Inilah Olahraga yang Cocok Dilakukan Oleh Pemula di Rumah Tanpa Bantuan Pelatih!

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain menyehatkan, melakukan olahraga juga dapat menenangkan pikiran. Tapi bagi pemula, berolahraga tidak bisa sembarangan karena jika salah dapat menyebabkan cedera. Bagi Anda yang pemula, Anda bisa mencoba melakukan jenis olahraga berikut ini yang bisa dilakukan di rumah:

Jogging

Tidak ada orang yang tidak bisa melakukan jogging. Aktivitas berlari-lari kecil ini bisa dilakukan dimana saja, bahkan di dalam rumah. Anda bisa melakukan jogging dengan berlari mengitari halaman rumah. Namun jangan lupa untuk tetap melakukan pemanasan sebelum melakukan jogging agar cedera bisa dihindari.

Push up

Olahraga lain yang dapat dilakukan oleh pemula adalah push up. Gerakan push up dilakukan dengan meletakkan kedua tangan di atas lantai dengan jarak selebar bahu. Turunkan badan dan luruskan dengan posisi seperti telungkup. Posisikan kaki lurus ke belakang dan rapatkan. Tumpukan berat badan pada ujung jari kaki dan kedua telapak tangan. Naik dan turunkan badan secara perlahan dengan hitungan 20 hingga 30 kali per sesinya.

Squat

Latihan olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah adalah squat. Squat dilakukan dengan gerakan berdiri duduk. Lakukan dengan berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu kemudian turunkan badan dengan tetap mempertahankan punggung dalam posisi lurus.

Turunkan badan hingga berada di posisi seperti duduk atau membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi tersebut, kemudian naik kembali secara perlahan untuk kembali pada posisi semula.

Bridge

Gerakan bridge biasanya digunakan untuk membentuk bokong yang indah. Gerakan ini bisa dilakukan di rumah bahkan oleh pemula. Cukup posisikan badan dengan telentang di atas matras. Buka kaki selebar bahu, tempatkan kedua tangan di sebelah badan.

Kemudian naikkan badan dengan bertumpu pada kedua kaki yang masih menapak dan kedua tangan yang berada di samping badan. Turunkan kembali badan lalu naikkan kembali.

Wall sit

Gerakan wall sit juga bisa dilakukan oleh pemula di rumah tanpa bantuan siapa pun. Cukup tempelkan badan di dinding. Buka kaki selebar bahu dan letakkan kedua tangan secara silang di kedua lengan. Turunkan badan dengan punggung tetap menempel tegak lurus pada dinding secara perlahan hingga berada pada posisi seperti sedang duduk. Kemudian naikkan kembali badan secara perlahan.

Itulah beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah oleh pemula. Namun kembali perlu diingat, meskipun olahraga ini ringan tapi tetap memerlukan pemanasan saat akan melakukannya agar badan tidak terkejut dengan beban yang tiba-tiba.