saja, tak salah juga bila Anda ingin menggunakan bola sepak yang dibuat dengan teknik press mesin karena lajunya akan lebih cepat. Namun ketahui risikonya, yakni permukaan bola dengan teknik press mesin terasa lebih keras sehingga bakal lebih sakit kalau mengenai badan pemain.

  1. Melihat dan Memerhatikan Pantulan Bola

Bola sepak yang original pada umumnya sudah jelas memenuhi standar resmi untuk yang dipergunakan dalam pertandingan. Jadi bila bicara tentang pantulan bola sepak standar resmi dan diberlakukan di seluruh dunia, maka yang dimaksud adalah 30 hingga 40 meter di mana pantulan standar tersebut adalah dari ketinggian 1-2 meter ketika dipantulkan.

  1. Mengecek Kondisi Pentil Bola

Dalam membeli bola baru, adalah hal wajib untuk melakukan pengecekan keadaan pentil bola. Pada umumnya, pentil yang baik memengaruhi tingkat harga dan kualitas. Harga bola yang mahal dan pada bola yang original biasanya menggunakan pentil yang sangat bagus. Supaya tak bocor sewaktu digunakan, kondisi pentil harus diperiksa sebelum membeli.

  1. Memilih Merk Bola

Apabila hendak melakukan pembelian bola sepak bukan untuk pertandingan melainkan hanya untuk bermain karena hobi, bola sepak yang produksi lokal lebih disarankan. Namun bola yang paling baik untuk pertandingan adalah bola sepak original di mana tentunya hasil produksi luar, seperti halnya Molten, Umbro, Nike dan Adidas.

  1. Menghindari Membeli Bola Kempes

Amat dianjurkan untuk membeli bola sepak original yang tak kempes. Tujuan dari hal ini tentunya adalah demi mencegah pentil berkualitas kurang baik pada bola sepak tersebut. Kebocoran dan kempesnya bola sepak tak akan nyaman sama sekali ketika digunakan.

  1. Mempertimbangkan Harga

Untuk bola sepak original yang bermerk dan berkualitas tinggi, jelas harga juga tinggi dan Anda perlu merogoh kocek lebih. Bola buatan lokal tentunya lebih murah, namun juga dilihat lagi juga dari tujuan penggunaan, untuk hobi atau pertandingan resmi. Harga pun tak sebaiknya dijadikan tolak ukur satu-satunya dalam menjadi penentu kualitas bola sepak tersebut.

Demikianlah cara-cara memilih bola sepak yang kiranya dapat membantu Anda supaya bisa mendapatkan bola yang paling baik untuk digunakan bermain, baik untuk mengisi waktu luang atau memang untuk pertandingan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 06th, October 2017 / 15:10 Oleh :
Kategori : Atletik