Sponsors Link

3 Cara Melempar Bola Kasti dengan Benar Paling Benar Sesuai Aturan

Sponsors Link

Bola kasti merupakan salah satu permainan olahraga yang dulu menjadi favorit dan populer. Permainan ini hampir mirip dengan peraturan permainan baseball. Dimana ada  2 tim yang akan bertanding untuk mendapatkan poin tertinggi.  Prinsip permainan ini pun juga hampir sama dengan prinsip permainan base ball, dimana juga terdapat tim pemukul dan tim penjaga.

ads

Kasti juga memiliki base atau pos dimana setiap pos biasanya ditandai dengan tiang, yang menjadi titik aman bagi pemain pemukul. Dalam kasti Biasanya terdapat 2 atau lebih pos, dimana disebut pos dekat dan pos jauh, dimana masing-masing memiliki jarak sekitar 20 meter atau lebih. Lapangan bola kasti memiliki ukuran 40 x 70 meter dengan 10 meter digunakan sebagai ruang tunggu untuk pemain pemukul.

Setiap tim memiliki masa untuk menjadi penjaga dan pemukul. Pemain jaga juga bertugas melempar untuk tim pemukul, dimana lemparan harus sesuai dengan yang diminta oleh pemain dari tim pemukul. Permainan bola kasti dimenangkan oleh tim dengan poin terbanyak. Dimana tim akan mendapatkan poin jika pemain telah mencapai pos jauh dan kembali lagi ke home atau ruang tunggu. Tim pemukul akan berganti menjadi tim penjaga jika seluruh pemain pemukul tidak ada yang berada di home dan pemain yang sudah terkena lemparan bola dianggap sudah tidak bisa melakukan pukulan.

Bermain bola kasti sendiri terdapat 3 teknik dasar dimana setiap pemain harus menguasaninya. Ketiga teknik tersebut adalah teknik memukul bola, teknik melempar, dan teknik menangkap bola kasti. Salah satu yang terpenting adalah teknik melempar bola dalam bola kasti. Teknik ini merupakan teknik yang dipakai ketika sebagai penjaga bola.

Sebelum mempelajari cara melempar bola dalam bola kasti, Anda perlu tahu mengetahui cara memegang bola kasti dengan baik dan benar. Bola yang dipakai dalam permainan bola kasti sama seperti bola yang digunakan dalam peraturan tenis lapangan. Dan berikut adalah beberapa cara memegang bola dalam bola kasti.

  • Bola digenggam dengan mengepalkan jari tangan
  • Pegang bola dengan erat
  • Usahakan dalam memegang bola, jari tidak terlalu rapat

Setelah anda mengetahui cara memegang bola, selanjutnya anda bisa mempelajari bagaimana cara melempar bola kasti dengan baik dan benar. Dan berikut adalah beberapa cara melempar bola kasti delam berbagai teknik bermain bola kasti.

  1. Cara Melempar Bola Melambung

Teknik dasar Melempar bola digunakan oleh tim penjaga dalam sebuah permainan bola kasti. Melempar bola secara melambung digunakan ketika memberikan bola kepada teman yang berada pada jarak yang jauh. Dan juga bisa digunakan oleh pelempar bola ketika pemain pemukul akan melakukan pukulan. Dalam melakukan lemparan kepada pemukul bola, sang pelempar harus menyesuaikan permintaan dari sang pemukul. Lemparan yang bagus kepada pemukul adalah antara pusar hingga dada. Dan berikut beberapa tahap untuk melakukan lemparan dengan bola melambung.

  • Untuk awalan, anda bisa mengarahkan pandangan ke depan.
  • Badan diposisikan menyamping dengan kaki kiri berada di depan dan kaki kanan dibelakang.
  • Kemudaian buka kaki anda selebar mungkin
  • Ambil kuda-kuda tangan dengan memegang bola diangkat hingga ke belakang kepala, untuk menghasilkan lemparan yang tinggi
  • Sedikit bengkokkan kaki kanan anda, dan kaki kiri tetap lurus.
  • Kemudian gerakan tangan dengan cepat agar lemparan bisa mencapai jarak yang anda inginkan dan arahkan sesuai target yang anda inginkan
  • Kekuatan lemparan sesuaikan dengan jarak dari target yang anda capai (teman satu tim)
  • Anda bisa melatihnya dengan melakukan berulang-ulang untuk menghasilkan lemparan yang cepat dan tepat.
Sponsors Link

  1. Cara Melempar Bola secara lurus

Lemparan lurus dalam bola kasti biasanya digunakan untuk melempar pemain lawan (tim pemukul) ketika dalam arena permainan. Ketika melempar bola kepada tim lawan, anda harus bisa mengenainya dalam sekali lemparan. Karena jika tidak, pemain lawan akan berhasil lolos dan membuka peluang untuk mencetak poin. Jadi perlu latihan ketepatan dan prediksi gerakan dari pemain tim lawan. Karena lemparan kepada pemain tim lawan berlaku ketika pemain dari tim lawan sedang menuju, kembali atau berpindah base/pos. Sedangkan ketika pemain tim lawan, sudah berada pada pos / base, lemparan anda tidak berlaku.

Selain itu, lemparan lurus terkadang juga digunakan untuk memberikan bola kepada teman satu tim dalam jarak yang tidak terlalu jauh. Dimana jika anda masih terlalu jauh ataupun tidak terlalu yakin untuk melempar bola kepada pemain dari tim lawan, anda bisa memberikan kepada teman yang lebih dekat. Dan berikut adalah beberapa tahap dalam melakukan lemparan bola lurus dalam permainan bola kasti.

  • Untuk awalan, anda bisa mengarahkan pandangan ke target.
  • Badan diposisikan menyamping dengan kaki kiri berada di depan dan kaki kanan dibelakang.
  • Kemudaian buka kaki anda selebar mungkin
  • Pegang bola dengan siku membentuk sudut sekiar 90 derajat
  • Dan lemparkan lurus menuju target dengan cara melecutkan siku anda ke depan dengan cepat.
  • Lepaskan bola ketika bola lurus dengan pundak anda, dan pacu dengan gerakan jari-jari anda.

Ketika ingin melempar pemain tim lawan yang sedang berlari, anda bisa memprediksi gerakanya. Untuk melatih ketepatan dalam melempar anda bisa melatihnya dengan menggunakan obyek bergerak. Dan usahakan anda mengenainya hanya dengan sekali lemparan. Hal ini akan menutup kemungkinan tim lawan untuk memperoleh poin. Lemparan juga harus dilakukan dengan cepat, karena anda juga harus bertarung melawan waktu dimana pemain dari tim lawan juga berlari dengan cepat untuk menuju pos/base atau menuju home. Dan usahakan juga untuk melempar bola kepada pemain tim lawan tidak mengenai kepala. Untuk mengetahui permainan bola kasti lengkap, anda bisa mempelajarinya juga. 

Sponsors Link

  1. Cara melakukan lemparan bola ke bawah

Lemparan ini jarang sekali digunakan dalam permainan bola kasti.  Teknik ini bertujuan untuk mengenai lawan yang sedang terjatuh sewaktu berlari. Cara ini lebih mudah daripada mengenai lawan yang bergerak. Ketika terjatuh merupakan momen yang bisa anda manfaatkan sebelum pemain dari tim lawan mulai berlari lagi. Berikut adalah cara dalam melakukan lemparan ke bawah.

  • Untuk awalan, anda bisa mengarahkan pandangan ke target.
  • Badan diposisikan menyamping dengan kaki kiri berada di depan dan kaki kanan dibelakang.
  • Kemudaian buka kaki anda selebar mungkin
  • Pegang bola dengan siku membentuk sudut sekiar 90 derajat, dengan arah tangan mengarah ke bawah dimana target berada
  • Dan lemparkan lurus ke bawah menuju target dengan cara melecutkan siku anda ke depan dengan cepat.
  • Lepaskan bola dan pacu dengan gerakan jari-jari anda, sehingga bola bisa melaju lurus.

Lemparan dalam permainan bola kasti memang sangat penting untuk dikuasai. Anda bisa memaksimalkan akurasi dan prediksi gerakan dengan beberapa latihan teknik lemparan seperti diatas berulang-ulang.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 05:21 Oleh :
Kategori : Bola Kasti