Sponsors Link

6 Sarana Dan Prasarana Lompat Jauh Yang Harus Disiapkan

Sponsors Link

Lompat jauh adalah salah satu jenis olaharaga altletik yang dilakukan dengan cara melompat yang mana sekilas tidak jauh berbeda dengan lompat jangkit yang telah kita bahas pada kesempatan sebelumnya. Terdapat beberapa teknik dasar lompat jauh seperti teknik awalan lompat jauh yang harus dikuasai oleh setiap atlet lompat jauh agar mereka bisa menjadi seorang atlet yang handal yang bisa memberikan gelar juara.

ads

Selain itu, terdapat macam-macam lompat jauh yang sering dilombakan diajang nasional maupun juga internasional seperti lompat jauh gaya jongkok, lompat jauh gaya berjalan di udara, maupun juga lompat jauh gaya menggantung yang tentu saja ketiga jenis atau macam lompat jauh tersebut memiliki masing-masing perbedaan dan teknik yang berbeda.

Namun sebelum anda memulai untuk melakukan lompat jauh, ada beberapa sarana dan prasarana lompat jauh yang harus disiapkan karena beberapa diantaranya merupakan sarana yang memang wajib ada di dalam setiap olahraga lompat jauh yang dilakukan.

Beberapa sarana dan prasarana tersebut tidak jauh berbeda dengan peralatan lompat jangkit yang sudah pernah kita bahas pada pertemuan sebelumnya.

1. Lapangan lompat jauh

Lapangan lompat jauh adalah hal pertama yang harus dipersiapkan oleh seseorang yang ingin melakukan lompat jauh. Tentu saja setiap olahraga membutuhkan sebuah lapangan atau arena yang akan digunakan sebagai tempat melaksanakan pertandingan.

Sama halnya dengan alat yang digunakan untuk lompat harimau, anda juga harus menyiapkan lapangan lompat jauh yang akan anda gunakan sebagai tempat melangsungkan pertandingan dan juga nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk mengambil skor atau nilai dari setiap atlet yang melakukan lompat jauh.

Sekedar informasi bahwasanya untuk awalan, lapangan memiliki panjang kurang lebih 15 meter dengan tiang lompat jarak dari kedua tiang yang berjarak 3,98-4,02. Anda juga jangan lupa bahwasanya bilah lompat biasanya terbuat dari kayu. Adapun panjang dari mistar lompat yang akan digunakan adalah 3.98-4,02.

2. Pita pengukur

Pita pengukur juga masuk kedalam salah satu sarana dan prasarana lompat jauh yang juga tidak kalah penting. Mungkin anda sudah tahu bahwa fungsi dari pita pengukur ini adalah untuk melakukan pengukuran terhadap seberapa jauh lompatan yang dibuat oleh para atlet.

Adapun cara pengukurannya sendiri yakni diukur pada ujung yang paling dekat dengan papan pelepas dan kepada ujung terdekat pada tempat yang dilakukan sebagai tempat pendaratan. Namun untuk kejuaraan internasional, pita pengukur itu sendiri sudah digantikan dengan alat pengukur yang lebih canggih yakni alat pengukur elektronik sehingga menjadikan proses pengukuran menjadi lebih cepat dan mudah.

3. Kasut berpaku

Kasut bisa dikatakan sebagai pelindung yang dikhususkan untuk para atlet ketika mereka sedang melakukan larian. Dengan kata lain, ketika para atlet sedang berlari maka kasut inilah yang nantinya akan bisa digunakan sebagai pelindungan.

Kasut tersebut dibuat dengan berpaku dan juga bertumit plastik yang tentu saja akan sangat sesuai jika digunakan dalam ajang olahraga lompat jauh.

4. Bendera

Bendera juga termasuk kedalam sarana atau prasarana yang harus disiapkan sebelum memulai pertandingan lompat jauh. Fungsi dari bendera adalah untuk nantinya dijadikan sebagai tanda isyarat apakah lompatan yang dilakukan oleh para atlet dikatakan sah atau tidak.

Untuk bendera isyarat itu sendiri pada dasarnya memiliki dua warna, yakni putih dan merah. Untuk bendera putih digunakan untuk menyatakan bahwa atlet sudah melakukan lompatan jauh dan juga lompatan tersebut dinyatakan sah untuk kemudian dicatat.

Sponsors Link

Sementara untuk bendera merah digunakan sebagai pemberi tanda atau isyarat bahwasanya lompatan tersebut tidak sah alias batal. Jika sudah seperti ini, maka yang harus dilakukan oleh atlet tersebut adalah mengulang kembali lompatan jauhnya.

5. Papan pelepas

Papan pelepas akan digunakan sebagai tanda bahwa perlombaan lompat jauh sudah dimulai. Papan pelepas ini harus ada pada saat atlet lompat jauh sebelum bertanding. Adapun ukuran standar dari papan pelepas adalah panjangnya kurang lebih 1,22 meter dengan lebar yang mencapai 20 meter.

Papan pelepas akan diletakkan dengan jarak 1 meter dari ujung paling dekat dengan tempat yang akan dilakukan sebagai lokasi pendaratan dan juga biasanya papan pelepas ini berwarna putih.

6. Lorong larian

Apakah anda tahu apa itu lorong larian? Lorong larian merupakan sebuah peralatan yang harus dipersiapkan karena nantinya akan digunakan sebagai tempat pecutan, larian, maupun juga lompatan. Dengan kata lain, pada lorong larian inilah para atlet lompat jauh akan melakukan pecutan, larian, dan juga lompatan tersebut.

Adapun jarak lorong larian yang sesuai standar dipakai pada ajang perlombaan nasional maupun internasional adalah 45 meter x 2,22 meter. Tentu standar ini bisa berubah tergantung situasi dan kondisi serta juga tergantung kepada kebijakan panitia.

Itulah informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai apa saja sarana dan prasarana lompat jauh yang harus dipersiapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 29th, October 2018 / 06:07 Oleh :
Kategori : Lompat Jauh