Inilah Peraturan Permainan Rounders Lengkap dan Jelas

Rutin berolahraga akan membuat badan menjadi sehat, bugar dan akan membuat fisik serta stamina menjadi lebih kuat. Berbagai macam olahraga bisa dilakukan seperi jogging, jalan santai, maraton, fitnes, atau olahraga lainnya. Olahraga pun bisa dilakukan sambil bermain yang terasa lebih menyenangkan karena bisa dilakukan bersama teman-teman seperti sepak bola, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja dan juga ada namanya permainan rounders. Selain itu masih banyak juga macam-macam olahraga bola kecil yang bisa dimainkan bersama tim.

Permainan rounders ini masuk menjadi salah satu jenis olahraga yang dilakukan oleh sebuah tim atau regu dan masuk dalam kategori olahraga yang menggunakan pemukul. Bagi yang belum mengenal permainan rounders ini, permainan ini dimainkan oleh dua tim yang kemudian akan dibagi menjadi tim penjaga dan tim pemukul. Permainan ini hampir mirip dengan permainan bola kasti lengkap yang sama-sama menggunakan beberapa peralatan seperti tongkat pemukul dan bola kecil (bola kasti), hanya saja ada sedikit perbedaan dari segi cara bermain dan peraturan dalam permainan rounders ini. Kekompakan dan kerjasama para anggota tim dibutuhkan dalam permainan ini.

Peraturan Permainan Rounders

Setiap permainan memiliki peraturannya masing-masing yang harus diikuti oleh para pemain. Jika melanggar tentu ada hukuman yang harus diterima sesuai pelanggaran yang dilakukan. Berikut peraturan dalam permainan rounders.

  1. Dalam bermain rounders dibutuhkan 24 orang pemain dan 12 orang pemain cadangan yang nantinya akan dibagi menjadi dua tim. Jadi satu tim terdiri dari 12 orang pemain dan 6 orang pemain cadangan. Namun ada juga yang dalam satu timnya hanya ada 9 orang pemain.
  2. Untuk menentukan tim mana yang akan menjadi tim pemukul atau tim jaga ditentukan dengan cara mengadakan undian atau pemilihan secara acak.
  3. Para pemukul bola memiliki nomor urutan untuk memukul bola sehingga mereka bisa bersiap sebelum mendapat gilirannya.
  4. Dalam permainan ini pemukul bola tidak boleh mendahului nomor pemukul di depannya sebelum gilirannya tiba. Jika melanggar tentu ada sanksi untuk si pemukul ini.
  5. Kesempatan bagi si pemukul untuk memukul bola dengan baik ada 3 kali agar ia bisa berlari menuju base selanjutnya.
  6. Ketika pemain dalam tim pemukul akan berpindah base, maka tim jaga dibolehkan mematikan base dengan cara mengetik atau membakar base tersebut.
  7. Pada setiap base dalam lapangan permainan rounders hanya berisi satu orang pemain saja.
  8. Lama permainan ditentukan dalam hitungan inning. Dalam satu inning, satu tim akan mendapat giliran satu kali menjadi tim pemukul dan satu kali menjadi tim jaga. Pertukaran dari menjadi tim pemukul ke tim jaga atau sebaliknya dilakukan apabila tim penjaga berhasil menangkap bola dari tim pemukul sebanyak 5 kali atau ketika tim penjaga berhasil mematikan tim pemukul sebanyak 6 kali.
  9. Kemenangan dalam bermain rounders ini ditentukan dari jumlah poin yang dikumpulkan oleh masing-masing tim dan tim yang paling banyak mengelilingi lapangan. Dalam penilaian, tim akan mendapatkan nilai 1 poin ketika berhasil melewati satu base dan akan mendapat nilai 6 poin ketika berhasil melewati semua base hingga kembali ke ruang tunggu (Home base) dengan pukulan sendiri. Namun tim tidak akan mendapatkan nilai atau poin ketika terkena tik atau dibakar oleh regu penjaga.

Dalam bermain rounders juga ada beberapa istilah yang digunakan, seperti :

  1. Home base, yakni tempat bagi si pemukul bola.
  2. Base, merupakan tempat singgah bagi pemain yang berhasil memukul bola.
  3. Strike, apabila pelambung bisa melemparkan bola dengan benar.
  4. Ball, istilah ini digunakan ketika pelambung salah dalam melemparkan bola.
  5. Pitcher, merupakan panggilan untuk si pelambung bola.
  6. Catcher, adalah seseorang yang bertugas sebagai penangkap bola.
  7. Out, apabila bola keluar dari lapangan.
  8. Membakar, artinya seorang tim penjaga berhasil menangkap bola yang akan mematikan lawan sebelum pemain dari tim pemukul sampai pada base.

Selain itu dalam permainan ini juga menggunakan beberapa teknik seperti teknik untuk melempar bola, ada bola yang dilempar melambung, mendatar dan menggelinding di tanah. Untuk menangkap bola juga ada tekniknya begitu juga dengan memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher hampir sama seperti teknik memukul bola kasti. Seorang pelempar bola juga harus tahu cara melempar bola kasi dengan benar.

Permainan ini biasanya juga ada dalam mata pelajaran olahraga di sekolah. Guru olahraga akan berperan menjadi wasit dilapangan dan memberikan nilai atau poin kepada tim yang berhasil memperolehnya. Dengan bermain permainan rounders ini tentu berolahraga terasa sangat menyenangkan sehingga orang yang malas berolahraga sekalipun tidak akan terasa berat untuk berolahraga. Permainan ini paling tepat dilakukan pada sore hari untuk mengisi waktu luang. Dari pada berhuru hara yang tidak jelas lebih baik menghasilkan keringat agar tubuh juga menjadi sehat.