8 Tips Jitu Untuk Pendaki Pemula Wanita

Mendaki adalah salah satu olahraga ekstrim yang banyak digemari. Tak hanya oleh kaum lelaki saja, bahkan kaum wanita juga sangat suka mendaki. Namun berbeda dengan laki-laki, wanita harus lebih ekstra dalam mempersiapkan pendakian. Bagi kamu yang masih pemula, sebaiknya lihat tips untuk pendakiu pemula wanita di bawah ini:

1. Olahraga sebelum berangkat

Sekitar seminggu sebelum melakukan pendakian, hendaknya kamu mulai berlatih olahraga terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar badan kamu tidak tegang begitu mendapat tekanan ketika mendaki. Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat, hanya dengan berlari dan berenang saja sebenarnya sudah cukup untuk melatih tubuh.

2. Pakaian

Selanjutnya adalah pakaian yang dikenakan ketika mendaki. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat serta tidak panas di badan. Dengan pakaian seperti ini, kamu tidak akan kehilangan banyak tenaga karena tubuh dapat bernafas dengan baik. Namun pastikan juga untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu tipis. Jangan sampai masuk angin karena salah kostum saat mendaki.

3. Bawa tisu

Sebaiknya bawa tisu basah atau tisu kering selama mendaki. Kedua benda ini akan sangat berguna ketika kamu ingin bersih-bersih dan kesulitan mendapatkan air. Sebagai seorang wanita, menjaga kebersihan itu penting, bukan?

4. Gunakan sunblock

Namanya juga wanita, tentu tetap ingin terlihat cantik bahkan meski saat mendaki sekali pun. Gunakan sun block untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari yang menyengat. Pilih sunblock dengan kadar minimal 30 SPF karena sinar matahari di siang hari akan sangat terik dan membakar kulit.

5. Bawa kacamata hitam

Selain untuk bergaya di depan kamera yang pastinya akan kamu lakukan, kacamata hitam juga berguna untuk melindungi mata dari teriknya sinar matahari dan banyaknya debu ketika mendaki.

6. Bawa sarung

Sarung bukan hanya dapat digunakan sebagai selimut ketika tidur di malam hari, tapi juga penutup ketika kamu harus buang air kecil atau besar. Ya, mendaki memang membuat kamu harus melakukan buang hajat di luar ruangan. Namun kamu tidak akan pernah memiliki pemandangan indah ketika buang hajat selain ketika mendaki.

7. Pastikan tidak sendiri

Sebagai seorang pendaki pemula, kamu juga harus memastikan bahwa kamu bukanlah satu-satunya wanita dalam tim pendaki. Pastikan setidaknya ada satu orang wanita lain yang ikut dalam pendakian.

8. Jangan paksakan diri

Satu hal penting lainnya adalah jangan pernah memaksakan diri. Jika kamu merasa sangat lelah, beritahukan pada teman satu tim. Istirahatkan badanmu terlebih dahulu agar perjalanan dapat dilanjutkan dengan lancar kembali. Jangan sampai terjadi masalah hanya karena memaksakan diri.

Itulah 8 tips penting bagi pendaki wanita pemula yang perlu kamu ketahui. Demikianlah artikel yang singkat ini dan semoga membantu kamu para wanita berjiwa petualang.