Inilah 4 Tanda Otot Mulai Berkembang yang Perlu Diketahui!

Latihan gym yang banyak dilakukan para pria untuk mendapatkan tubuh berotot memang sedang banyak digandrungi. Namun sebagian besar dari mereka justru tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai otot, terutama otot yang sudah berkembang. Bagi kamu yang sedang rajin latihan gym, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tanda otot yang mulai berkembang seperti di bawah ini:

1. Kencang dan keras

Salah satu tanda yang paling mudah dilihat dan diketahui dari otot yang mulai berkembang adalah otot menjadi kencang dan keras. Otot yang kencang dan keras akan tampak lebih besar dan menonjol. Hal ini dikarenakan otot tersebut mendapatkan tekanan dan beban kerja yang berat sehingga terbentuk menjadi kencang dan juga keras.

2. Mudah mengangkat beban

Berbeda dengan otot yang belum berkembang sama sekali, otot yang sudah berkembang akan lebih mudah untuk mengangkat beban. Jika sebelumnya kamu hanya dapat mengangkat beban hingga 10 kg, mungkin kamu dapat mengangkat beban hingga 20 kg lebih setelah memiliki otot yang telah berkembang.

3. Terasa lebih berat

Otot yang telah berkembang tentu akan memiliki massa otot yang lebih besar. Hal ini akan berdampak pada beban tubuh yang akan menjadi semakin berat. Ketika kamu merasakan mulai terasa berat untuk mengangkat tangan atau tubuh kamu, namun postur tubuh tidak tampak gemuk, maka kemungkinan besar massa otot kamu telah bertambah.

4. Nyeri

Ketika otot diberikan beban kerja yang berat, maka tentu otot akan menegang dan menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri ini merupakan salah satu tanda bahwa otot mulai berkembang. Otot akan mengalami peregangan sehingga akan menimbulkan rasa panas dan nyeri.

Namun jika rasa nyeri yang dirasakan terlalu kuat hingga menjadi rasa sakit, maka sebaiknya segera konsultasikan ke ahlinya. Kurangi beban latihan untuk mengurangi rasa nyeri yang berlebihan. Rasa nyeri seperti ini timbul akibat otot terlalu dipaksa untuk bekerja.

Itulah 4 tanda bahwa otot mulai berkembang. Perkembangan otot memang sangat dipengaruhi oleh aktivitas kita sehari-hari. Maka dari itu, jika otot sudah mulai berkembang, sebaiknya pertahankan latihan atau aktivitas yang membantu mengembangkan otot agar otot dapat terus berkembang dan tidak kembali lembek.