Inilah Cara Melakukan Gerak Kelinci Melompat yang Benar!

Dalam pembelajaran olahraga di beberapa sekolah, terutama sekolah dasar, mempelajari gerakan dasar dalam olahraga sangatlah penting. Dan salah satu gerakan dasar yang dipelajari adalah gerakan melompat. Terdapat banyak variasi gerakan melompat dan yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah cara melakukan gerak kelinci melompat.

Gerak kelinci melompat adalah salah satu senam tanpa alat yang sangat populer. Gerakan ini banyak ditemukan dalam berbagai senam yang biasanya dilakukan para murid sebelum masuk ke dalam kelas. Gerakan kelinci melompat dapat dikombinasikan dengan gerakan senam lainnya.

Gerakan kelinci memang sangat sederhana, namun justru sangat baik untuk menguatkan otot kaki dan memperbaiki bentuk tulang belakang. Dibutuhkan kelincahan dan kekuatan yang baik untuk dapat melakukan gerakan ini.

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah cara melakukan gerak kelinci melompat yang benar:

Sikap awal

Sikap awal pada gerakan kelinci melompat adalah dengan berdiri tegak lurus. Buka kedua kaki selebar telapak tangan. Letakkan kedua tangan lurus di samping badan. Arahkan pandangan tegak lurus ke depan dan fokus pada arah lompatan. Tegapkan badan dengan mempertahankan punggung agar tetap lurus.

Bersiap

Gerakan selanjutnya adalah bersiap. Gerakan bersiap dilakukan dengan menurunkan badan secara perlahan. Turunkan hingga badan berada dalam posisi jongkok. Ikuti dengan tangan sedikit terangkat ke arah depan atas untuk menjaga keseimbangan badan. Fokuskan pandangan ke arah depan.

Lompatan

Lakukan lompatan dengan menggunakan kedua kaki sebagai tolakan. Tegangkan kedua kaki saat berada di udara agar lompatan menjadi lebih jauh. Pertahankan posisi tangan yang agak menekuk. Ketika kaki hampir menyentuh tanah, tekukkan kedua kaki untuk bersiap melakukan pendaratan.

Mendaratlah dengan menggunakan kedua telapak kaki yang menapak lurus di tanah. Tetap pertahankan posisi kedua tangan untuk menyeimbangkan badan ketika mendarat. Agak bungkukkan badan dan tundukkan kepala agar tidak mudah jatuh. Setelah mendarat, kembali fokus ke depan dan berdiri tegak lurus.

Itulah cara melakukan gerakan melompat seperti kelinci yang perlu diketahui. Mungkin terdengar mudah, namun bagi kamu yang sangat jarang berolahraga, gerakan ringan seperti ini mungkin justru terlihat sulit. Maka dari itu, lakukan latihan seserig mungkin untuk mendapatkan gerakan yang sempurna.