Inilah Perbedaan Sepatu Olahraga Pria dan Wanita yang Gak Banyak Orang Paham

Sepatu merupakan salah satu perlengkapan atau peralatan yang sangat penting dan jangan sampai terlupakan terutama ketika anda hendak berolahraga, karna sepatu sangat penting sekali selain untuk melindungi kaki anda dari benda tajam terkadang sepatu juga dapat membuat anda lebih bersemangatuntuk berolahraga. Biasanya sepatu olahraga di design dengan berat yang sangat ringan agar si pengguna tidak susah untuk menggerakan kakinya, karna olahraga akan memerlukan banyak sekali aktivitas.

Nah akan tetapi banyak orang masih bertanya – tanya, apa sih sebenarnya perbedaan sepatu olahraga pria dengan perempuan. Sepatu olahraga pria dan wanita biasanya di gunakan untuk jogging / running. Ada juga sepatu khusus jogging atuapun running karna ada perbedaa sepatu running dengan sepatu badminton agar tidak salah memilih. Sepatu untuk pria dan wanita jelas sangat berbeda karna sudah di sesuaikan sesuai anatomi bentuk tubuh pria dan juga wanita.

Pada wanita biasanya mempunyai bentuk tubuh yang kecil dan juga mempunyai massa kaki yang kecil jika di bandingan dengan pria. Nah oleh karena itu sepatu olahraga pria dan wanita di design berbeda. Satu hal yang tidak boleh di lewatkan ketika membuat sepatu khususnya untuk jogging harus memperhatikan dan melihat berdasarkan gerakan kaki atau biasa di sebut pronasi dari pria ataupun wanita. Untuk lebih detail tentang perbedaan sepatu olahraga pria dengan wanita anda dapat melihatnya di bawah ini :

7 Perbedaan Sepatu Olahraga Pria Dan Wanita :

  1. Kaki wanita mempunyai bentuk tumit lebih sempit jika di bandingkan dengan tumit pria dan juga mempunyai kaki yang lebih pendek di banding dengan pria
  2. Kaki wanita mempunyai lengkungan yang berbeda dari lengkungan kaki pria
  3. Wanita mempunyai pergelangan kaki yang lebih kecil jika di bandingkan dengan pergelangan kaki pria.
  4. Jika kita perhatikan bola mata kaki wanita mempunyai posisi yang berbeda dengan pria, hal ini juga perlu di perhatikan agar sepatu nyaman ketika di gunakan.
  5. Ukuran jari pria dengan wanita berbeda, wanita jari nya lebih condong panjang dan untuk pria lebih melebar dan mempunyai panjang yang lebih pendek dari ukuran wanita.
  6. Wanita dan pria mempunyai titik tumpuan kaki yang berbeda, kebanyakan wanita titik tumpuan kakinya berada di tengah sedangkan pria berada pada bagian tumit.
  7. Sisi dan ukuran kaki keseluruhan pria dan wanita sangat berbeda.

Sepatu olahraga pun di bagi menjadi banyak, ada sepatu running, sepatu training, dan sepatu kasual. Anda dapat memilih salah sesuai dengan olahraga yang akan anda lakukan dan yang nyaman anada gunakan yang mana. Yang terpenting untuk memilih sepatu yang tepat ialah ukuranya jangan sampai mepet / kekecilan karna malah dapat membuat kaki anda menjadi lecet / luka karna ukuran sepatu yang terlalu kecil.

Jenis Sepatu Olahraga yang perlu anda ketahui :

  1. Sepatu lari / Running , Struktur sepatu lari berbeda dengan sepatu pelatihan, yang khusus dibuat untuk gerakan kaki ke depan. Bobotnya akan selalu teratur sehingga terasa ringan sehingga mudah digunakan untuk berlari. Jadi, kaki Anda tidak mudah tergores ketika menggunakannya untuk waktu yang lama. Kualitas berlari seseorang juga ikut di tentukan dari jenis sepatu yang digunakan maka anda juga harus handal dalam cara memilih sepatu lari
  2. Sepatu training ,Sepatu ini berfungsi untuk olahraga seperti gym, senam, zumba, dan memiliki beban berat. Sepatu ini dirancang sedemikian rupa sehingga carry yang stabil melakukan berbagai gerakan sehingga dapat membuatnya lebih fleksibel. Kadang juga ada pemain futsal yang bermain futsal dengan menggunakan sepatu jenis walaupun sudah ada sepatu khusus untuk olahraga futsal karna alasan tidak nyaman dsb. Agar nyaman ketika di gunakan maka dari itu anda harus tau tips cara memilih sepatu futsal.
  3. Sepatu kasual, Sepatu ini memang termasuk sepatu olahraga, tetapi Anda juga dapat menggunakan sepatu ini sebagai sepatu kasual untuk tamasya. Sepatu ini sangat cocok untuk dipakai sehari-hari karena desainnya sederhana dan lembut di kaki. Biasanya sepatu ini lebih ringan dari sepatu olahraga lainnya. Contoh sepatu ini adalah sepatu kets dan slip on.

Nah dengan artikel ini tentunya anda sudah paham dong pentingnya menggunakan sepatu itu untuk apa dan perbedaan antar sepatu olahraga pria dengan wanita , karna ketika anda salah memilih anda dapat mengalami  macam macam cidera olahraga yang di sebabkan karna tekstur, ukuran, dan kenyamanan sepatu yang berbeda. Jangan sama kan antara sepatu olahraga pria dengan perempuan karna sangat berbeda sekali.

Untuk kali ini sampai di sini terlebih dahulu artikel tentang perbedaan sepatu olahraga pria dengan wanita semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang dunia olahraga. Terimakasih.