Sponsors Link

Inilah 4 Hal pada Peraturan Olahraga Paralayang yang Wajib Diperhatikan

Sponsors Link

Perlu anda tahu bahwasanya olarhaga paralayang merupakan salah satu cabang olahraga terbang bebas yang mana atlit atau seseorang yang melakuakn olahraga ini dilengkapi dengan sebuah parasut yang bisa diterbangkan serta dapat mengangkat berat badan dari orang tersebut. Olahraga ini biasanya dimulai dari sebuah lereng atau bukit dengan sebelumnya mengetahui arah angin.

ads

Tentu saja angin tersebut nantinya akan digunakan sebagai sumber tenaga untuk menerbangkan parasut tersebut agar supaya dapat melayang tinggi. Pada dasarnya terdapat dua jenis angin yang dipelajari pada olahraga ini, yakni angin naik menabrak lereng atau yang disebut dengan dynamic lift, maupun juga angin naik yang diakibatkan oleh sebuah thermal atau yang istilah asingnya disebut dengan thermal lift. Dengan memanfaatkan kedua jenis angin inilah yang akan membuat seorang penerbang bisa terbang sangat tinggi dan dengan jarak yang jauh.

Akan tetapi, sama halnya dengan peraturan tolak peluru, ada beberapa peraturan yang juga harus anda perhatikan sebelum anda mulai menggeluti olahraga yang juga termasuk salah satu olahraga untuk memacu adrenalin anda tersebut. Peraturan-peraturan yang kami jelaskan di bawah ini juga menjadi sebuah persiapan yang harus anda siapkan agar supaya tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Harus menggunakan kaki ketika lepas landas dan mendarat

Salah satu peraturan olahraga paralayang yang bisa dikatakan bersifat dasar dan harus dipahami oleh setiap atlet paralayang adalah ia harus menggunakan kaki pada saat lepas landas maupun juga ketika ia mendarat. Dengan kata lain, kaki merupakan sebuah bagian terpenting yang harus digunakan atau lebih aktif dibandingkan dengan tangan.

Ketika seorang atlet paralayang lepas landas, ia harus menggunakan kakinya sebagai penopang dan ketika ia mendarat pun harus menggunakan kakinya yang nantinya juga berfungsi sebagai rem untuk memperlambat laju dari parasut tersebut agar tidak terus terbang.

2. Mengetahui arah dan tekanan angin

Sebelum terbang atau lepas landas, yang harus dilakukan oleh para atlet paralayang adalah dengan mengetahui arah mata angin terlebih dahulu. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwasanya angin merupakan bagian terpenting karena akan berfungsi sebagai penggerak yang akan menggerakkan parasut anda.

Jika pada waktu itu tekanan angin besar, maka akan membuat anda bisa terbang lebih tinggi dan bahkan bisa berkeliling ke beberapa tempat. Namun jika tekanan angin kecil dan bahkan terlalu kecil, kemungkinan besar anda tidak akan diberikan izin untuk lepas landas karena dikhawatirkan malah dapat membahayakan kondisi anda.

Maka dari itu, sebelum anda lepas landas yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan mengetahui arah mata angin dan kemudian anda bisa menentukan apakah anda benar-benar bisa dan aman untuk lepas landas atau tidak.

3. Berlatih cara mendarat yang tepat

Peraturan olahraga paralayang yang juga harus anda kuasai adalah mengenai bagaimana cara anda melakukan pendaratan dengan tepat. Perlu anda tahu bahwa salah satu penilaian bagi perlombaan olahraga paralayang baik yang dilakukan secara nasional maupun internasional adalah bagimana atlet tersebut mampu mendarat dengan baik sesuai pada titik pendaratan yang telah ditentukan.

Sponsors Link

Mungkin kelihatannya mudah, namun ketika anda berlatih untuk mendarat di tempat yang telah ditentukan maka anda butuh waktu yang lumayan lama agar supaya anda mampu melakukan hal tersebut. Oleh sebab itulah, seorang atlet paralayang harus benar-benar memiliki kemampuan untuk mengendalikan parasutnya agar supaya ia bisa mendarat di titik yang telah ditentukan agar supaya bisa mendapatkan skor yang tinggi.

4. Memiliki kondisi tubuh yang selalu fit

Seperti halnya dengan latihan fisik latihan untuk tubuh bagian atas perenang, para atlet paralayang juga dilatih agar supaya selalu memiliki kondisi tubuh yang fit sehingga ia selalu bisa mengeluarkan yang terbaik ketika diminta untuk mengikuti lomba paralayang.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pemain atau atlet paralayang untuk membuat kondisi tubuhnya selalu prima seperti denegan meluangkan waktunya untuk melakukan jogging maupun berlari. Program latihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh tersebut juga bisa anda temukan pada latihan fisik sepak bola yang sebelumnya telah kami bahas untuk anda.

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai apa saja peraturan olahraga paralayang yang harus anda pelajari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya.

Sponsors Link
,
Post Date: Wednesday 31st, October 2018 / 05:34 Oleh :
Kategori : Paralayang