Ternyata, Ada Perbedaan Olahraga Dan Aktivitas Fisik yang Gak Banyak Diketahui

Agar supaya tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, maka kita dianjurkan untuk membuat tubuh kita selalu aktif dalam melakukan aktivitas fisik. Namun apakah hanya dicukupkan dengan melakukan aktivitas fisik dan kemudian bisa membuat tubuh kita sehat? Tentu saja tidak, karena yang anda butuhkan untuk dapat membuat tubuh anda sellau sehat dan bugar adalah dengan berolaharga.

Banyak orang yang belum tahu mengenai apa saja hal yang menjadi perbedaan olahraga dan aktivitas fisik karena memang sebenarnya kedua istilah ini tidak sama. Untuk olahraga, ia merupakan kegiatan rutin dan biasanya memiliki banyak gerakan dan cabang-cabangnya seperti cabang olahraga bola besar dan cabang olahraga lari.

Sementara untuk aktivitas fisik, ia cenderung merupakan sebuah aktivitas fisik biasa alias ringan yang memang setiap hari sering dilakukan. berikut ini adalah perbedaannya agar anda tidak mensalah artikan :

1. Memiliki pengertian yang berbeda

Tentu saja jika anda ingin membandingkan 2 istilah, maka hal pertama yang harus anda bahas adalah pengertian dari istilah tersebut. Pengertian olahraga merupakan sebuah aktivitas yang digunakan untuk melatih tubuh agar supaya dapat meraih kesehatan.

Kesehatan di sini bukan hanya berupa jasmani, melainkan juga kesehatan rohani. Salah satu contoh untuk mendapatkan kesehatan rohani, seperti mempelajari strategi bermain catur karena memang olahraga catur merupakan olahraga yang menggunakan otak dan pikiran untuk memainkannya.

Seementara untuk aktivitas fisik adalah segala bentuk aktivitas yang menggunakan otot-otot rangka yang memang merupakan salah satu bentuk untuk mengeluarkan tenaga. Aktivitas fisik cenderung bersifat umum dan lebih ringan dibandingkan dengan olahraga. Beberapa contoh dari aktivitas fisik adalah seperti jogging, bersepeda, senam, dan lain sebagainya.

Memang betul bahwa jogging merupakan salah satu cabang olahraga lari, namun jogging tidak pernah dilombakan karena hanya sebagai latihan fisik saja seperti latihan fisik bola voli yang memanfaatkan jogging untuk melatih ketahanan tubuhnya.

2. Intensitas

Perbedaan yang kedua antara olahraga dan aktivitas fisik adalah terletak pada intensitas dari kedua istilah atau kegiatan tersebut. Mungkin anda sudah tahu bahwa olahraga tidak setiap hari dilakukan karena memang kebanyakan bentuk atau cabang olahraga tidak ada yang setiap hari. Contohnya saja sepakbola, ia terkadang hanya dilakukan minimal 2 minggu sekali.

Namun untuk aktivitas fisik, ia merupakan sebuah kegiatan rutin yang kebanyakan memiliki intensitas yang lebih sering dibandingkan dengan olahraga. Jika sepakbola hanya dilakukan dalam waktu seminggu sekali, namun untuk aktivitas fisik, seperti jogging akan dilakukan hampir setiap hari yakni pada saat latihan atau pada saat memiliki waktu senggang.

3. Aktivitas fisik tidak membutuhkan area yang luas

Perbedaan yang ketiga adalah aktivitas fisik tidak membutuhkan area yang terlalu luas. Kita ambil contoh misalnya jogging atau senam, kedua aktivitas fisik ini cenderung lebih banyak tidak membutuhkan area yang begitu lus karena hanya dilakukan oleh beberapa orang saja.

Sementara untuk olahraga, ia cenderung memiliki aktivitas yang luas dan dilakukan oleh orang yang lebih banyak dibandingkan dengan ketika melakukan aktivitas fisik. Misalnya saja sepak bola, ia membutuhkan lapangan dengan ukuran kurang lebih 90 sampai 120 meter dan lebar yang mencapai 45 sampai dengan 90 meter.

Tentuk jika anda perhatikan memang olahraga cenderung membutuhkan area yang luas dan dilakukan oleh orang yang lebih banyak dibandingkan dengan ketika melakukan aktivitas fisik. 


4. Aktivitas fisik adalah latihan fisik olahraga

Perbedaan selanjutnya yang mungkin anda juga sudah tahu bahwa aktivitas fisik terkadang dijadikan sebagai program latihan fisik pada cabang olahraga tertentu. Tujuan dari melakukan aktivitas fisik adalah untuk melatih beberapa elemen yang memang dibutuhkan untuk membuat seorang pemain atau atlet memiliki kondisi fisik yang selalu prima.

Aktivitas fisik yang umum dilakukan untuk menunjang olahraga tersebut adalah seperti jogging, pemanasan atau peregangan, dan lain sebagianya. Tujuannya adalah untuk melatih ketahanan Cardio-Respiratory, kekuatan otot, fleksibilitas, dan juga digunakan untuk membantu melatih daya tahan otot.

Dengan kata lain, aktivitas fisik ada dan dibutuhkan dalam sebuah olahraga sehingga tidak salah jika ada yang berpendapat bahwa aktivitas fisik merupakan bagian dari olahraga itu sendiri.

5. Aktivitas fisik tidak memiliki supporter

Mungkin pembahasan yang terakhir ini sedikit lebih unik dan tidak terpikirkan oleh anda, namun memang jika anda melihat perbedaan dari kedua hal tersebut, maka aktivitas fisik cenderung tidak memiliki supporter. Kalaupun memang ia memiliki supporter, itu hanya segelintir orang saja.

Berbeda halnya ketika anda melihat sepakbola, basket, atau voli, anda akan melihat ribuan atau bahkan ratusan ribu orang yang akan menonton pertandingan tersebut.