Inilah Aturan Diskualifikasi Lompat Jangkit yang Wajib Diketahui!

Salah satu cabang olahraga atletik dari nomor lompat adalah lompat jangkit. Lompat jangkit adalah gerakan melompat sebanyak tiga kali yang dimulai dengan sedikit berlari.

Lompat jangkit dilakukan dengan berdiri tegak lurus menghadap ke arah lintasan lompatan, kemudian mulailah berlari dengan kecepatan sedang yang semakin tinggi ketika mendekati bak tolakan. Saat kaki telah menginjak bak tolakan, turunkan sedikit pinggang dan tolak tubuh sekuat mungkin ke arah depan. Ayunkan tangan untuk menambah jarak lompatan. Mendaratlah dengan menggunakan kedua kaki yang agak ditekuk untuk menyeimbangkan berat badan. Tekuk kedua tangan di samping dengan kepala agak tertunduk ke bawah.

Dalam lompat jangkit, terdapat beberapa peraturan yang telah ditetapkan oleh IAAF (International Amateur Athletic Federation) sebagai berikut:

  1. Tidak boleh melakukan tolakan melewati batas papan tolakan, namun diperbolehkan sebelum batas papan tolakan
  2. Tolakan kedua harus dilakukan dengan kaki yang sama pada tolakan pertama
  3. Tolakan ketiga harus dilakukan dengan kaki yang berbeda pada tolakan pertama dan kedua
  4. Tidak boleh melakukan gerakan salto ketika melayang setelah tolakan ketiga

Selain wajib mematuhi peraturan yang berlaku, atlet lompat jangkit juga harus mengetahui apa saja pelanggaran yang akan membuatnya didiskualifikasi seperti di bawah ini:

  1. Tidak hadir setelah 3 kali namanya dipanggil panitia
  2. Melakukan tumpuan dengan menggunakan 2 kaki
  3. Melakukan pendaratan di luar batas bak lompatan
  4. Menyentuh tanah yang ada di belakang garis batas tumpuan dengan bagian tubuh mana pun, baik ketika melakukan ancang-ancang lompatan maupun ketika berlari kencang tanpa melakukan tolakan.
  5. Melakukan tolakan dari luar ujung balok tumpuan, baik sebelum maupun sesudah garis perpanjangan garis tumpuan
  6. Ketika melakukan pendaratan, atlet sengaja atau tidak sengaja menyentuh tanah di luar batas pendaratan atau bak lompat sebelum melakukan pendaratan yang benar pada bak pendaratan
  7. Setelah melakukan lompatan dengan sempurna, atlet justru berjalan balik melalui bak lompat atau kembali ke arah awalan, setelah melompat atau melakukan pendaratan dengan gerakan salto

Itulah beberapa pelanggaran yang akan menyebabkan seorang atlet lompat jangkit terkena diskualifikasi. Dengan mengetahui aturan ini, maka atlet tersebut dapat menghindari kesalahan yang akan merugikan diri sendiri nantinya.