Kenali 5 Cara Belajar Berenang Mengapung yang Baik dan Benar

Berenang memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Mulai dari menguatkan sistem imunitas tubuh, meninggikan badan, menguatkan otot dada, tangan, dan kaki, serta manfaat relaksasi yang membuat kita terbebas dari stres dan tekanan.

Namun meskipun olahraga ini sangat menyenangkan, ternyata tidak banyak orang yang bisa berenang. Kesulitan yang paling banyak dialami oleh orang yang baru belajar berenang adalah cara mengapung di atas air. Bagi kamu yang mengalami kesulitan seperti ini, berikut ini adalah cara belajar berenang mengapung di air:

1. Biasakan diri

Hal yang pertama harus dilakukan adalah membiasakan diri di dalam air. Untuk belajar mengapung, lakukan di dalam kolam yang tenang. Hindari belajar di sungai atau laut yang memiliki ombak. Tenangkan diri dan lakukan pemanasan dengan beberapa gerakan kecil terlebih dahulu.

2. Minta bantuan

Untuk dapat belajar mengapung ketika berenang, kamu membutuhkan bantuan, baik dengan seorang pelatih maupun dengan menggunakan alat bantu. Jangan menyepelekan belajar mengapung dengan melakukannya sendiri. Meskipun kamu telah menguasai beberapa teknik berenang, namun kamu harus tetap mendapatkan bantuan.

Jika menggunakan pelatih, mintalah bantuan untuk menopang punggung kamu saat mengapung di atas air. Sedangkan alat yang digunakan adalah PFD atau personal floating device yang digunakan pada lengan dan bagian tengah tubuh.

3. Sejajarkan badan

Usahakan untuk mempertahankan posisi tubuh yang sejajar dengan permukaan air atau lantai kolam renang. Jaga keseimbangan tubuh agar tetap sejajar.

4. Pertahankan posisi kepala

Hal yang sangat penting ketika mengapung adalah posisi kepala. Tempatkan kepala lurus ke arah atas. Jangan sampai kepala miring ke kanan atau ke kiri. Angkat dagu hingga permukaan air berada di tengah pipi. Posisi ini juga akan menyebabkan telinga berada di dalam air. Meskipun membuat kamu tidak nyaman untuk pertama kalinya, namun posisi ini bagus karena badan jadi lebih seimbang.

5. Posisi badan

Mengatur posisi badan ketika mengapung memang gampang-gampang susah. Pertama, posisikan lengan senyaman mungkin. Namun ingatlah untuk tetap meletakkan telakan tangan ke arah langit. Sedangkan pada bagian punggung, agak lengkungkan pinggang sedikit ke atas.

Naikkan dada dan perut hingga agak melengkung. Posisi ini akan membantu menyeimbangkan badan dan memudahkan gerakan selanjutnya. Posisikan kaki dengan santai. Lakukan beberapa tendangan kecil untuk membiasakan diri mengapung di atas air. Jika sudah terbiasa, kamu dapat melakukan gerakan lain.

Itulah cara belajar berenang mengapung di atas air. Lakukan latihan sesering mungkin agar tubuh semakin mudah bergerak ketika mengapung.