Sponsors Link

4 Cabang Olahraga Bola Besar dan Penjelasannya

Sponsors Link

Seperti namanya, cabang olahraga bola besar adalah jenis olahraga permainan yang memang menggunakan bola berukuran besar. Termasuk ke dalam cabang olahraga permainan, olahraga ini dilakukakan dengan mempertandingkan dua tim yang berebut untuk mendapat poin tertinggi untuk mendapat predikat sebagai pemenang.

ads

Berikut ini merupakan rincian mengenai macam-macam olahraga dengan bola besar termasuk penjelasan mengenai seluk beluk dan teknik yang diperlukan.

1. Bola tangan

Permainan olahraga bola tangan membutuhkan keikutsertaaan 2 tim yang masing-masing berjumlah 7 orang yang terbagi menjadi 6 pemain dan 1 penjaga gawang. Perlengkapan yang dibutuhkan di dalam bola tangan mirip dengan sepak bola, yaitu sebuah bola dan dua gawang untuk setiap tim. Gawang yang digunakan memiliki ukuran lebar sepanjang 3 meter dan tinggi 2 meter. Sedangkan bola memiliki ukuran yang berbeda untuk tiap kategori.

Ukuran bola yang digunakan pada permainan bola tangan antara lain:

  • Memilki diameter 50-52 cm dengan berat 290-330 gram untuk putri usia 8-14 tahun atau putra 8-12 tahun.
  • Ber diameter bola 54-56 cm dengan berat 325-375 gram untuk putri usia di atas 14 tahun dan remaja putra 12-16 tahun.
  • Memiliki diameter bola 58-60 cm dengan berat 425-475 gram untuk putra (di atas 16 tahun).

Ukuran lapangan yang digunakan pada olahraga bola tangan adalah panjang 40 meter dengan lebar 20 meter di mana area gawang yang terletak di depan gawang berukuran sepanjang 6 meter. Rincian ukuran di dalam lapangan adalah garis lemparan bebas di luar daerah gawang sejauh 9 meter dan terdapat garis penalti sepanjang 7 meter dari depan gawang.

Durasi waktu yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah 2×30 menit dengan waktu istirahat selama 10 menit. Jika ada tambahan, maka waktu yang diperlukan adalah 2×5 menit dengan istirahat selama 1 menit.

Teknik yang diperlukan untuk permainan bola tangan adalah tenik melempar bola, menangkap bola, menggiring bola, lay-up dan menembak (shooting).

2. Bola voli

Olahraga dengan bola besar lain yang menggunakan tangan adalah bola voli. Inti dari permainan ini adalah untuk menjatuhkan bola di lapangan bagian dalam garis area lawan untuk mendapatkan poin kemenangan. Pertarungan dua tim ini terdiri dari 6 orang untuk masing-masing tim. Perbedaannya dengan olahraga bola yang lain adalah bahwa bola voli skor kemenangan dibatasi hingga 25 saja.

Properti sarana dan prasarana olahraga voli yang dibutuhkan dalam bola voli adalah bola dengan berat antara 260 hingga 280 gram, memiliki keliling sepanjang 60 cm dan tekanan di bagian dalam sebesar 0,30 hingga 0,325 kg/cm2. Perlengkapan lainnya adalah net yang diletakkan di bagian tengah lapangan dengan ketinggian 2,24 meter untuk tim putri dan 2,43 meter untuk tim putra.

Lapangan bola voli memiliki berukuran 18 x 9 meter dengan garis batas serang pemain belakang berjarak 3 meter, ditarik dari garis tengah yang tepat berada di bagian bawah net dan garis menuju bagian tepi belakang lapangan adalah 5 meter.

Beberapa teknik permainan yang perlu dikuasai oleh para pemain bola voli antara lain adalah teknik servis, passing, smash yang dijelaskan dengan lebih rinci pada cara memperkuat pukulan smash pada bola voli dan block. Untuk teknik servis dapat dibagi menjadi beberapa teknik, yaitu seris tangan bawah, servis mengambang, servis topspin dan servis mengambang melingkar. Sedangkan untuk teknik blocking dibedakan menjadi block perorangan dan block dua atau tida orang pemain. Selain itu dibutuhkan menu makan atlet voli untuk melengkapi kemampuan teknik tiap pemain.

3. Bola basket

Olahraga dengan bola besar selanjutnya adalah bola basket. Setiap tim dari olahraga ini diwajibkan menurunkan 5 orang pemain di lapangan dengan cadangan yang juga 5 orang. Beberapa sarana dan prasarana basket yang dibutuhkan dalam olahraga ini tentu saja adalah bola, kemudian ring basket dan papan pantul yang tedapat di belakang ring. Ukuran standar bola yang digunakan adalah 75-78 cm dan memiliki berat 600 hingga 650 gram. Sedangkan ring berdiameter 40 cm dengan papan pantul yang berukuran luar 1,8 x 1,2 meter dan ukurang dalamnya 59 x 45 cm. Tinggi papan pantul adalah 2,75 meter dari bagian bawah papan menuju permukaan lantai. Sedangkan jarak papan dan ring basket adalah 30 cm.

Ukuran lapangan yang digunakan di olahraga bola basket ada 2 macam. Pertama adalah 26 x 14 meter, sesuai dengan aturan Federasi Bola Basket Internasional dan yang kedua, sesuai dengan aturan National Basketball Association adalah 28,5 x 15 meter. Permainan bola basket dikawal oleh 2 orang wasit yaitu referee atau wasit 1 dan umpire atau wasit 2.

Durasi permainan bola basket berdasarkan Federasi Bola Basket Internasional adalah 4×10 menit, sedangkan menurut National Basketball Association adalah 4X12 menit. Lama waktu istirahat adalah 10 menit dalam setiap babak. Adapun jika ada babak tambahan, maka jeda istirahat adalah 2 menit.

Beberapa teknik yang diperlukan untuk bola basket hampir mirip dengan bola tangan, yaitu adalah teknik melempar bola seperti pada cara memperkuat lemparan bola basket, menangkap bola, menggiring bola seperti pada cara dribble bola basket, langkah menyerang (lay-up), menembak (shooting) seperti pada teknik dasar bola basket shooting hingga melakukan gerakan pivot.

4. Sepak bola

Salah satu olahraga bola besar yang paling terkenal, baik di Indonesia maupun negara lain, adalah sepak bola. Dibandingkan olahraga sebelumnya, sepak bola merupakan satu-satunya olahraga dengan bola besar di mana tidak diperkenankan menggunakan tangan.

Olahraga ini memerlukan 11 orang untuk masing-masing tim dan lama waktu permainan adalah 2×45 menit dengan 10 menit jeda istirahat di antaranya. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah 1 bola dengan 2 gawang untuk dua tim. Sedangkan lapangan yang digunakan adalah lapangan dengan penutup rumput alami atau sintetis dengan panjang 100 hingga 110 meter dan lebarnya 64 hingga 75 meter.

Seperti halnya olahraga sebelumnya, seorang pemain sepak bola juga memerlukan beberapa teknik gerakan individu agar dapat mengontrol ataupun menguasai bola dengan baik dan benar. Selain itu diperlukan juga koordinasi yang baik antar pemain untuk menjaga kelangsungan permainan.

Cara bagaimana menjadi pemain sepak bola profesional perlu menguasai beberapa teknik dalam sepak bola  antara lain teknik menendang bola, menggiring bola atau dribbling seperti pada teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola, menyundul bola atau heading, menahan bola atau trapping, merebut bola atau tackling, melempar bola ke dalam area lapangan atau throw-in, menjaga gawang dengan cara melatih reflek kiper bola hingga teknik gerak tipu.

Itulah tadi 4 cabang olahraga bola besar yang kerap dimainkan tidak hanya di Indonesia, namun juga dunia. Banyak variasi olahraga yang merupakan turunan dari olahraga bola besar, seperti misalnya futsal yang merupakan turunan dari sepak bola, voli pantai yang merupakan turunan dari olahraga bola voli hingga 3×3 sebagai alternatif permainan bola basket.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 16th, August 2018 / 11:05 Oleh :
Kategori : Penjaskes