Inilah Cara Melompat Agar Tinggi yang Perlu Dipelajari!

Salah satu gerakan yang paling umum dilakukan dalam olahraga adalah melompat. Gerakan melompat banyak kita temukan seperti dalam permainan bola voli, bola basket, dan permainan olahraga lainnya. Tak hanya sekedar melompat, namun gerakan ini juga harus mampu mencapai batas ketinggian maksimal.

Berikut ini adalah beberapa cara melompat agar tinggi yang dapat kamu coba praktekkan:

1. Melatih Otot Utama

Untuk dapat melompat setinggi mungkin, maka kamu membutuhkan otot yang kuat pula. Salah satu otot utama yang digunakan ketika melompat tentu saja otot kaki, terutama pada bagian betis. Salah satu cara untuk menguatkan otot betis adalah dengan melakukan latihan jinjit.

Cara melakukannya hanya dengan berdiri tegak dengan kedua tangan berada di samping badan dalam keadaan lurus. Lalu jinjitkan kaki dengan memindahkan beban tubuh ke bagian depan kaki atau ujung jari. Tahan beberapa detik kemudian kembali ke posisi semula. Terus ulangi hingga beberapa kali.

2. Latihan Pliometrik

Selain melatih otot utama, kamu juga perlu melakukan latihan pliometrik. Latihan pliometrik adalah latihan yang hanya membutuhkan peralatan yang sangat sederhana dan minim namun memiliki gerakan yang sangat eksplosif.

Salah satu latihan pliometrik adalah latihan dengan melompat ke atas box jump atau kotak lompat. Latihan ini akan melatih kecekatan dan kekuatan otot kaki secara bersamaan. Ada juga latihan lompat jongkok yang membuat otot paha dan betis menjadi terlatih. Tak hanya otot paha dan betis, tapi juga otot jantung akan menjadi lebih kuat.

3. Teknik Melompat

Untuk dapat melompat agar tinggi tentu bukan hanya diperlukan latihan yang tepat, tapi juga teknik melompat yang tepat. Teknik melompat yang tepat dimulai dengan konsentrasi pada gerakan kaki. Kecepatan dalam menggerakkan kaki dan kekuatan ketika melakukan tolakan lompatan mempengaruhi seberapa tinggi lompatan kamu nantinya.

Ketika melakukan teknik melompat juga harus diperhatikan keselarasan dengan anggota tubuh lainnya seperti tangan. Gerakan tangan sangat menunjang ketinggian lompatan. Tekukkan kedua tangan saat akan melakukan tolakan kemudian ayunkan ke bawah belakang untuk menambah kekuatan tolakan sehingga lompatan akan lebih tinggi.

Itulah beberapa cara melompat agar tinggi yang perlu diperhatikan. Namun hal yang terbaik adalah dengan disiplin pada porsi latihan yang telah dijadwalkan agar teknik melompat menjadi lebih sempurna.